10 Pulau Terbesar di Dunia Berdasar Luas Wilayah

Bumi kita terdiri dari lautan dan daratan. Daratan dapat berupa benua dan pulau. Pulau adalah daratan yang lebih kecil dari benua dan lebih besar dari karang serta dikelilingi oleh air.

10 Pulau Terbesar di Dunia Berdasar Luas Wilayah

Berikut ini adalah 10 pulau terbesar di dunia berdasarkan luas wilayah.

10. Ellesmere

Ellesmere adalah salah satu pulau terbesar di dunia dengan luas wilayah 196.236 km2. Pulau Ellesmere terletak di bagian utara negara Canada. Canada juga merupakan negara dengan wilayah terluas di dunia. Sebagian besar wilayah Pulau Ellesmere ditutupi oleh gletser dan es dan kawasan taman nasional yang dilindungi. Pulau Ellesmere mempunyai pegunungan dengan puncak tertinggi, yaitu Puncak Berbeau 2.616 m. Sebagai salah satu pulau terbesar, Ellesmere memiliki pupulasi penduduk yang kecil, tercatat hanya sebanyak 146 populasi ditahun 2006.

9. Pulau Victoria

Canada merupakan negara terluas ketiga di dunia. Canada memiliki beberapa pulau terbesar di dunia. Diantaranya Pulau Ellesmere dan Pulau Victoria. Pulau Victoria merupakan pulau terbesar kesembilan di dunia dengan luas wilayah 217.291 km2. Pulau Victoria menjadi pulau terbesar kedua di Canada setelah Pulau Baffin. Pulau ini terletak di Kepulauan Artic. Populasi Pulau Victoria jauh lebih banyak daripada Pulau Ellesmere, yaitu sebanyak 1.875 penduduk di tahun 2006.

8. Britania Raya

Inggris atau Britania Raya sejatinya negara yang merupakan sebuah pulau. Jika dilihat sebagai pulau Britania Raya merupakan berada diurutan kedelapan sebagai pulau terbesar di dunia dengan luas 219.000 km2 namun jika dilihat sebagai suatu negara Britania Raya (Inggris) berada diurutan ke 78 dengan luas 243.610 km2. Britania Raya juga dikenal dengan sebutan United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland (atau disingkat UK) atau Inggris, Inggris Raya atau Pulau Britania Raya.. Wilayah Inggris meliputi 2/3 dari pulau Britania. Ibukota Britania Raya adalah London yang merupakan salah satu kota terbesar di dunia. Britania Raya dipimpin oleh seorang ratu, yaitu Ratu Elizabeth II.

7. Honshu

Pulau Honshu adalah pulau terbesar di dunia dan menempati urutan ketujuh dengan luas 227.414 km2. Pulau Honshu terletak di sebelah selatan Hokkaido dan sebelah utara Shikoku, Jepang. Jepang merupakan negara dengan aktivitas gempa yang tinggi. Pulau Honshu memiliki banyak gunung berapi, termasuk Gunung Fuji dan sering dilanda gempa bumi. Populasi penduduk Pulau Honshu berjumlah lebih dari 90 ribu jiwa. Tokyo, Osaka, Kobe, Hiroshima, Sendai dan Nagoya adalah kota-kota besar yang terdapat di Pulau Honshu. Pulau Honshu terdiri dari lima daerah dengan 34 prefektur.

6. Sumatra

Indonesia merupakan negara kepulauan dan memiliki beberapa pulau terbesar di dunia, diantaranya adalah Pulau Sumatera. Sumatra atau Sumatera merupakan pulau terbesar keenam di dunia dengan luas wilayah 425.000 km2 yang terletak di Indonesia. Pulau Sumatera memiliki 12 provinsi dengan populasi 45 juta penduduk di tahun 2006. Dengan Medan sebagai kota terbesar di Indonesia. Pulau Sumatera memiliki 15 gunung dengan puncak tertinggi 3.805 m di Gunung Kerinci. Pulau Sumatera dikenal kaya dengan hasil bumi, seperti; kelapa sawit, minyak bumi, timah, bauksit, batu bara dan gas alam. Banyak wilayah di Sumatera yang menghasilkan barang tambang, diantaranya; Arun (NAD) menghasilkan gas alam, Tanjung Enim (Sumatera Selatan) menghasilkan batu bara, Duri-Dumai-Bengkalis (Riau) menghasilkan minyak bumi, Indarung (Sumatera Barat) menghasilkan semen terkenal dengan Semen Padang, dan lain sebagainya.

5. Pulau Baffin

Pulau Baffin adalah pulau terbesar di Canada dan pulau terbesar kelima di dunia dengan luas wilayah 507.451 km2. Pulau Baffin masih terletak di Kepulauan Artik di utara Canada, masih sama dengan Pulau Victoria. Di utara Pulau Baffin terdapat Selat Hudson, sebelah timur terdapat Selat Davis, Teluk Baffin dan Greenland juga terdapat daratan Quebec. Di Pulau Baffin terdapat 7 komunitas terbesar dengan populasi penduduknya.

4. Madagaskar

Madagaskar adalah sebuah negara yang merupakan sebuah pulau di Samudra Hindia. Sebagai sebuah negara Madagaskar disebut dengan nama Malagasy atau Republique de Madagascar dengan ibukota di Antananarivo. Madagaskar memiliki luas wilayah 587.041 km2 dan merupakan pulau daratan tua. Madagaskar memiliki flora dan fauna yang khas dan sangat banyak, bahkan diantaranya ditemukan spesies endemik pulau tersebut. Madagaskar memiliki 6 provinsi. Madagaskar mulai populer dan dikenal luas karena film animasi Madagascar.

3. Kalimantan

Kalimantan atau Borneo merupakan pulau terbesar ketiga di dunia dengan luas wilayah 743.330 km2. Pulau Kalimantan atau Borneo merupakan bagian dari tiga wilayah negara yang berbeda yaitu; Indonesia, Brunei dan Malaysia. Sebutan Borneo mengacu pada wilayah Sabah, Sarawak, Brunei (wilayah bagian utara) dan Kalimantan Timur bagian utara. Sedangkan Kalimantan hanya mengacu pada wilayah Indonesia. Pulau Kalimantan memiliki 4 provinsi dan memiliki banyak sungai diantaranya; Sungai Barito, Sungai Kapuas, Sungai Mahakam. Tidak mengherankan banyak terdapat jembatan dan transportasi air di Kalimantan, termasuk pasar terapung. Hutan Kalimantan adalah penymbang oksigen terbesar di dunia sekaligus hutan yang terancam punah karena penebangan liar dan ilegal. Banyak flauna yang terancam punah karena berkurangnya habitat hewan-hewan seperti orang utan, gajah borneo, badak borneo, landak, rusa, tapir dan lainnya.

2. Nugini (Papua)

Nugini atau Papua adalah pulau terbesar kedua di dunia dengan luas wilayah 890.000 km2, setelah Greenland. Pulau Papua atau Nugini merupakan sebutan pulau secara keseluruhan untuk wilayah negara Indonesia dan negara Papua Nugini (New Guinea). Pulau ini memiliki bentuk seperti burung rajawali. Papua yang masuk dalam wilayah Indonesia mencakup 2 provinsi yaitu Papua (bagian timur) dan Papua Barat yang merupakan provinsi terluas di Indonesia. Papua terkenal dengan tambang emasnya “Freeport”. Papua memiliki banyak suku diantaranya adalah Suku Biak, Dani, Asmat dll. Papua juga memiliki objek wisata yang sangat menakjubkan yaitu Raja Ampat dengan flora dan fauna khasnya yang terlengkap di dunia. Papua Nugini merupakan negara yang berbatasan langsung dengan Papua (Indonesia) di sebelah barat dengan Port Moresby sebagai ibukota Papua Nugini.

1. Greenland

Pulau terbesar di dunia adalah Greenland dengan luas wilayah 2.175.600 km2. Pulau Greenland masuk ke dalam otonomi wilayah Kerajaan Denmark. Greenland merupakan wilayah otonomi dan tidak lagi menjadi anggota Uni Eropa. Wilayah Greenland 80% atau 1.755.637 km2 tertutup oleh es dan salju dengan ketebalan sekitar 3 km dan hanya wilayah bagian pesisir selatan dan barat yang dihuni oleh penduduk dengan populasi penduduk yang sangat rendah yaitu sebanyak 56.194 jiwa (menurut perkiraan tahun 2010) dengan kepadatan 0,025/km2.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "10 Pulau Terbesar di Dunia Berdasar Luas Wilayah"

Posting Komentar

Berkomentarlah tanpa menyertakan link aktif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel