Cara Mempartisi Hardisk Windows 7

Semua aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangnnya masing-masing, begitupun dengan Windows 7. Saat windows 7 dikenal di publik, banyak orang yang bertanya tentang kelebihan dari seri windows terbaru ini.

Partisi Hardisk


Ternyata di dalam windows 7 terdapat berbagai fitur yang memudahkan penggunanya dalam beroperasi dengan komputer.

Windows ini memungkinkan Anda untuk mempartisi harddisk tanpa memakai software tambahan. Berikut ini cara mempartisi hardisk windows 7 yang mudah dan cepat.

Mempartisi hardisk merupakan cara yang ditempuh agar dokumentasi atau penyimpanan file di komputer lebih rapih. Dengan memperbanyak partisi membuat seseorang nyaman untuk menempatkan data sesuai kategori yang diinginkannya.

Buatlah partisi hardisk sesuai dengan kategori file pada umumnya. Misalnya drive dengan nama Data Kerja, Daftar Bacaan dan lain sebagainya. Intinya buatlah nama untuk partisi baru tersebut agar bisa mengklasifikasikan file sesuai jenisnya.

Banyak kita temui di laptop atau CPU yang tidak begitu rapi data yang disimpan. Ini memang tidak merusak atau memperlambat kinerja komputer. Namun dari segi kemudahan seseorang untuk menyimpan dan mencari file sangatlah berbeda.

Data yang diletakkan dengan teratur akan mudah dicarinya nanti pada saat lupa. Berbanding berbalik di komputer yang partisinya cuma satu dan file diletakkan sembarang, saat pemakai ingin mencari file tertentu akan kesulitan.

Cara Mempartisi Hardisk di Windows 7

Berikut langkah untuk mendapatkan partisi di windows 7 secara gampang antara lain:
  • Pertama klik kanan pada “Computer”, kemudian pilih manage.
  • Setelah itu akan muncul jendela “computer management”, lalu pilihlah “storage” kemudian klik “disk management”.
  • Di jendela bagian kanan akan dijumpai jumlah partisi yang sudah tersedia sebelumnya. Lalu klik kanan di harddisk yang akan dipartisi nantinya.  Misalnya jika ingin satu partisi lagi, contoh di partisi C: diklik kanan partisi C: setelah itu ada sejumlah partisi. Bila ingin mempartisi di sebuah drive maka klik kanan drive tersebut lalu pilih “shrink volume”.
  • Kemudian akan muncul teks “querying shrink space”, tunggulah sebentar tetapi jangan beraktivitas yang memberatkan kerja cpu.
  • Muncul jendela baru Shink. Di kotak ini Anda diperkenankan untuk menentukan volume partisi yang akan dibuat. Maka masukkan angka yang diinginkan atau sesuai rencana yang dibuat sebelumnya. Kemudian klik “Shrink”.
  • Dan tampil partisi baru yang belum diformat, atau dapat dikatan free space. Tetapi di langkah ini partisi itu belum bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan perlu dilakukan langkah berikutnya.
  • Memformat partisi baru tadi supaya bisa dipakai dengan cara klik kanan pada partisi itu, lalu pilih “new simple volume”.
  • Setelah itu muncul kotak dialog “New simple volume wizard” dan klik next.
  • Muncul jendela baru yakni “specify volume size” lalu klik “next” saja.
  • Tampil jendela “assign drive letter or path”, kemudian klik “next”.
  • Akan muncul jendela baru “format partition”, gampangnya pilih file system yang NTFS. Dan di volume label isikan dengan nama yang diinginkan dan klik next lagi.
Akhirnya partisi baru sudah dapat dipakai dan telah mempunyai nama.
Untuk mendapatkan partisi baru lagi yang lain silahkan mengulangi langkah-langkah di atas.

Bila sudah terbiasa dengan langkah-langkah tadi, nantinya Anda tidak kesulitan lagi karena telah terbiasa. Untuk memastikan partisi baru telah ada maka bukalah windows explorer dan cek keberadaannya.

Berbeda halnya dengan windows serial xp, membuat partisi harddisk yang baru membutuhkan software tambahan lain yakni Norton Partition Magic, Eazeus Partition Manager ataupun Ranish Partition Manager.

Bagi yang belum menginstall windows 7 atau masih menggunakan windows xp sebaiknya mencari salah satu software tersebut.

Manfaat Mempartisi Harddisk Windows

Mempartisi sebuah harddis adalah aktivitas untuk membagi harddisk menjadi beberapa partisi atau bagian. Saat partisi harddisk sudah terbentuk, maka pengguna windows dapat menyimpan file di beberapa partisi sesuai pengelompokkan yang telah dibuat. 

Memakai cara partisi harddisk sehingga sebuah harddisk dibagi menjadi sejumlah drive dengan kapasitas yang berbeda satu dan lainnya. Dan tidak semua orang tahu bahwa ruang penyimpanan di sebuah harddisk yang kosong atau tidak digunakan sebesar 10 hingga 30 persen.

Jumlah yang tidak sedikit dikarenakan belum ada pembagian ukuran unit yang tidak maksimal.

Harddisk dipartisi dimaknai logis dari drive disk yang mempunyai system file. Mempartisi harddisk bisa diibaratkan membagi sebuah kuetar menjadi beberapa bagian sesuai keinginan pemotong. Masing-masing potongan tersebut dapat digunakan sama seperti kue sebelum dipotong.

Lalu apa manfaat sebenarnya dari kegiatan partisi sebuah harddisk? Berikut ini penuturan manfaat partisi harddisk di windows antara lain:

1. Memudahkan Booting Sistem Operasi Computer
Sebuah komputer terkadang mempunyai beberapa sistem operasi, seperti windows, linux ataupun MacOS. Dengan mempartisi harddisk maka Anda dapat menginstall beberapa OS tersebut di drive yang berlainan. Sehingga saat booting nanti, pengguna diperkenankan untuk memilih salah satu dari OS yang tersedia dengan mudah.

Mungkin tidak semua orang menginginkan satu komputer dengan banyak OS, tapi tidak demikian dengan profesi programer, desainer, ataupun pekerjaan lain yang berhubungan erat dengan teknologi informasi.

2. Akses Partisi Secara Bersamaan
Sejumlah system operasi di atas bias saling mengakses partisi, misalnya pemakaian satu partisi untuk dipakai file swap di distro Linux.

3. File Data dan Sistem  Mudah Dipisahkan
Sebagai contoh, seorang pengguna menyimpan datanya di drive D dan system operasi di drive C. Ini berguna untuk menghindarkan file atau data yang penting hilang saat system operasi terjadi kerusakan. Sehingga file-file tersebut masih dalam keadaan aman sebab tidak ikut terformat saat instalasi sistem operasi yang baru.

Dan bila tergesa-gesa memerlukan data tersebut, Anda bisa mendapatkan file itu dengan memanfaatkan sistem operasi di komputer lain.

4. Komputer Tidak Lambat, Kinerja Semakin Efisien
Satu harddisk yang hanya mempunyai satu system file NTFS memaksa harddisk itu memiliki Master File Table yang besar dibandingkan dengan harddisk yang dibagi beberapa partisi.

Ini memungkinkan kerja dari komputer lebih lama dikarena membutuhkan waktu akses yang lebih banyak.

5. Pengaturan Data Lebih Rapi
Semakin banyak partisi yang dibuat maka klasifikasi data atau file semakin gampang. File video akan disimpan di drive yang dikhususkan untuk penyimpanan video. File dokumen tersimpan cantik di drive khusus untuk data tulisan semilsa word, pdf, ataupun yang lainnya.

Mempartisi sebuah harddisk merupakan salah satu ketrampilan yang tidak dikuasai semua orang. Anda dapat mengajarkan tips partisi harddisk ini kepada teman yang belum menguasai.

Semakin banyak Anda berlatih dan bereksperimen mempartisi harddisk, maka tips ini akan dihapalkan dengan cepat. Memang ada tips lain untuk partisi harddisk di internet, tetapi intinya sama seperti yang dijelaskan di atas tadi.

Demikian ulasan cara mempartisi harddisk di windows 7 yang praktikal bagi pembaca. Sebagai bahan referensi, semoga kinerja Anda dengan komputer lebih mudah dengan partisi baru yang dibuat!
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a Comment for "Cara Mempartisi Hardisk Windows 7"