Apa itu VGA Card dan Fungsinya Pada PC

Sebagai salah satu dari sekian banyak pengguna komputer yang ada di dunia, apakah kita sudah mengetahui bagian-bagian terpenting penyusun suatu komputer? Atau mungkin kita hanya sebagai pengguna yang tahu pakai saja tanpa tahu komponen apa saja yang terdapat di dalam suatu komputer. Di dalam suatu komputer, ada berbagai komponen penyusun komputer yang berfungsi agar komputer dapat bekerja dengan baik, termasuk VGA Card.

VGA Card


Komponen-komponen tersebut misalnya saja adalah CPU, monitor dan keyboard. Di dalam CPU, masih ada banyak lagi komponen penyusunnya agar CPU itu dapat kita gunakan sebagaimana mestinya. Ada Motherboard, ada VGA Card, ada RAM, dan masih ada banyak lagi komponen lainnya yang kadang kala kita sama sekali tidak mengenal atau bahkan tidak mengetahui nama-nama benda tersebut. Artikel kali ini akan membahas mengenai VGA Card. Dimulai dari pengertian VGA Card, sejarah lahirnya VGA Card ini serta hal-hal lain yang perlu kita ketahui dari sebuah VGA Card.

Apa itu VGA Card?

VGA card adalah salah satu komponen yang terdapat pada sebuah komputer atau tepatnya sebagai pendukung kerja suatu CPU. VGA Card ini memiliki fungsi untuk mengolah berbagai data graphics yang sedang kita gunakan untuk dapat ditampilkan di layar monitor. VGA card ini mutlak diperlukan oleh sebuah komputer untuk dapat berjalan dan berfungsi dengan baik. Tanpa adanya VGA Card maka komputer yang kita gunakan tidak akan dapat berfungsi sebagai mana mestinya.

Video Graphics Accelerator adalah kepanjangan dari VGA Card. Penggunaan kata Card di dalam nama VGA Card sangat sesuai dengan kenyataannya karena bentuk VGA Card ini nyaris seperti kartu yang harus dipasangkan pada motherboard sehingga para pengguna komputer dapat melihat tampilan data atau grafis di layar monitornya.

Sebagai komponen, VGA Card ini memiliki prosesor yang disebut GPU atau Graphics Processing Unit. Selain itu di dalam bekerja, VGA Card juga sangat membutuhkan memori sehingga biasanya VGA Card di dalam suatu komputer sudah terintegrasi dengan memori yang tersedia pada komputer tersebut.

Selain itu di dalam VGA Card juga terdapat pendingin yang berbentuk sirip-sirip logam yang memiliki pipa-pipa penghantar panas atau memiliki pula kipas pendingin yang lebih dikenal dengan nama Heat Sink Fan.

Ada pula, jenis VGA Card yang sudah terintegrasi dengan motherboardnya sehingga disebut dengan istilah VGA Card on board maksudnya di sini adalah bahwa motherboard pada suatu komputer tersebut tidak memerlukan tambahan VGA Card lagi karena di dalam motherboard yang digunakan oleh komputer tersebut sudah memiliki VGA Card sendiri.

Semakin berkembangnya teknologi, maka VGA Card saat ini juga mengalami berbagai perkembangan dan modifikasi yang sangat menyesuaikan dengan kebutuhan komputer berkecepatan tinggi dan memiliki grafis terbaik. Adanya VGA Card on board yang akhir-akhir ini menjadi trend di pasar komputer di berbagai daerah di Indonesia, membuat para pembeli komputer tidak harus membeli VGA Card secara terpisah lagi.

Bahkan dengan adanya VGA Card on board ini harga menjadi lebih ekonomis dan para pengguna komputer dengan VGA Card on board tersebut tidak perlu direpotkan dengan instalasi dan software-software tambahan lagi.

Dua Jenis VGA Card yang Terkenal

Di pasar komputer baik di Indonesia maupun di dunia, ada dua jenis VGA Card yang merajai pasar. Kedua jenis VGA Card tersebut adalah yang berjenis VGA Card ATI dan VGA Card NVidia. Ada kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri dari kedua jenis VGA Card tersebut. Untuk mendapatkan kualitas gambar yang bagus maka sebaiknya menggunakan VGA Card jenis ATI.

VGA Card jenis ini akan memiliki tampilan gambar yang sangat jernih dan tajam sehingga sangat bagus digunakan untuk komputer yang khusus memainkan game terutama komputer untuk di game center-game center. Selain itu VGA Card jenis ATI ini akan menampilkan gambar dari film atau video yang sedang kita putar dengan baik serta dapat pula menampilkan gambar desain yang kita buat dengan baik.

Sehingga jika komputer yang kita gunakan tersebut lebih banyak untuk mendesain atau menonton film, maka sebaiknya gunakanlah VGA Card jenis ATI. Sedangkan untuk VGA Card jenis NVidia, VGA Card jenis ini bukannya memiliki kualitas buruk. Namun kedua jenis VGA Card baik NVidia maupun ATI, memiliki keunggulannya sendiri-sendiri dalam bidang yang berbeda-beda.

VGA Card NVidia sangat unggul dalam menampilkan frame by frame karena VGA Card NVidia ini memiliki kecepatan penampilan frame per detik sehingga VGA Card Nvidia ini akan sangat bagus dalam menampilan gambar pada saat kita menonton DVD High Definition atau untuk memainkan berbagai permainan 3D.

Tips Membeli VGA Card

  • Sebelum kita memutuskan untuk membeli VGA Card yang baru bagi komputer yang kita gunakan, maka kita harus terlebih dahulu mencari tahu VGA Card yang terpasang di komputer kita saat ini yang jenis dan merek apa.
  • Carilah tingkatan VGA Card yang jauh lebih tinggi dari VGA Card yang saat ini sudah kita pakai. Dengan menggunakan VGA Card yang lebih tinggi tersebut maka kita akan dapat melihat perbedaan tampilan grafisnya. Tetapi jika kita hanya membeli VGA card yang spesifikasinya hanya berbeda dengan VGA Card yang sudah kita gunakan saat ini, maka penggantian VGA Card yang lama dengan VGA Card yang baru ini akan sia-sia karena pastilah tampilan grafis yang akan kita rasakan tidak akan berbeda jauh dari yang sudah ada.
  • Sebelum memutuskan untuk membeli VGA Card yang baru, yang harus juga kita perhatikan adalah slot VGA Card yang tersedia pada motherboard komputer kita. Ada dua jenis slot yang harus kita ketahui yaitu slot berjenis AGP dan Slot PCI-Express. Jika kita salah membeli, maka akan sangat disayangkan bahwa VGA Card baru itu tidak akan dapat terpakai hanya karena slot yang tersedia tidak bisa digunakan untuk VGA Card yang baru tersebut.
  • Ketika membeli VGA Card yang baru, kita juga harus tahu berapa kapasitas yang tersedia yang dimiliki oleh power supply kita. Biasanya VGA Card yang memiliki kemampuan yang tinggi atau High End maka kebutuhan akan sumber dayanya juga pastilah sangat tinggi. Biasanya ketika kita membeli VGA Card, maka pada bungkus atau kemasan VGA Card tersebut akan tercantum kebutuhan daya yang harus tersedia dan dimiliki oleh power supply.
  • Ketika kita membeli VGA Card, jangan takut untuk mencoba merek baru yang memiliki kemampuan yang sama dengan VGA Card kita sebelumnya. Misalnya saja VGA Card kita yang lama adalah VGA Card bermerek Sapphire. Saat kita membeli VGA Card baru, maka kita ditawarkan merek lain seperti Gigabyte atau Zotac atau mungkin merek lainnya yang tersedia di toko tersebut. Jangan takut untuk mencoba jika kualitas yang ditawarkan ternyata lebih baik dengan harga yang lebih murah. Tetapi jangan lupa untuk lebih memperhatikan bagaimana reputasi mereka tersebut di pasaran, apakah merek tersebut ditemukan banyak kerusakan atau kegagalan atau memiliki nama yang baik di pasaran. 
  • Selain itu jangan lupa untuk mencari tahu garansi untuk merek VGA Card yang ingin kita beli tersebut. Ada beberapa VGA Card yang berani memberikan garansi seumur hidup karena menjamin mutu dan kualitas VGA Card-nya tersebut sangat baik.

Bagi Anda yang suka mengoperasikan komputer, pembahasan mengenai VGA card merupakan catatan yang cukup penting. Karena VGA card berhubungan langsung dengan tampilan layar monitor komputer Anda. VGA merupakan singkatan dari Video Graphics Accelerator.

VGA merupakan sebuah hardware yang menyempurnakan rendering layar monitor komputer sehingga tampak lebih halus. Kata “card” berarti kartu, menunjukkan wujud VGA card yang mirip dengan kartu dan tertancap di motherboard komputer.

Dari strukturnya, VGA card mirip dengan sebuah komputer yang sangat kecil. VGA card memiliki Graphics Processing Unit (GPU) dengan memori di dalamnya. VGA card juga mempunyai prosesor, hampir sama dengan PC atau laptop.

Prosesor ini akan panas ketika dialiri aliran listrik dan bekerja. Maka alat pendingin seperti kipas di CPU juga perlu dimiliki untuk membuang overheat-nya.  Alat pendingin pada VGA card berupa kipas pendingin atau heat sink fan, sirip-sirip logam maupun pipa-pipa penghantar panas.

Jenis VGA Card

Berdasarkan wujudnya, VGA card terbagi menjadi dua, yaitu VGA card on board dan VGA card add on. VGA card on board dijumpai setiap Anda membeli komputer atau laptop karena VGA card on board sudah menjadi satu paket dengan motherboard.

Sebenarnya dengan VGA card on board, tidak diperlukan lagi VGA card tambahan. Kecuali jika Anda merasa VGA card yang terintegrasi di dalam komputer Anda kurang canggih, maka silakan Anda menambahkan VGA card lain. Nah, VGA card tambahan inilah yang disebut dengan VGA card add on.

Jadi, keberadaan VGA card add on adalah sesuai kebutuhan, misalnya Anda ingin memainkan game yang memiliki resolusi 3D kualitas linggi, sedangkan VGA card komputer Anda tidak mampu melakukan rendering, maka keberadaa VGA add on adalah suatu keharusan.

Meski demikian, untuk memutuskan VGA card apa yang akan kita gunakan, patutlah kita meneliti kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik untuk VGA card on board maupun VGA card add on.

Salah satu kelebihan VGA card on board adalah sudah menjadi satu paket dengan motherboard, karena itu sudah pasti tidak ada masalah ketika komputer digunakan. Apalagi VGA card on board harganya sangat murah, hampir sama dengan harga motherboard tanpa VGA card. Boleh dikata, kita memperoleh VGA card on board secara gratis dengan membeli motherboard-nya. Ini sangat baik jika kita memiliki isi kantong yang terbatas untuk memiliki komputer.

Sementara itu, kekurangan VGA on board di antaranya, tidak memiliki memori sendiri. Akibatnya, memory CPU atau laptop Anda yang dikenal dengan sebutan RAM (Random Access Memory) akan ikut terpakai dalam VGA card ini. Padahal kinerja komputer juga dipengaruhi oleh RAM yang ada di dalamnya, jika kemampuan RAM terbagi, maka kecepatan komputer pun makin menurun.

Memilih VGA Card

Jika Anda akan memilih VGA card, maka benar-benar pertimbangkan kebutuhan Anda. Pastikan VGA card yang Anda pilih mampu menampilkan resolusi monitor yang terbaik menurut Anda. Apalagi jika monitor Anda adalah Liquid Crystal Display atau LCD. Maka resolusi yang ditampilkan harus semirip mungkin dengan aslinya.

Berbeda halnya jika monitor Anda adalah Cathode Ray Tube (CRT), Anda cukup memilih VGA card yang sesuai dengan kualitas maksimal dari monitor Anda. Hal itu dikarenakan monitor CRT tidak memiliki resolusi gambar yang asli.

Anda pernah memakai Photoshop? Bandingkan kinerja komputer Anda jika memakai software pengolah kata, tentu keduanya jauh berbeda. Photoshop adalah software grafis. Butuh energi dan memori yang jauh lebih besar untuk menampilkan gambar sesuai keinginan kita dibanding sekadar mengolah kata-kata.

File grafis memerlukan kapasitas yang jauh lebih besar dibanding file pengolah kata. Maka jika Anda memilih VGA card, pilihlah yang memiliki chip memory tersendiri, sehingga VGA card tersebut tidak mengambil memori milik RAM. Apalagi jika Anda penggemar game, pengedit film ataupun pembuat multimedia, VGA card dengan kartu memori tersendiri sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan kerja komputer Anda.

Selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan keberadaan Graphics Processing Unit (GPU) pada VGA card Anda. GPU sendiri merupakan sebuah chip yang memiliki fungsi dan peran seperti Computer Processing Unit (CPU) atau unit pengolahan komputer. Keberadaan GPU akan mempercepat proses pengolahan data grafis berupa garis-garis sejajar atau pipelines dalam VGA card.

Jika proses ini makin cepat, maka hasil tampilan layar monitor akan kian sempurna. Saat ini, ada VGA card yang memiliki dual GPU untuk memperoleh hasil tampilan grafis yang optimal. Meski demikian keberadaan kapasitas memori, kecepatan prosesor, serta banyaknya aplikasi yang dijalankan, juga sangat berpengaruh terhadap tampilan grafis yang dihasilkan.

Seperti yang ditulis sebelumnya, VGA card menghasilkan panas. Akibat kerasnya kerja kartu ini untuk memproses data grafis. Untuk mengurangi panas yang keluar, umumnya VGA card memiliki kipas angin atau built in fan.

Meski demikian VGA card yang memiliki kemampuan tinggi adapula yang tidak memiliki kipas pendingin. VGA card ini menggunakan lapisan aluminium untuk mengambil panas dari GPU yang berada di dalam VGA card.

Tanpa adanya kipas, maka suara bising akibat perputaran kipas bisa dihindari. Namun perlu diingat, keberadaan lapisan aluminium bukan tanpa dampak. VGA card dengan aluminium akan lebih membebani RAM komputer Anda daripada VGA dengan kipas. Memori komputer Anda bisa terambil beberapa puluh mega bytes untuk mengakomodasi keperluan pendingin aluminium pada VGA card.

Perhatikan jenis motherboard yang Anda miliki, karena slot untuk VGA card pada masing-masing motherboard belum tentu sama. Apakah motherboard Anda bertipe lama yang memiliki slot Advanced Graphics Port (AGP) interface? Ataukah motherboard Anda seri baru dengan slot Peripheral Computer Interface Express (PCIe) interface. Antara AGP dan PCIe tidaklah sama, masing-masing punyakarakter slot yang berbeda.

Yang terakhir sebagai perhatian adalah menyesuaikan VGA card dengan kemampuan power supply yang Anda miliki. Semakin tinggi kemampuan VGA card, maka daya power supply yang diperlukan juga kian besar. Selalu perhatikan berapa daya minimal dari power supply yang diperlukan. Bisa diketahui dari kotak tempat VGA card yang kita beli. Jadi perhatikan benar VGA card yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Persangian Merek VGA Card

Jika sepeda motor di Indonesia didominasi oleh Yamaha dan Honda. Maka pasar prosesor komputer punya dua kompetitor yang sama kuat, yaitu Intel & AMD. Demikian juga VGA card, dominasi dua merek besar berperan di dalamnya, yaitu ATI dan NVidia.

ATI, yang saat ini diakuisisi oleh AMD memiliki sejumlah keunggulan di tampilan gambar yang tajam dan berkelas. Sementara, NVidia, lebih unggul di 3d frame rates atau kecepatan frame monitor per detik. Sehingga NVidia mampu menampilkan efek 3D yang lebih baik. Meski demikian, bukan berarti NVidia kurang bagus di tampilan gambar dan juga tidak berarti ATI kurang baik di 3D frame rates. Kedua merek VGA card ini cukup berimbang dalam hal harga maupun tampilan grafis.

Demikian pula dengan merk lain, kemampuan VGA card seperti Gygabyte, HIS, Pixelviews, Sapphire, Powercolor dan sebagainya memang terkesan belum familiar di telinga kita. Namun sebenarnya, kemampuan VGA card berbagai merk pun hampir sama, jadi jangan takut untuk memilih VGA card jika benar-benar Anda butuhkan. Cuma Anda harus tetap memperhatikan harga serta garansi masing-masing.

Sebagai informasi, jika Anda ingin meningkatkan performa VGA card yang Anda miliki, maka upayakan memilih VGA card yang punya kemampuan minimal tiga kali dari VGA card yang Anda punya saat ini. Karena performa VGA card dengan kemampuan dua kali tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap tampilan komputer Anda.

Jadi, selamat memilih VGA card untuk optimalisasi tampilan komputer Anda.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a Comment for "Apa itu VGA Card dan Fungsinya Pada PC"