Top 10 Sutradara Film Dunia

Dibalik film yang bagus, sukses dan bahkan masuk dalam box office tidak lepas dari kesuksesan sang sutradara. Sutradara adalah orang yang paling berpengaruh dalam sebuah film disamping aktor dan kru film tersebut. Steven Spielberg, Alfred Hitchcock, Clint Eastwood adalah beberapa nama sutradara yang bertangan dingin dalam menyutradarai film-film mereka.

Top 10 Sutradara Film Dunia

Berikut ini adalah 10 sutradara top dunia menurut movie.toptenreviews.com. Namun sayang James Cameron, sutradara film Titanic (1997) dan Avatar (2009) tidak masuk dalam daftar ini.

10. Francis Ford Coppola

Pria kelahiran 7 April 1939 diakui sebagai sutradara, produser dan penulis skenario yang handal. Francis Ford Coppola dikenal sebagai sutradara paling berpengaruh di Hollywood bersama teman-teman satu angkatan di awal tahun 1970 an seperti Martin Scorsese, Woody Allen, Brian De Palma dan lainnya. Francis Ford Coppola pernah menyutradai 17 film dari tahun 1962 hingga kini. Film yang paling fenomenal yang pernah disutradarai Francis Ford Coppola adalah film trilogi The Godfather (1972), The Godfather II (1974), The Godfather III (1990). Francis Ford Coppola pernah menerima beberapa penghargaan dan trilogi The Godfather adalah film dengan penghargaan terbanyak.

9. Clint Eastwood

Siapa yang tidak kenal dengan Clint Eastwood, seorang aktor film, sutradara, produser, komposer dan sekaligus juga seorang politikus. Pria kelahiran 31 Mei 1930 adalah seorang yang multi talented. Film yang disutradarainya berjumlah 34 film dari tahun 1971 hingga sekarang. Dibidang sutradara Clint banyak menerima penghargaan, di tahun 2004 Eastwood menerima Academy Awards (Piala Oscar) sebagai sutradara terbaik untuk film Million Dollar Baby. Dikancah politik, Eastwood aktif mendukung Richard Nixon di tahun 1968 serta mendukung bahwa Amerika tidak boleh terlalu militeristik dalam bermain posisi global.

8. Joel Coen

Joel Coen lahir pada 29 November 1954 telah menjadi sutradara sejak tahun 1984 hingga sekarang bersama saudaranya Ethan Coen atau dikenal dengan Coen bersaudara. Joel Coen telah menyutradarai 15 film. Filmnya yang paling terkenal adalah No Country for Old Men (2007) dan memenangkan penghargaan untuk sutradara terbaik diajang Academy Award. Joel Coen juga dikenal sebagai produser, penulis skenario, editor dan sinematrografi. Gaya penyutradaraannya dipengaruhi oleh sutradara-sutradara besar seperti Charlie Chaplin, Stanley Kubrick, Sam Raimi dan Buster Keaton.

7. Peter Jackson

Meski film yang disutradarainya baru 11 film namun Peter Jackson masuk dalam 10 sutradara top di dunia. Film trilogi The Lord of The Rings, King Kong (2005) adalah salah satu hasil karyanya. Peter Jackson juga sukses menjadi produser film alien District 9 (2009). Berbagai penghargaan telah diraihnya. Untuk film The Lord of The Rings: The Return of The King (2004) berhasil menjadi Sutradara Terbaik diajang Academy Awards, Golden Globe Award dan Saturn Award. Pria kelahiran 31 Oktober 1961 adalah sutradara yang cerdas, ia tidak pernah menjalani pendidikan formal dalam pembuatan film. Jackson belajar editing, efek khusus dan make-up berdasarkan pengalaman dan trial and error.

6. Quentin Tarantino

Diantara sutradara top lainnya, Quentin Tarantino hanya menyutradarai 7 film dari tahun 1988 hingga sekarang. Film Quentin Tarantino yang terkenal adalah sekuel film Kill Bill:Vol. 1 (2003) dan Kill Bill: Volume 2 (2004). Gaya sutradara pria kelahiran 27 Maret 1963, dipengaruhi oleh John Woo, David Lynch, Stanley Kubrick, Brian De Palma dan lain sebagainya. Quentin Tarantino menerima beberapa penghargaan salah satunya adalah penghargaan prestasi seumur hidup dari Presiden Filipina Gloria Macapagal-Arroyo tahun 2007 di Istana Malacanang-Manila.

