Lima Langkah Untuk Stop Merokok

Banyak orang mengaku sangat sulit dan akhirnya gagal berhenti merokok walaupun berniat. Karena sangat sulit melepaskan kebiasaan satu ini, banyak perokok akhirnya kembali pada kebiasaan menghisap rokok.

Lima Langkah Untuk Stop Merokok

Sebanyak 70 persen perokok dewasa ingin berhenti dari kebiasaan merokok namun sulit melepaskan diri. Jika Anda sudah berencana berhenti merokok, awalnya banyak menghadapi kesulitan seperti sakit kepala dan hasrat mengebu-gebu untuk kembali merokok. Dalam dua-tiga hari atau dalam beberapa minggu, keadaan tubuh membaik seiring keluarnya racun dalam tubuh.

Pakar perawatan gigi Sharmil Hassan memberikan beberapa motivasi untuk berhenti merokok secara konsisten.

Gunakan Obat

Mengganti nikotin dengan obat yang menghentikan kebiasaan merokok.. Pada tubuh yang kecanduan nikotin, tubuh akan bereaksi jika Anda sedang menghisap rokok serta ada efek kecanduan saat tubuh tidak merokok. Beberapa jenis obat pengganti nikotin yang bisa dipakai yaitu

  • Obat yang dapat membantu adalah bupropion (Zyban) dan varenicline (Chantix)
  • Bahan-bahan pengganti nikotin membantu mengatasi keinginan merokok seperti jus dan air putih.

Cari Dukungan

Dukungan dari keluarga dan teman-teman membantu Anda melalui stres akibat keputusan berhenti merokok. Mereka akan memberi dukungan dan membantu mengalihkan perhatian Anda ketika ingin merokok, dan mereka dapat mengerti ketika Anda sedikit kesal.

Buat Rencana Aksi

Jika Anda mulai berhenti merokok hari ini, tapi belum merencanakan ke depan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk merencanakan strategi berhenti Anda. Pikirkan hambatan dan tantangan yang akan Anda hadapi selama berhenti merokok dan cara Anda mencapai tahap-tahap tertentu. Tuliskan rencana aksi pribadi dan tempel di tempat yang mudah Anda baca.

Ketahui Alasan Berhenti

Pastikan mengetahui alasan pasti mengapa Anda berhenti merokok. Alasan paling umum adalah untuk hidup lebih lama dan sehat agar mampu merawat dan menjaga keluarga Anda.

Ubah Rutinitas

Mengubah rutinitas harian membantu menjaga Anda agar tidak kembali mengidamkan rokok. Lakukan olahraga teratur dan hindari tempat-tempat yang menimbulkan keinginan merokok Anda.

Belum ada Komentar untuk "Lima Langkah Untuk Stop Merokok"

Posting Komentar

Berkomentarlah tanpa menyertakan link aktif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel