Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Bagi wanita, menjaga berat badan merupakan sebuah pekerjaan yang terbilang pokok. Pendapat ini mungkin harus diperbarui karena kini, para lelaki jug atelah sangat peduli dengan berat badan mereka. Bukan hanya untuk penampilan, tetapi juga untuk kesehatan. Beberapa tips dan info cara menurunkan berat badan pun selalu laris diburu. Baik yang alami maupun instan. Intinya, wanita dan laki-laki tidak akan betah berlama-lama dengan perut gendut serta ukuran paha dan kaki yang membesar sehingga tidak terlihat sehat dan seksi. Salah satu cara menurunkan berat badan andalan adalah diet. Ya. Mengurangi asupan makanan dinilai sebagai cara terbaik untuk menurunkan bobot badan. Padahal, diet tidak berarti menyiksa diri dengan cara membatasi konsumsi. Diet cara ini justru keliru karena diet sebenarnya adalah merasa kenyang, bukan menahan lapar.

Cara Menurunkan Berat Badan


Cara Menurunkan Berat Badan Yang Seimbang

Mengetahui tata cara berdiet sangatlah penting. Penerapan cara diet yang salah justru akan berpengaruh buruk bagi Anda. Alih-alih mendapat bentuk tubuh langsing, berisi untuk perempuan dan tubuh tegap berotot untuk laki-laki, malah semakin membengkak. Ingat pula bahwa program diet Anda harus disertai dengan olahraga secara rutin agar makanan yang telah dikonsumsi cepat dibakar.

Cara menurunkan berat badan yang tidak seimbang hanya akan membuat penyakit datang. Misalnya, seseorang yang yakin kalau diet yang paling cocok untuk dirinya adalah diet dengan makanan mentah. Makanan mentah ini artinya, sayuran mentah dan buah-buahan yang tidak diolah terlebih dahulu. Ikan pun mentah gaya makanan orang Jepang. Tetapi biasanya tidak memakan daging mentah.

Keyakinan pengaturan diet seperti itu ternyata membuat tubuhnya lemas. Kalau sudah seperti itu, dia harus mengentikan gaya diet itu. Diet yang seimbang maksudnya adalah bahwa asupan makan tetap harus menyesuaikan dengan keadaan tubuh. Kalau aktivitas penggunaan tenaga secara fisik banyak, maka diet makanan mentah mungkin kurang cocok. Diet ini mungkin lebih cocok untuk orang-orang yang lebih banyak menggunakan otaknya, seperti para penulis, programer, dan lain-lain.

Untuk yang banyak menggunakan tenaga fisik, sebaiknya menggunakan diet tinggi protein dan asupan karbohidrat diambil dari selain nasi, misalnya gandum dan kentang. Nasi mengandung glukosa yang cukup tinggi yang pada sebagian orang keadaan ini tidak mudah dicerna. Diet sesuai dengan golongan darah juga bisa digunakan asalnya tahu dan paham dengan keadaan tubuhnya. Intinya adalah bahwa ketika melakukan diet atau pengaturan asupan makanan, mengerti keadaan tubuh akan membuat kesehatan lebih terjaga dan berat badan yang diinginkan akan didapatkan. Misalnya, kalau sudah terasa lemas, jangan sungkan untuk makan daging secukupnya tetapi kurangi asupan karbohidratnya.

Hal yang harus diingat lagi ketika menggunakan cara menurunkan berat badan metode tertentu adalah bahwa penurunan berat badan itu tidak boleh drastis. Kalau terlalu banyak, hal ini akan mempengaruhi kondisi kulit. Kulit bisa menggelembir. Apalagi kalau tidak diikuti dengan olahraga. Bila hanya mengurangi asupan makanan, yang ditakutkan adalah kondisi kulit. Adalah sesuatu yang tidak lucu kalau berat badan turun tetapi kulit wajah menjadi keriput dan seolah tak mempunyai darah.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Umum

Cara menurunkan berat badan umumnya adalah dengan menggunakan cara menurunkan berat badan yang terbilang alami dan cepat. Cara ini telah terbukti cukup efektif dan efisien kalau diikuti dengan saksama dan penuh disiplin.

Sarapan Pagi

Sarapan pagi itu sangat penting untuk menunjang aktivitas. Diet bukan berarti tidak sarapan. Menu sarapan yang baik untuk diet adalah makanan berserat. Minumlah susu rendah lemak atau diganti dengan jus jeruk. Ingat, minum susu rendah lemak, bukan susu fullcream. 

Makan pagi tidak dianjurkan untuk terlalu kenyang. Kalau terlalu kenyang, ditakutkan malah akan membuat mengantuk dan tenaga tidak digunakan dengan efisien. Bagi yang banyak menggunakan otak,sarapan yang baik adalah sarapan yang menunjang kerja otak. Misalnya, telur rebus atau telur mata sapi 2 butir yang digoreng dengan minyak zaitun diberi garam sedikit, segelas the hijau hangat, dan sebuah apel.

Ketika sudah pukul 9 atau 10 pagi, tidak ada salahnya bila mengemil buah yang lain atau buah apel lagi dengan beberapa keping biskuit. Makan beberapa potong coklat juga akan membuat kerja otak semakin maksimal. Kalau tenaga otot yang lebih banyak digunakan, usahakan untuk menambah sedikit sereal atau oat agar stamina tetap terjaga.

Ngemil

Usahakan untuk memakan cemilan sebelum makan siang. Ngemil sebelum makan siang bertujuan agar menu makan siang Anda tidak terlalu banyak. Anda pun akan cepat kenyang meskipun menunya sedikit karena sudah diganjal dengan cemilan. Usahakan selalu mengkonsumsi buah apel sebagai pencuci mulut. Mengapa apel? Karena apel dipercaya mampu mengikat lemak serta kolesterol sehingga mudah dibuang.

Untuk air minum, lebih baik minum air hangat agar perut terasa hangat dan mudah kenyang. Terkadang rasa kenyang itu sulit didapatkan sehingga akan terus makan dan makan. Hal ini tentu saja akan mengganggu program diet dan cara menurunkan berat badan yang mana pun tidak akan sukses.

Minum Air Putih

Minum air putih minimal 8 gelas perhari sangat baik bagi kesehatan serta kelancaran program diet Anda. Air putih sangat bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan memperlancar peredaran darah. Yang lebih penting, air putih bebas kolesterol serta rendah natrium.

Ngemil Malam Hari

Jangan pernah menahan lapar malam hari. Cobalah ganti menu makan nasi Anda dengan biskuit. Namun, akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi buah.

Olah Raga Teratur

Olah raga merupakan salah satu cara terpenting dalam usaha menurunkan berat badan. Oleh sebab itu, lakukanlah olah raga secara rutin agar makanan dalam tubuh Anda cepat diproses sehingga lemak tidak mengendap terlalu lama.

Makan Porsi Anak-Anak

Anak-anak biasa makan dengan menu sedikit. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk makan sesuai porsi anak-anak supaya makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan. Porsi makan sedikit pun memudahkan proses pencernaan makanan sehingga tidak lama tertimbun.

Cara ini tentu akan terasa memberatkan bagi Anda, khususnya bagi orang yang porsi makannya banyak. Namun, Anda bisa mengakalinya dengan cara menumpuk lauk di atas nasi. Dengan menyantap lauk terlebih dahulu, kemungkinan nafsu Anda terhadap nasi berkurang sehingga asupan karbohidrat dalam tubuh tidak terlalu banyak.

Makanan Nutrisi Tinggi

Salah satu sahabat setia bagi Anda yang tengah berusaha menurunkan berat badan adalah makanan bernutrisi tinggi. Oleh sebab itu, sediakanlah buah-buahan, keripik tortila, roti gandum, serta kacang-kacangan. Makanan ini bisa menjadi penolong Anda ketika lapar.

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Cara menurunkan berat badan yang telah dibahas sebelumnya itu cocok untuk wanita dan laki-laki. Bagaimana dengan cara menurunkan berat badan bagi seorang wanita yang baru melahirkan? Pertama, wanita yang baru melahirkan tidak perlu memikirkan cara menurunkan berat badan secara cepat. Asupan gizi seimbang sangat penting agar produksi ASI tetap terjaga.

Biasanya kalau merawat anak sendiri dan tetap melakukan aktivitas sehari-hari secara biasa dan tetap menjalankan metode gizi seimbang, maka berat badan akan cepat turun dengan sendirinya. Menyusui juga merupakan cara menurunkan berat badan yang ampuh. Yang harus diingat adalah tidak boleh makan makanan tinggi lemak. Tetap makan makanan tinggi protein dan menambah asupan sayur seperti katu dan daun singkong. Kedua jenis sayuran ini diyakin bisa menambah produksi ASI sekaligus akan mudah membuat ibu merasa kenyang. Untuk minumnya, pilihlah teh hijau dan air hangat.

Bila akan minum susu, minumlah susu yang tidak berlemak. Susu kedelai akan cukup menyehatkan dan sekaligus membuat kulit ibu semakin mulus. Kedelai sangat baik untuk wanita. Kandungan vitamin dalam kedelai juga akan mempertahankan libido ibu yang baru melahirkan sehingga suami tidak harus mengeluh karena istrinya tidak bergairah.

Olahraga tetap juga harus dilakukan. Yoga dan jalan adalah pelengkap cara menurunkan berat badan secara alami  untuk wanita yang baru melahirkan. Renang juga bisa dipilih.

Itulah di antara cara menurunkan berat badan dengan cara seimbang baik bagi wanita dan laki-laki termasuk para wanita yang baru saja melahirkan.

Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan secara cepat dan alami. Selamat mencoba dan semoga berhasil!
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a Comment for "Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat"