Cara Diet Cepat dan Sehat

Setiap orang pasti menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Dengan bentuk tubuh yang ideal, selain indah dan nyaman dilihat, tubuh pun terasa sehat. Namun, dalam perjalanan hidupnya manusia memiliki gaya yang berbeda khususnya dalam menjaga tubuh mereka. Pola makan yang dijalankan sering tidak memperhatikan proporsi kalori, protein, maupun serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Diet Cepat dan Sehat


Oleh karena itu, tidak sedikit orang-orang yang bermasalah dengan berat badan mereka. Berat tubuh yang tidak ideal menjadikan banyak orang yang mencari tahu cara diet cepat agar dengan waktu singkat mereka dapat memperoleh bentuk tubuh yang diinginkan.

Bentuk tubuh yang dimiliki oleh manusia dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah pola makan dan gaya hidup seseorang. Pola makan merupakan bentuk kebiasaan yang dilakukan seseorang dalam memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi.

Untuk menghasilkan energi yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari, manusia membutuhkan makanan, dan makanan yang dikonsumsi harus memenuhi kebutuhan kalori, protein, serat, dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam mengonsumsi makanannya seseorang memiliki polanya sendiri. Misalnya, ada orang-orang yang memiliki pola makan sebanyak tiga kali sehari dengan porsi besar dua kali dan porsi ringan satu kali.

Pola makan yang demikian bagi orang-orang tertentu cukup dalam memenuhi kebutuhan energi harian. Namun, ada pula orang yang menggunakan porsi tersebut malah menjadi lebih gemuk dan berat badannya terus bertambah.

Selain sebagai pemenuh kebutuhan energi, makanan bagi manusia memiliki nilai yang spesial. Misalnya, makanan sebagai karya seni, makanan sebagai pemuas cita rasa, makanan sebagai penghilang stres, dan sebagainya. Dengan nilai-nilai tersebut, manusia cenderung menikmati makanan tanpa mempertimbangkan efek yang ditimbulkan seperti munculnya timbunan lemak dan berat badan yang meningkat.

Akibatnya, tanpa disadari bentuk tubuh tidak lagi ideal, tumpukan lemak pun terlihat di berbagai bagian tubuh. Jika sudah demikian, cara diet cepat pun mulai dicari tahu dan dipraktikkan demi mendapatkan bentuk tubuh yang indah dan sehat.

Untuk mengetahui cara diet cepat, mereka yang ingin membentuk keidealan tubuh sebaiknya memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan diet. Sebagian besar orang memandang diet sebagai kegiatan mengurangi makan atau bahkan tidak makan. Hal ini disebabkan oleh anggapan bahwa dengan tidak makan berat, badan seseorang akan turun.

Padahal diet adalah kombinasi atau gabungan makanan dan minuman dalam hidangan yang dikonsumsi sehari-hari. Jadi diet pada intinya adalah mengatur pola makan tidak hanya mengurangi kuantitas hidangan yang dimakan. Setelah mengetahui pengertian diet ini, diharapkan bagi mereka yang ingin melakukan diet tidak salah langkah dengan menghentikan kegiatan makan hanya agar berat badannya menurun.

Tanpa aturan atau pola yang benar, diet dengan cara demikian akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Hal ini ditunjukkan oleh banyaknya kasus orang-orang yang ingun kurus justru harus masuk rumah sakit karena diet yang salah.

Cara Diet Cepat - Ragam Bentuk Diet

Langkah-langkah untuk menjalankan cara diet yang cepat telah banyak beredar baik di internet maupun buku-buku. Cara-cara yang dikemukakan biasanya berkaitan dengan pengaturan pola makan karena memang itu merupakan inti dari kegiatan diet. Meski demikian, cara diet yang dibutuhkan oleh tubuh setiap orang tidak sama.

Artinya, dalam berdiet, seseorang tidak dapat langsung menggunakan suatu cara diet tanpa mengetahui dampak yang ditimbulkannya. Secara umum terdapat beragam bentuk cara berdiet, di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Diet berdasarkan golongan darah. Diet ini merupakan diet yang dilakukan berdasarkan golongan darah pelakunya. Cara diet ini muncul setelah adanya penelitian yang menunjukkan bahwa golongan darah berpengaruh terhadap penyerapan bahan makanan oleh tubuh. Artinya, setiap golongan darah memiliki hasil serapan yang berbeda terhadap jenis bahan makanan yang dimakan oleh seseorang. Berdasarkan hal tersebut, orang-orang yang melakukan diet ini mengatur bahan asupan makanan yang baik bagi golongan darah mereka dengan menghindari bahan-bahan makanan yang berdampak tidak baik bagi tubuh sesuai dengan golongan darah. 
  2. Diet karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber kalori yang memberi energi pada tubuh. Ketika kalori yang dihasilkan oleh karbohidrat tidak dibakar sebagai energi, maka akan menghasilkan tumpukan-tumpukan lemak. Oleh karena itu, beberapa orang memilih untuk melakukan diet karbohidrat dengan cara mengurangi asupan nasi, yang diganti dengan sayuran atau lauk pauk yang memiliki banyak protein. Diet ini dapat dilakukan dengan mengurangi jumlah nasi, kentang, bubur, dan karbohidrat lainnya dalam makanan. 
  3. Diet detoksifikasi. Kesalahan konsumsi makanan yang dilakukan, akan berdampak tertimbunnya racun-racun dalam tubuh. Kehadiran racun ini mengakibatkan penyerapan nutrisi tidak maksimal sehingga berat badan pun terus meningkat. Untuk itu, diet detoksifikasi atau diet pembuangan racun tubuh menjadi pilihan beberapa orang. Hal ini didukung oleh kelebihan diet ini yang memberikan efek bugar dan sehat yang lebih terasa.
  4. Diet makanan cepat saji. Makanan cepat saji atau yang sering disebut dengan fast food dianggap sebagai penyumbang besar dalam timbulnya lemak-lemak atau racun dalam tubuh. Oleh karena itu, beberapa orang melakukan diet dengan cara berhenti mengonsumsi makanan cepat saji.  

Langkah Praktik Cara Diet Cepat 

Selain keempat macam cara diet yang telah disebutkan, sebenarnya masih banyak macam diet lainnya, hanya saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan diet adalah langkah-langkahnya sebagai berikut.
  1. Cek kondisi tubuh. Sebelum memutuskan untuk melakukan diet, periksalah terlebih dahulu kondisi tubuh. Hal ini penting karena kondisi tubuh memengaruhi hasil diet yang akan diperoleh. Misalnya, seseorang melakukan diet karbohidrat tetapi tidak mengetahui bahwa dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari ia membutuhkan energi yang banyak. Bila demikian maka akan berdampak fatal terhadap dirinya karena diet tidak membakar lemak tetapi massa otot yang menopang tubuh. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kondisi tubuh agar dapat diketahui pula macam cara diet cepat yang mana yang cocok. 
  2. Perhatikan asupan makanan. Perlu ditegaskan sekali lagi bahwa diet bukan berarti tidak makan. Dengan demikian, yang perlu diperhatikan dalam diet adalah asupan makanan yang dimakan baik pada waktu pagi, siang, maupun malam. Hal ini dilakukan agar tubuh tetap mendapatkan nutrisinya, sehingga dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Memerhatikan asupan makan juga berlanjut pada kuantitas bahan makanan yang selanjutnya akan dikonsumsi. 
  3. Ketahui ukuran berat badan ideal. Diet yang dilakukan seseorang merupakan keputusan yang diambil untuk menurunkan berat badan. Ketika keputusan tersebut diambil, perlu diketahui sebelumnya mengenai ukuran berat badan yang ideal. Berat badan dikatakan ideal atau proporsional ketika terdapat kesesuaian antara berat badan dan tinggi badan. Cara menghitung berat badan ideal biasanya menggunakan rumus (tinggi badan-100) x 90%.  
  4. Semangat untuk sehat. Bentuk dan berat badan yang ideal memang sangat menunjang penampilan. Karenanya, tidak sedikit orang-orang yang berdiet dengan tujuan menjadikan tubuhnya lebih indah dan sedap dipandang. Namun, yang paling penting dalam melakukan praktik cara diet yang cepat adalah semangat untuk sehat. Kesehatan sangat penting bagi manusia dan berat badan yang tidak ideal dapat menimbulkan risiko-risiko penyakit seperti diebetes, gula darah, serangan jantung, dan sebagainya. Oleh karena itu, semangat untuk sehat dalam berdiet harus menjadi motivasi utama agar diet yang dilakukan pun tidak mengancam kesehatan. 
  5. Cari tahu informasi mengenai diet. Agar diet yang dilakukan benar dan sehat, maka penting untuk menggali informasi-informasi mengenai diet. Mulai dari cara-caranya, manfaatnya, trik dan tipsnya, serta mitos-mitos mengenai diet yang kadang membuat diet menjadi salah sasaran. Misalnya, sarapan sedikit dapat menurunkan berat badan. Hal ini merupakan sebuah kekeliruan, karena dengan sarapan yang sedikit maka dengan kesibukan beraktivitas, ketika makan siang perut akan semakin kelaparan dan sulit mengontrol asupan makanan. 
Berdasarkan beberapa langkah ini, diharapkan dapat menyempurnakan praktik cara diet cepat yang juga sehat. Selain itu, dapat pula dijadikan sebagai acuan bahwa diet harus ditujukan bagi peningkatan kesehatan.

Tubuh ideal yang diperoleh dari diet merupakan nilai tambah dari tubuh yang sehat. Meski saat ini telah ada cara diet cepat, namun diet merupakan proses dan hasil dari suatu keteraturan. Artinya, dalam berdiet membutuhkan waktu dan juga kesabaran. Hindari juga cara diet dengan menggunakan obat-obatan instan yang belum dipastikan keamanannya bagi tubuh.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a Comment for "Cara Diet Cepat dan Sehat"