Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara memilih VGA Card untuk PC Gaming

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara memilih VGA Card, mungkin beberapa dari kalian ada yang belum tahu apa itu VGA Card, Jadi VGA Card adalah Video Graphics Accelerator yang bertugas menangani masalah pemrosesan grafik pada suatu perangkat komputer. Akan semakin bagus sehingga meningkatkan kepuasan pengguna.

Langkah-langkah memilih VGA Card

Utamakan GPU bukan Brand

Ketika membeli VGA Card, pastikan kalian tidak terpengaruh oleh pandangan yang menyatakan kalau brand adalah segalanya. Memang,dengan adanya beberapa brand terkenal seperti NVIDI dan AMD memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi. Tapi kalian juga harus teliti dan memperhatikan aspek GPU. GPU yaitu komponen yang melakukan perhitungan yang nantinya akan digunakan untuk melakukan proses render gambar yang akan ditampilkan melalui layar monitor.

Jumlah core pada kartu grafis

Jumlah core GPU yaitu semakin banyak jumlah core yang dimiliki maka semakin banyak pula tugas (proses komputasi) yang bisa dilaksanakan dalam satu waktu oleh GPU tersebut

GPU dengan 6 core mengerjakan 3 tugas, maka 1 tugas akan diselesaikan oleh 2 core secara bersamaan, dimana hal tersebut lebih cepat jika dibandingkan dengan GPU yang memiliki jumlah 3 core karena masing-masing core hanya bekerja sendiri untuk menyelesaika 1 tugas.

Pilih kartu grafis dengan nilai TDP yang kecil atau kebutuhan power kecil

GPU atau kartu grafis tentunya akan menimbulkan panas selama GPU kartu grafis tersebut bekerja melakukan proses render gambar dan sebagainya, yang ditunjukan oleh nilai TDP (Thermal Design Power). Jika semakin besar nilai TDP ini, maka semakin besar panas yang dihasilkan oleh kartu grafis .

Maka dari itu pilihlah kartu grafis dengan nilai TDP sekecil mungkin, itu bisa menjadi tindakan yang bijak.

Perhatikan tipe memory dan bandwith

Tips lain yang harus diperhatikan adalah tipe memory yang dimiliki oleh kartu grafis pilihan kalian. tipe-tipe kartu grafis yaitu GDDR2, GDDr3, GDDR4, GDDR5 dan GDDR5X.

Semakin tinggi angka GDDR, maka semakin baik pula kemampuan dari kartu grafis kalian. Contoh, jika kemampuan dari GDDR5X dua kali lebih cepat dari pada kemampuan GDDR5 dan GDDR5 tiga kali lebih cepat dari pada GDDR3.

Selain itu, kalian harus memperhatikan bandwith memori kartu grafis yang akan kalian beli. Bandwith pada memori kartu grafis merupakan jumlah data yang dapat diakses oleh GPU dalam satu waktu sehingga semakin cepat bandwith, maka proses komputasi yang berlangsung dalam GPU juga akan semakin cepat selesai.

Sesuaikan dengan budget kalian

Jika kalian memilik budget sekitar 1 juta, kalian bisa membeli ASUS GTX 750 ti atau MSI GTX 750 ti yang harganya dikisatan 1 juta.

Jika kalian memiliki budget sekitar 2 juta hingga 3 juta, kalian bisa mencobamASUS GTX 1050 atau DA GTX 960. Jika kalian memiliki budget yang cukup besar, anda bisa membeli GTX 1080 yang harganya kisaran 7,3 juta, atau Radeon R9 yang tentunya akan menawarkan kualitas grafis yang luar biasa. Kalian harus mempertimbangkannya dengan benar-benar jika anda hanya mempunyai budget yang terbatas.

Nix∆hm∆di
Nix∆hm∆di Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a Comment for "Cara memilih VGA Card untuk PC Gaming"