Tips Serta Langkah - Langkah Membangun Rumah Impian

Berikut ini tips-tips yang diambil dari pengalaman saya. Mudah-mudahan berguna buat teman-teman jika nanti akan membangun rumah dengan desain minimalis atau desain modern dengan menggunakan jasa arsitektur rumah / arsitektur atau tidak sama sekali :

Tips Serta Langkah - Langkah Membangun Rumah Impian

1. Jika ingin menghemat dana, lebih baik rencanakan gambar desain rumah sendiri dengan istri/suami anda. Ada banyak software desain yang bisa anda gunakan. Misalnya Microsoft Visio Technical (ini yang saya gunakan karena lebih user friendly), kalau lebih menguasai bisa menggunakan AutoCAD. Menggunakan Visio sebenarnya sudah cukup, tinggal nanti bagaimana menjelaskan gambar tersebut ke tukang/kontraktor yang akan mengerjakan rumah tersebut.

2. Gambar dan rencana desain rumah impian anda ( mis : desain minimalis or desain modern ) di musyawarahkan terlebih dahulu bersama suami/istri dan kalau perlu dengan orangtua/mertua dan arsitektur rumah anda ( arsitektur bagunanan yangmengerti benar ttg desain arsitektur ). Ini berkaitan agar dapat pemanfaatan lahan dan penataan ruangan yang baik. Ini sangat penting dalam membuat rumah baru, karena konsep setiap orang bisa berbeda-beda, lebih baik di diskusikan bersama.

3. Pilih dan cari arsitek / arsitektur rumah yang baik dan mengenal ttg dunia desain arsitektur, kalau bisa sudah mengenalnya lebih dahulu atau sudah pernah melihatnya bekerja. Ini sangat penting karena berkaitan dengan kualitas pekerjaan rumah tersebut. Karena rumah yang ingin ditempati tentu ingin awet dan bertahan lama. Kredibilitas arsitektur bangunan / kontraktor juga penting. Jangan sampai salah pilih dan menyesal dikemudian hari.

4. Buat surat perjanjian diatas kertas tentang pengerjaan rumah tersebut dengan tukang/kontraktor. Ini penting menyangkut hak dan kewajiban masing-masing pihak. Ada beberapa jenis kontrak, ada yang kontrak per meter bangunan (borongan material dan upah), ada yang per meter upah (borongan upah) dan lain lain. Gunakan yang paling cocok dengan anda.

5. Jika ingin mulai membangun, silahkan urus IMB (Izin Mendirikan Bangunan) jika anda belum mempunyainya. Perlu juga direncanakan mendaftar listrik dan membuat sumur/bor ketika memulai membangun.

Adapun 3 langkah – langkah dalam membangun rumah impian :

A. Perencanaan

Tahap perencanaan adalah yang paling penting. Bahasa kasarnya :”Perencanaan yang baik saja belum tentu menghasilkan produk yang baik, apalagi bila tanpa rencana”.
Rencana yang perlu anda perhatikan diantaranya meliputi rencana keuangan, material bangunan, tenaga kerja, gambar/design, dan jika belum ada lokasinya, tentukanlah lokasi yang benar-benar bagus untuk dijadikan tempat tinggal anda.

B. Pelaksanaan

Tahap ini akan menentukan apakah rumah kita nantinya akan sesuai dengan rencanayang kita buat atau tidak. Pada tahap ini diperlukan pengawasan yang lebih intensif terhadap proses pengerjaan agar rumah yang dibangun sesuai dengan harapan kita.

C. Evaluasi dan Penyempurnaan

Setelah proses pelaksanaan selesai, lakukan evaluasi kembali terhadap bangunan rumah yang baru selesai dibangun. Tidak semuanya akan sesuai dengan kehendak yang anda inginkan. Mungkin anda akan perlu sedikit polesan kecil untuk mempercantik dan memperindah tampilan rumah anda.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Tidak ada komentar untuk "Tips Serta Langkah - Langkah Membangun Rumah Impian"