5. Stanley Kubrick

Stanley Kubrick adalah seorang sutradara handal, penulis, produser dan fotografer yang lahir pada 26 Juli 1928 dan meninggal pada 7 Maret 1999. Kubrick meninggal diusia 70 tahun karena serangan jantung. Karya Kubrick sering menjadi referensi sutradara lainnya. Gaya sutradaranya yang lambat dan metodis mencerminkan pribadinya yang obsesif dan perfeksionis dan kemudian hari karya Kubrick memiliki unsur surealisme. Kubrick memenangkan Piala Oscar untuk film 2001: A Space Odyssey (1968) sebagai Best Special Effects. Selama hidupnya Kubrick telah menjadi sutradara untuk 14 film.

4. Martin Scorsese

Martin Scorsese menjadi sutradara terbaik dengan menghasilkan 32 film dari tahun 50 an hingga sekarang. Pria kelahiran November 17, 1942 menjadi sutradara film-film terkenal seperti The Departed (2006), Goodfellas (1990), Casino (1995), The Aviator (2004), Gangs of New York (2002) dan masih banyak lagi. Martin Scorsese memenangkan Academy Awards untuk Sutradara Terbaik untuk film The Departed. Martin Scorsese menerima berbagai penghargaan, tahun 2007 masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia yang dirilis oleh majalah Time. Dan ditahun yang sama Martin Scorsese menjadi salah satu sutradara sepanjang masa bersama Steven Spielberg dan Alfred Hitchcock versi majalah Total Film.

3. Woody Allen

Woody Allen adalah aktor, sutradara, penulis skenario, komedian, musisi dan pemain drama. Pria kelahiran Desember 1, 1935 sangat multi-talented. Woody Allen menjadi sutradara untuk 40 film. Annie Hall (1977), Manhattan (1979), Match Point (2005), Melinda and Melinda (2004) dan lainnya adalah sederet karya-karyanya. Berbagai penghargaan telah diterima Woody Allen diantaranya Academy Awards untuk film Annie Hall sebagai Best Picture, Golden Globe untuk Skenario Terbaik dalam film The Purple Rose of Cairo.

2. Alfred Hitchcock

Alfred Hichcock mungkin menjadi satu-satunya sutradara dengan film paling banyak, yaitu sebanyak 58 film yang berhasil disutradarai. Pria kelahiran Agustus, 13 1899 dan meninggal diusia 80 tahun pada 29 April 1980 tetap konsisten menjadi sutradara. Alfred Hitchcock pernah menerima penghargaan Lifetime Achievement Award di American Film Institute tahun 1979 dan menerima beberapa Academy Awards. Alfred Hitchcock memulai karirnya sejak film bisu hingga film modern dan menjadi pelopor dalam teknik film thriller psikologis dan film thriller. Serta menjadi pelopor penggunaan kamera bergerak. Film-film Alfred Hitchcock yang banyak dikenal orang adalah Mr. & Mrs. Smith (1941), Rear Window (1954), Psycho (1960) dan masih banyak lagi.

1. Steven Spielberg

Tidak diragukan lagi, sutradara paling top adalah Steven Spielberg. Pria kelahiran December 18, 1946 telah menyutradarai 32 film dari tahun 1963 hingga sekarang. Steven Spielberg dikenal bertangan dingin dalam menyutradarai sebuah film. Hampir semua film-filmnya menjadi hits dan masuk dalam box office. Sebut saja Jaws (1975), Indiana Jones and the Last Crusade (1989), Jurasic Park (1993) dan beberapa sekuelnya, Saving Private Ryan (1998), The Terminal (2004), Catch Me If You Can (2002), AI: Artificial Intelligence (2001), War of the Worlds (2005) dan masih banyak lagi. Film yang paling fenomenal dan masih diingat hingga sekarang adalah E.T. The Extra-Terrestrial (1982). Steven Spielberg seorang yang multi-talented dengan menjadi sutradara film, penulis skenario, produser, desainer video game dan seorang pengusaha studio. Forbes menyebut kekayaan Spielberg mencapai $ 3 miliar di tahun 2011. Steven Spielberg masuk dalam daftar 100 Orang Paling Penting dalam Abad ini yang dirilis oleh Time. Sudah tidak terhitung penghargaan yang ia dapat di ajang Academy Awards, BAFTA Awards, Golden Globe Award, Festival Film Cannes dan masih banyak lagi. Hand-print, tanda tangan dan jejak kaki Steven Spielberg diabadikan di depan Grauman Chinese Theatre. Nama Steven Spielberg juga tertanam di Hollywood Walk of Fame bersama tokoh-tokoh terkenal lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Top 10 Sutradara Film Dunia"

Posting Komentar

Berkomentarlah tanpa menyertakan link aktif

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel