Apa itu CPU dan Fungsinya Pada PC

Sejak komputer menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari teknologi, keberadaannya menjadi begitu penting di tengah-tengah masyarakat. Semua turut ambil bagian dalam menyebarkan ‘demam’ komputer yang mampu memudahkan pekerjaan kita ini.

CPU atau Prosesor


Tak terkecuali dua bagian terbesar dalam komputer yang juga jadi pusat perhatian para pemburu teknologi, yaitu software dan hardware. Salah satu bagian dari perangkat keras yang paling penting dan paling sering diutak-atik adalah CPU (Central Processing Unit).

Apa Sih CPU Itu?

CPU atau nama lainnya yang biasa dipakai oleh orang awam adalah Processor. Pusat pengolahan data, otaknya komputer, orang sering menyebutnya seperti itu. Dikatakan otak karena CPU memproses seluruh data yang sudah diinstruksikan dengan cara membaginya ke komponen-komponen dalam komputer. Sama seperti otak kita yang meneruskan perintah ke semua fungsi tubuh.

CPU sendiri terletak di socket khusus processor pada motherboard atau mainboard. Pada CPU atau chip yang sering disebut Microprosessor terdapat tiga bagian terpenting, yaitu Aritmatics Logical Unit ( ALU ); yang memproses data dengan memanipulasi dan mengevaluasi hasilnya, Control Unit; yang mengendalikan kerja unit, Memory Unit atau Cache Memory; yang menyimpan data keseluruhan.

ALU dalam CPU adalah yang memproses data berupa perhitungan aritmatika seperti penjumlahan dan pengurangan serta perhitungan logika seperti AND atau OR, tentu saja sesuai dengan instruksi program.

Sedangkan Control Unit adalah yang menyalurkan sinyal kontrol seperti sinyal baca dan tulis memori komputer. Memori Unit adalah tempat potongan - potongan kecil informasi yang menjadi data dari keseluruhan komputer tersimpan dalam bentuk angka biner. 

Bagian-bagian yang Menunjang CPU

  • Motherboard; papan sirkuit tempat semua komponen melekat.
  • Processor itu sendiri.
  • Kipas pendingin; fungsinya untuk mencegah processor kepanasan dan terbakar.
  • RAM  Random Access Memory); jenis penyimpanan komputer yang dapat diakses dalam waktu tertentu dengan tidak memperhatikan letak data dalam memori.
  • CD Rom (Compact Disc Read Only Memory), kumpulan piringan optik yang dapat menyimpan data.
  • Hard Disc (cakram keras); piringan magnetis yang menyimpan data sekunder.
  • ATA Cable (Advanced Technology Attachment); yang menghubungkan hard disc dan CD Rom.
  • Power Supply; yang mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer.
  •  Memori; tempat penyimpanan data.
  • VGA Card ( Video Graphics Accelerator ); pengolah data grafis untuk ditampilkan di layar monitor.
  • Land Card/ NIC (Network Interface Card) ; yang menghubungkan komputer ke jaringan internet. 
  • AGP (Accelerated Graphics Port) ; saluran yang menyalurkan VGA Card ke komponen motherboard.
  • PCI (Peripheral Component Interconnect); yang mengatur bandwith perangkat keras.

CPU atau Central Processing Unit merupakan unit pusat pengolahan yang menjadi inti kerja sebuah computer.  Komponen ini berbentuk perangkat keras mikroprosesor yang mengatur dan mengkoordinasikan fungsi bagian-bagian dalam computer secara integral. Alat yang sering disebut dengan nama prosesor ini dalam menjalankan fungsinya menerima perintah dari perangkat lunak (software).

Mikroprosesor sebagai CPU yang dikenal dan digunakan sekarang diproduksi dalam bentuk integrated circuit (IC). IC merupakan teknologi baru setelah transistor, dan ditemukan oleh Jack Kilby dari Amerika Serikat pada tahun 1958. Melalui IC yang berukuran sangat kecil inilah berbagai fungsi dalam komponen komputer dapat dibangun secara terpadu.

Sedangkan rancangan CPU yang menghubungkan fungsi berbagai bagian lain dalam komputer ini diciptakan oleh John von Neumann pada tahun 1940. Rancangan ini pula yang kemudian digunakan dalam pembuatan dan pengembangan komputer lainnya. Namun desain prosesor tampaknya akan digantikan oleh model artificial intelegence (AI) untuk menghasilkan komputer generasi terakhir yang hingga kini masih ditunggu kehadirannya.

Cara Kerja CPU

CPU terdiri dari beberapa bagian, yaitu unit kontrol yang mengatur fungsi program, register yang menyimpan data dan instruksi, dan alu yang merupakan alat yang mengolah bahasa instruksi aritmatika dan logika, dan interconnection yang mengatur koneksi berbagai bagian.

Saat suatu data atau instruksi masuk melalui program software, informasi tersebut akan disalurkan melalui RAM untuk diteruskan ke unit kontrol  ataupun tempat penyimpan sesuai jenis informasi yang ada. Melalui unit control inilah suatu informasi itu dikelola dan dibagikan ke bagian lain sesuai instruksi yang ada. Termasuk apabila informasi itu berisi instruksi aritmatika maupun logika. Hasilnya kemudian ditampilkan di output device, seperti terlihat di monitor.

Ada dua jenis bilangan yang ditangani prosesor dalam menjalankan fungsinya, yaitu bilangan fixed point dan floating point. Fiexed pointmembatasi kerja CPU pada nilai digit tertentu sehingga dapat dikerjakan dengan lebih cepat. Sedangkan floating point merupakan bilangan yang menterjemahkan angka sebagai notasi ilmiah, sehingga proses pengerjaannya lebih lama. Bilangan ini umumnya digunakan dalam kerja ilmiah maupun grafik.

Fungsi CPU

CPU atau prosesor yang berfungsi melaksanakan operasi matematika dan logika terhadap instruksi yang dimasukkan. Instruksi ini bisa berupa informasi yang berasal dari perangkat keras lainnya, seperti keyboard atau tuas control, maupun dengan mengambil dari memori.

Dalam melaksanakan fungsinya tersebut, prosesor dikontrol dan dikendalikan oleh software program. Ketika program perangkat lunak dijalankan, maka prosesor akan membaca perintah yang dimasukkan sekaligus melaksanakan dan mengkoordinasikan dengan bagian dan komponen komputer lainnya.

Kompleksnya kerja CPU atau prosesor yang rumit memang mengagumkan dalam menggerakkan revolusi digital. Karena itu wajar bila hingga saat ini belum ada temuan baru yang mampu menggantikannya. Namun wacana komputer generasi kelima tampaknya juga makin menguat. Karena itu bukan mustahil bila komputer tanpa prosesor akan segera muncul dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a Comment for "Apa itu CPU dan Fungsinya Pada PC"