Apa Sih Bedanya Sales dan Marketing?

Why-com.com - Sebenarnya sales dan marketing itu menjadi satu karena sales atau penjualan adalah bagian terpenting dari kegiatan marketing itu sendiri.Pejualan meningkat berturut-turut adalah tujuan utama dari kegiatan pemasaran.


Apa sih bedanya sales dan marketing

Tapi jika kamu berada di perusahaan, sales dan marketing menjadi tim yang berbeda. Tim marketing akan memiliki tugas tersendiri. Namun kedua tim saling terkait satu sama lain.


Tugas Utama

Tugas utama tim marketing adalah menganalisa dan merumuskan strategi. Tim ini sebagian besar akan menghabiskan waktunya untuk berada dibalik layar. Melakukan analisa pasar ketika akan menentukan strategi.

Tim ini juga melakukan riset terlebih dahulu untuk kebutuhan marketing, riset juga untuk memvalidasi apakah produk yang diciptakan bisa menjawab masalah calon pelanggan. Sehingga tim marketing akan lebih mudah untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Untuk tugas dari tim sales sendiri adalah melakukan penjualan di lapangan, menemui langsung konsumen, dan melakukan negosiasi. Tim sales sendiri biasanya juga malakukan direct selling melalui telepon

Meskipun tugas utama berbeda, tim sales dan marketing tetap berada dalam satu divisi. Tim marketing akan selalu berkomunikasi dengan tim sales, untuk memastikan strategi penjualan dapat dilaksanakan dengan baik oleh tim sales.


Keahlian yang Dibutuhkan

Dalam sebuah tim pemasaran skill atau keahlian dibutuhkan cukup kompleks, kamu tida hanya dituntut untuk jago jualan. Tapi kamu juga harus bisa melakukan riset dengan benar, menganalisa pasar dengan jeli, dan harus kreatif untuk menentukan startegi pemasaran.

Nah, untuk tim sales sendiri bukan berarti keahlian yang dibutuhkan tidak banyak. Justru mental yang kuat sebagai sales juga dibutuhkan. Tim sales akan berhadapan langsung dengan calon pelanggan.

kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik serta jago dalam negosiasi wajib dimiliki oleh para tim sales. Tim ini akan bertemu langsung dengan calon pelanggan, maka mental tangguh sebagai salesman yang handal sangat penting.


Tanggung Jawab

dalam hal tanggung jawab pekerjaan tim marketing memiliki tanggung jawab lebih dari pada tim penjualan. Tim marketing tidak hanya bertanggung jawab terhadap progress penjualan saja, semua rangkaian dari proses marketing akan menjadi tanggung jawab tim.

Dari melakukan riset untuk menemukan data yang valid serta merumuskan strategi marketing yang jitu adalah tanggung jawab tim marketing. Brand awarness dan user experience menjadi salah satu tanggun jawab tim marketing.

tim sales berfokus pada penjualan langsung. Apapun yang terjadi di lapangan tim marketing tidak terlalu ikut campur secara mendalam, tim sales lah mencari cara yang tepat dalam menjual produk secara langsung dilapangan.

Bisa jadi teknis penjulan dilapangan akan jauh berbeda dengan apa yang sudah strategi yang dirumuskan oleh tim marketing. Tim sales tetap akan bertanggung jawab untuk penjualan secara langsung, apapun yang terjadi di lapangan. Target harus tetap diperjuangkan.


Durasi Pekerjaan

Lamanya bekerja sebuah tim sales dan marketing tidak ada yang berbeda, tergantung perusahaan tempatmu bekerja. Rata-rata waktu bekerja adalah 8 jam dalam satu hari.

Tim sales dan marketing biasanya memiliki jam kerja yang lebih fleksible karena tim sales dan marketing mengikuti apa yang terjadi di market dan mengikuti pola dari calon pengguna, bahkan tim sales dan marketing harus tetap bekerja saat weekend.


Tempat Kerja

Dimana kah sehari-harinya tim sales dan marketing bekerja. Semuanya bisa saja di dalam kantor ataupun di luar kantor. Tim marketing tetap berada di lapangan untuk melakukan riset dan analisa market. Dan berada di kantor untuk memonior kegiatan marketing saja.

Unutk tim sales harus berada di lapangan karena tugas mereka adalah memasarkan produk langsug ke pelanggan. Maka mau tidak mau mereka haru berada dilapangan untuk bertemu pelanggan.


Kesimpulan

Lima poin diatas bisa menjadi pembeda antara tim sales dan marketing. Namun, kelima perbedaan tersebut tidak harus saklek. Semua tergantung dengan kondisi perusahaan. Jika perusahan tersebut besar dan komplek maka tim akan dipisah, jika masih kecil, sales dan marketing akan jadi satu. sekin. semoga bermanfaat.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Tidak ada komentar untuk "Apa Sih Bedanya Sales dan Marketing?"