7 Tips Diet yang Ampuh dan Aman

Cara-cara mengusir lemak tubuh atau tips diet selalu bermunculan dengan inovasi terbaru. Misalnya, harus banyak mengkonsumsi buah tetapi bukan sebagai cemilan. Minum air putih dalam jumlah banyak dan menghindari minuman dingin atau es. Alih-alih membantu program diet, cara-cara itu malah sering membuat Anda bingung.


Tips Diet Ampuh



Badan ideal bukan segalanya, itu memang ada benarnya akan tetapi dengan berat badan yang proporsional dapat membuat kita lebih lincah dan sehat. Badan yang gemuk karena obesitas sering terserang oleh penyakit diabetes dan serangan kolesterol. Tentu saja kita tidak menginginkan kesehatan yang kita miliki sekarang terganggu, dikarenakan kurangnya perhatian kita dalam menjaga berat badan.


Memilih Tips Diet yang Sesuai

Banyak sekali berbagai jenis tips diet yang termuat di media informasi, coba ketik saja kata kunci “tips diet” di mesin pencari Google.com maka akan muncul jutaan hasil pencarian. Namun tidak semua tips diet yang ada di internet sesuai dengan kondisi dan tubuh kita, bahkan ada beberapa tips yang dapat merugikan kesehatan kita. Misalnya program diet yang terlalu berat bagi yang menjalaninya, tentu akan berakibat fatal terhadap kesehatan organ pencernaan.


Saat menjalani pelangsingan tubuh, hal yang tidak boleh dilupakan adalah faktor kesehatan. Jangan sampai program diet yang tengah Anda lakukan malah berbahaya bagi kesehatan. Pertimbangkan program yang disampaikan oleh si penulis buku atau artikel tentang tips diet, sesuai atau tidak dengan kesehatan tubuh kita.


Jika kita pandang terlalu beresiko sebaiknya jangan mencoba program tersebut, karena beberapa berita terakhir menyebutkan bahwa terdapat sejumlah gadis remaja yang masuk rumah sakit lantaran terlalu memaksakan diet. Sehingga tubuh dari beberapa perempuan tersebut lemas dan mengalami gangguan pada pencernaan terutama organ lambung dan usus.


Jalan terbaik untuk menimbang apakah sebuah tips diet cocok untuk dilakukan atau tidak adalah dengan mengkonsultasikannya dengan pakar kesehatan atau dokter. Tanyakan kepada dokter yang Anda kunjungi tentang tips diet yang tidak membahayakan tubuh Anda. Bila pada suatu saat Anda mengalami sakit ketika menjalani program diet sebaiknya jangan sungkan-sungkan untuk pergi ke pusat kesehatan di lingkungan terdekat.


7 Tips Diet yang Ampuh dan Aman

Sebagai langkah antisipasi, berikut ini adalah 7 tips diet dari para ahli yang tingkat keamanannya telah teruji.


1. Hindari Gula Jagung

Menurut penelitian, sirup jagung fruktosa tinggi mampu meningkatkan berat badan secara signifikan dibanding minuman bergula, meskipun keduanya memiliki kadar kalori yang sama. Perbedaan tersebut dipicu oleh perbedaan cara tubuh ketika memproses kedua pemanis itu.


Keduanya memang dibuat dari fruktosa dan glukosa. Namun, gula kedua komponen tersebut saling mengikat sehingga dibutuhkan langkah ekstra untuk metabolisme. Dalam sirup jagung fruktosa tinggi, glukosa dan fruktosa mudah diserap tubuh karena keduanya telah dipisah. Sirup jagung tidak ada pada minuman soda. Sirup jagung terdapat pada roti, sereal, buah kaleng, jus, dan selai.


2. Jangan Kecanduan Makanan Manis

Makanan manis memang selalu menggoda selera, terutama cokelat dan donat. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa makanan jenis junk food itu memiliki efek yang sama dengan narkoba ketika sampai di otak.


Rasa enak setelah mengkonsumsi makanan tersebut hanya berlangsung sementara sehingga reseptor dopamin akan mengirim sinyal ke otak untuk memerintah tubuh agar menambah asupan karbohidrat.


3. Makan Lebih Sering

Kesalahan fatal yang diperbuat para pelaku diet adalah menahan rasa lapar terlalu lama. Padahal, perut yang dibiarkan kosong selama berjam-jam akan membuat seseorang membutuhkan asupan energi tinggi dan karohidrat. Karena terlampau lapar, para pelaku diet akan melahap apapun tanpa mempedulikan kesehatan makanan serta porsinya.


Seorang ahli diet nutrisi, Marissa Lippert, menyarankan agar pelaku diet mengatur pola makan serta ngemil agar tubuh terbiasa dengan rutinitas. Makanlah setiap 3-4 jam dalam porsi kecil agar gula darah dan energi tetap stabil.


Akan tetapi jangan sampai kebablasan dalam ngemil, cek kandungan nilai gizi yang ada pada makanan ringan cemilan. Apabila mengandung kalori dan gula yang tinggi sebaiknya Anda menjatuhkan pilihan cemilan kepada yang lain. Misalnya kacang-kacangan yang berprotein tinggi tetapi sebagian besar dari kacang-kacangan mengandung lemak yang tinggi.


4. Perhatikan Menu Sarapan

Sempatkanalah sarapan meskipun Anda sibuk. Pilihlah menu yang memiliki kandungan protein tinggi saat sarapan agar perut merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, nafsu makan Anda akan menurun. Sarapan dengan makanan yang penuh dengan gizi terutama protein sangat penting untuk kebutuhan energi saat seseorang bekerja di kantor atau lapangan. Cobalah untuk menjadwal menu sarapan Anda pada setiap minggunya, perhatian Anda kepada menu sarapan memiliki pengaruh besar bagi kesuksesan tips diet yang Anda jalani.


5. Pilih Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

Kemampuan bahan makanan untuk meningkatkan kadar gula darah disebut indeks glikemik. Semakin cepat kenaikan kadar gula darah, kadar insulin dalam tubuh menjadi tidak stabil. Hal inilah yang akan memacu diabetes dan kegemukan.


Makanan manis, makanan olahan, serta karbohidrat, memiliki indeks glikemik tinggi dibanding makanan berserat. Oleh sebab itu, pilihlah makanan berserat karena indeks glikemiknya lebih rendah.


6. Ubah Suasana

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa salah satu tips diet paling sukses adalah mengubah suasana atau lingkungan. Contohnya, menyembunyikan toples cemilan dan mengganti piring dengan yang lebih kecil. Cara sederhana ini terbilang ampuh untuk membantu penurunan berat badan dibanding seseorang yang mengubah pola makan.


Bila Anda masih tinggal dalam rumah keluarga upayakan untuk memberitahukan kepada orang tua tentang program diet yang Anda lakukan saat ini. Hal ini bertujuan agar suasana rumah dapat berubah dengan sendirinya karena para penghuninya mengetahui upaya Anda dalam menjauhi kalori.


7. Nikmati Makanan Anda

Pasti Anda sering mendengar agar makan dilakukan secara perlahan. Oleh sebab itu, hindari penempatan televisi di ruang makan atau makan sambil menelepon. Cara ini bertujuan agar Anda mampu menikmati dan menghargai makanan yang telah tersaji di depan Anda.


Perhatikanlah tekstur, rasa, warna, serta kesegaran, makanan yang tengah disantap. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan kepuasan luar biasa yang lebih dari sekadar mengisi perut. Menurut beberapa penelitian memang menunjukkan hasil bahwa seseorang yang mengunyah makanan lebih lama akan mempunyai peluang terserang obesitas yang kecil, jika dibandingkan dengan seseorang yang tergesa-gesa dalam menyantap makanan di depannya.


Tips Diet Dengan Buah dan Sayuran

Bahan makanan yang aman untuk dikonsumsi saat menjalani program diet adalah sayur-sayuran serta buah. Umumnya sayuran dan buah memiliki nilai kalori yang rendah dibandingkan dengan daging, telur, roti dan yang semisal. Selain itu sayuran dan buah dapat membuat hidup Anda semakin sehat dikarenakan 2 makanan ini memiliki berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.


Upayakan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang masih segar, karena jika sudah diolah menjadi menu makanan biasanya 2 bahan makanan ini telah bercampur dengan bahan lain yang berkalori tinggi. Untuk cemilan bila dapat diganti dengan buah maka itu akan lebih baik untuk diet Anda.


Sesekali dalam seminggu pergilah berbelanja sayuran ke pasar atau supermarket dengan berjalan kaki. Selain menyehatkan Anda akan lebih santai untuk berkeliling kota untuk mensurvei penjual buah dan sayur yang terbaik. Perhatikan si penjual dalam cara menyajikan produk sayuran, jika tersusun rapi dan tampak segar. Jangan ragu-ragu untuk menawar dan membawa pulang sayuran dan buah yang dijual tersebut.


Tips diet diatas ditulis agar dapat membantu para pembaca untuk sukses dalam mengusir lemak menumpuk dari tubuh. Jangan ragu lagi segera lakukan tips diet ini agar Anda segera mendapatkan perubahan dan manfaat kesehatan.

Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a Comment for "7 Tips Diet yang Ampuh dan Aman"