Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memilih VGA Gigabyte yang Cocok dan Sesuai untuk Motherboard

Bagi sebagian pengguna komputer, khususnya para gamers, menikmati konten dengan grafis yang detail merupakan sebuah dambaan. Untuk itulah, dalam merakit atau membeli komputer atau laptop, kamu wajib memperhitungkan komponen GPU atau VGA yang disematkan dalam produk yang hendak dibeli.
Memilih VGA yang cocok dengan mobo

Nah, untuk kamu yang hendak merakit komputer gaming, tidak ada salahnya menggunakan VGA Gigabyte. Pasalnya, Gigabyte menggunakan komponen pendukung GPU yang menempel di PCB dengan kualitas terbaik. Bahkan, VGA Gigabyte sudah menggunakan dapur pacu dari NVIDIA atau AMD seri terbaru sehingga bisa menghasilkan grafis yang detail.
Berikut ini tips memilih VGA Gigabyte untuk gaming sesuai kebutuhan kamu.


1. Pilih AMD atau NVIDIA

Gigabyte memang memproduksi VGA card dengan basis GPU AMD dan NVIDIA. Maka dari itu, dalam memilih VGA, kamu harus memastikan GPU yang diinginkan. Untungnya, Gigabyte juga menghadirkan banyak seri yang menggunakan kedua dapur pacu tersebut.
Bagi kamu yang lebih membutuhkan performa komputer untuk kebutuhan kerja dan desain, tampaknya dapur pacu NVIDIA layak dipilih. NVIDIA memiliki sejumlah teknologi unggulan yang membuat kualitas grafis lebih real.
Namun, jika kamu membutuhkan performa yang baik untuk hiburan atau bermain gamemaka dapur pacu AMD menjadi pilihan terbaik. Pasalnya, AMD terbukti lebih awet, hemat daya, dan memiliki fitur multimedia yang lengkap.


2. Pilih yang memiliki core speed tinggi

GPU untuk gaming yang baik adalah GPU dengan tingkat kecepatan yang tinggi. Ingat, semakin besar tingkap kecepatan atau core speed sebuah GPU, maka semakin baik pula performanya.
Nah, dalam VGA Gigabyte juga sudah disediakan dua mode tambahan, yakni mode gaming dan overclocking. Dua mode ini bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kecepatan inti. Kamu cukup memilih mode yang diinginkan untuk mendapatkan grafis yang lebih detail.

3. Memilih tipe memori dan jalur data

Ketika memilih VGA untuk gaming, kamu juga perlu mempertimbangkan jenis memori yang digunakan. Untuk memori VGA card, ada dua tipe yang bisa kamu pilih, yakni tipe DDR atau GDDR.
Ingat, kedua tipe ini memiliki performa yang berbeda dan memengaruhi kinerja VGA Gigabyte yang dipilih. Untuk jenis memori paling baru adalah GDDR5. Memori ini membuat kecepatan transfer dari prosesor menuju motherboard ke VGA menjadi lebih cepat. Untuk itu, kamu juga perlu memperhatikan pula kecepatan memori dalam memproses data.
Selain itu, kamu juga perlu memilih jalur data. VGA card saat ini memiliki jalur data 128 bit dan 64 bit. Semakin besar jalur data, maka semakin mumpuni pula kemampuan VGA.

4. Pilih yang memiliki port lengkap

Untuk kamu yang gemar merakit komputer, tentu wajib memilih VGA Gigabyte yang dilengkapi banyak port. Hal ini akan membantu kamu dalam meng-upgradekomputer ke depannya.
Tidak hanya itu, dengan banyaknya port untuk memori HDD misalnya, kamu bisa menambahkan memori penyimpanan lebih banyak.

5. Sistem pendingin

VGA card memang menjadi salah satu komponen yang bekerja keras dalam komputer. Maka dari itu, kamu bisa memilih VGA Gigabyte yang memiliki sistem pendingin lengkap. Gigabyte bahkan sudah menghadirkan teknologi kipas Windforce 3 yang membuat kipas lebih besar dan kencang dalam mendinginkan komponen VGA.
Beberapa tips tadi bisa kamu gunakan sebagai pertimbangan untuk menemukan kartu VGA Gigabyte yang paling pas dan sesuai kebutuhan.
Sumber Kupas Komputer
Nix∆hm∆di
Nix∆hm∆di Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a Comment for "Memilih VGA Gigabyte yang Cocok dan Sesuai untuk Motherboard"