10 Kecelakan Pesawat di Indonesia

1 Januari adalah hari pertama di tahun baru. Tanggal 1 Januari 2007 mengingatkan kita pada tragedi Pesawat Adam Air jurusan Surabaya-Manado yang hilang pada saat melintasi Selat Makasar. Hingga saat ini pesawat tersebut masih dinyatakan hilang.

10 Kecelakan Pesawat di Indonesia

Berikut ini adalah 10 kecelakan pesawat di Indonesia dalam satu dekade terakhir yang merenggut korban jiwa.

10.  Pesawat Boeing 737-200 Mandala Airlines Penerbangan RI 091, 5 September 2005

Kecelakaan Pesawat Boeing 737 milik Mandala Airlines ini merenggut korban tewas sebanyak 101 orang dan 44 orang dari penduduk setempat. Kecelakaan tragis ini terjadi karena pesawat gagal take-off karena kerusakan mesin kemudian menabrak tiang listrik dan jatuh menimpa pemukiman penduduk di sekitar bandara. Seluruh badan pesawat hancur dan menyisakan ekor pesawat dimana terdapat 16 penumpang yang selamat dari kecelakaan.

9. Garuda Indonesia Penerbangan 421, 16 Januari 2002

Garuda Indonesia Penerbangan 421, Boeing 737 mengalami kecelakaan tragis dan menewaskan seorang pramugari karena terbukanya pintu darurat dan sedikitnya 12 penumpang terluka. Pesawat tersebut melakukan pendaratan darurat di Sungai Bengawan Solo karena kerusakan mesin.

8. Garuda Indonesia Penerbangan GA-2000, 7 Maret 2007

Kecelakaan Garuda Indonesia Penerbangan GA-2000 adalah kecelakaan pesawat paling dramatis. Karena detik-detik terbakar dan badan pesawat terbelah memanjang dari kabin hingga ekor pesawat diliput oleh beberapa media. Pesawat jurusan Jakarta-Yogyakarta ini tergelincir pada saat akan mendarat dan terbakar setelah menabrak pembatas. Sebanyak 22 orang tewas termasuk mantan rektor UGM Yogyakarta Prof Dr. Kusnadi Hardjosumantri. Beberapa tokoh penting seperti Dien Syamsuddin (Ketua Umum PP Muhammadiyah) dan Adrianus Meliala (kriminolog) yang mengalami luka ringan.

7. Pesawat Mimika Air jenis Pilatus PK-LTJ, 17 April 2009.

Pesawat Mimika Air jenis Pilatus PK-LTJ dilaporkan menabrak Gunung Gergaji pada tanggal 17 April 2009. Kecelakaan pesawat ini terjadi karena cuaca yang buruk, seluruh penumpang dan kru pesawat yang berjumlah sembilan orang tewas ditempat. Sedianya pesawat naas ini mengangkut logistik pemilu dan surat surat suara yang telah di rekapitulasi.

6. Merpati Nusantara Airlines jenis Twin Otter, 2 Agustus 2011

Pesawat ini dilaporkan hilang pada tanggal 2 Agustus 2011 dari bandara Sentani menuju bandara Oksibil Pegunungan Bintang, Papua. Setelah dilakukan pencarian selama dua hari oleh tim SAR akhirnya diketumukan di daerah Ampisibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua pada tanggal 4 Agustus. Kecelakaan tersebut merenggut seluruh kru dan penumpang yang berjumlah 15 orang.

5. Merpati Nusantara Airlines Penerbangan 8968, 7 Mei 2011

Pesawat Merpati Nusantara Airlines Penerbangan 8968 mengalami kecelakaan tragis di laut dekat Bandar Udara Utarom, Kabupaten Kaimana, Papua. Pesawat jatuh karena pengaruh cuaca yang buruk. Seluruh penumpang beserta kru pesawat dilaporkan tewas.

4. Pesawat Cessna 172 PK-NIP, 16 November 2011

Pesawat milik Nusa Flying Internasional (NIP) ini diberitakan hilang di wilayah Cirebon pada tanggal 16 November 2011. Setelah dilakukan penyisiran oleh tim SAR, bangkai pesawat tersebut ditemukan dalam keadaan yang tragis di Kawah Burung Gunung Ciremai, pada tanggal 28 November. Pesawat Cessna 172 PK-NIP ini menewaskan seluruh awak pesawat termasuk dua siswa penerbangan yang sedang melaksanakan pelatihan navigasi.

3. Susi Air,  9 September 2011

Pesawat Susi Air adalah pesawat milik operator pribadi yang jatuh pada tanggal 9 September 2011. Kecelakaan tragis ini menewaskan 2 kru Pesawat Susi Air. Pesawat ini dikabarkan jatuh di Papua pada saat sedang mengangkut bahan makanan untuk didistribusikan ke Sugapa dari Nabire, Intan Jaya-Papua.

2.  PK-UCE jenis Pilatus PC-6, 22 September 2011

Pesawat milik maskapai Yajasi ini mengalami nasib naas, jatuh di wilayah Gunung Paspalei, Papua pada tanggal 22 September 2011. Pilot dan dua penumpang lainnya tewas. Pesawat jatuh akibat cuaca yang buruk di kawasan pegunungan Papua.

1. Adam Air, 1 Januari 2007

Inilah kecelakaan pesawat yang paling tragis. Adam Air Penerbangan KI-574 melayani penerbangan domestik jurusan Surabaya-Manado dinyatakan hilang di wilayah perairan Majene, Sulawesi dan hingga kini pesawat tersebut masih berstatus hilang. Kecelakaan terjadi karena kesalahan pilot atau kerusakan sistem navigasi inersial. Usaha pencarian melibatkan tim SAR, KRI Fatahillah, GAF Nomad, beberapa helikopter, bantuan dari Angkatan Udara Singapura nampaknya tidak menemukan hasil. Kotak hitam berhasil ditemukan pada tanggal 27 Agustus 2007 diperairan Majene, Sulawesi Barat pada kedalaman 2000 meter. Seluruh penumpang berjulmah 96 orang dan awak pesawat berjumlah 6 orang tewas yang terkubur di dasar laut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "10 Kecelakan Pesawat di Indonesia"

Posting Komentar

Berkomentarlah tanpa menyertakan link aktif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel