Cara dan Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar

Konsentrasi penuh dengan pelajaran. Artinya kalian harus terlibat dengan pelajaran yang sedang dibaca. Jangan asal pegang buku. Kalian harus membangun pertanyaan mengapa begini, apa ebabnya bisa begitu.

Bagaimana cara meningkatkan kemampuan belajar

Kumpulkan kata atau data-data yang mendukung. Misalnya ketika belajar ipa, kalian membaca saat hujan, cahaya petir lebih dulu terlihat baru kita mendengar ledakannya. Kalian cari datanya, oh ternyata kecepatan cahaya lebih cepat dari bunyi.

Ringkas bagian yang paling penting agar kalian mudah menghapalnya. Jangan hanya
menandai buku dengan stabilo atau menggaris bawahi saja.

Ulang bagian yang kalian baca tanpa melihat buku lagi. Begus kalau mencobanya di hadapan cermin. Buat seolah kalian sedang menghadapi pertanyaan dari guru.

Saat berada di sekolah kalian harus menyimak guru yang sedang menerangkan pelajaran. Jangan hanya mendengar saja tapi catat yang penting-penting. Ingat jangan sibuk mencatat apa yang tertulis di papan tulis, tapi perhatikan ekspresi guru ketika menerangkan pelajaran tersebut. Hal ini akan menguatkan daya ingat.

Buat jadwal pelajaran dan taati aturan yang kalian buat sendiri.

Hindari pengaruh buruk dari lingkungan. Kalian harus disiplin dalam belajar. Atur saat bermain, nonton tv atau melakukan kegiatan ekstra lainnya.

Jangan belajar dengan waktu terlalu lama dengan bahan pelajaran terlalu banyak. Tapi cicil pelajaran sedikit demi sedikit. Misalnya kalian harus belajar ipa dan ips. Kalian jangan belajar 8 jam sekaligus pada saat mau ulangan. Tetapi kalian harus belajar setiap hari 1 jam untuk satu mata pelajaran ipa, kemudian 1 jam untuk ips. Lakukan selang seling. Begitu juga untuk mata pelajaran lainnya. Dan lakukan setiap hari.

Belum ada Komentar untuk "Cara dan Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar"

Posting Komentar

Berkomentarlah tanpa menyertakan link aktif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel