Cara Tes Kecepatan (internet) Speedy

Bagaimana cara mengetes kecepatan speedy (speedy test speed) - Tahun ini merupakan era perkembangan teknologi informasi. Internet dan televisi mulai masuk dengan pesat ke daerah-daerah, sehingga berbagai informasi dari belahan dunia manapun dapat didapatkan. Hanya dengan menulsikan kata kunci atau alamat website, semua informasi yang ingin dicari, bisa didapatkan di internet.

Internet Speedy


Saat ini internet memang sudah menjadi kebutuhan manusia, mulai dari pelajar, pedagang, pelaku seni, sampai orang-orang yang sekedar mencari teman. Mereka semua memanfaatkan internet sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Situs jejaring sosial, membuat internet semakin digemari oleh anak-anak muda yang ingin mencari teman sebanyak-banyaknya.

Oleh karena itu, saat ini banyak orang-orang yang memasang layanan internet dirumahnya. Salah satu layanan jasa internet yang cukup populer di Indonesia adalah speedy. Speedy merupakan layanan jasa internet yang menggunakan tekhnologi ADSL (Asymmetric Digital Subscrber Line), yakni suatu tekhnologi yang memungkinkan data dikirim lewat jaringan kabel telepon.

Kebutuhan akan internet yang cukup urgen saat ini, mempunyai konsekuensi bahwa kecepatan jaringan internet juga menjadi pertimbangan bagi para pengguna internet. Oleh karena itu, untuk mengetahui kecepatan internet speedy bisa mengunjungi situs-situs yang menyediakan layanan-layanan untuk mengetes kecepatan speedy (internet) atau speedy test speed.

Keunggulan Speedy

Namun, sebelum membahas mengenai cara melihat kecepatan koneksi speedy, lebih baik dijelaskan dulu beberapa keunggulan dari speedy. Speedy menjadi pilihan banyak orang karena keunggulan-keunggulan yang dimilikinya.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari speedy:
  • Speedy memiliki layanan komunikasi suara/fax  dan data/internet yang memiliki kecepatan tinggi. Kedua layanan tersebut bisa digunakan secara bersamaan tanpa saling mengganggu di antara keduanya.
  • Terdapat layanan ADSL (Asymmetric Digital Subscrber Line) yang menyediakan koneksi secara terus menerus, 24 jam dalam sehari selama satu minggu tanpa berhenti. Layanan ini juga memiliki kecepatan yang tinggi dalam penyaluran atau koneksi internetnya.
  • Keamanan koneksi internet dijamin, yakni saluran internet hanya digunakan oleh pengguna speedy sendiri dan tidak dibagi-bagi atau di share dengan beberapa orang/pengguna (setiap pengguna speedy memiliki saluran internet sendiri-sendiri). Hal ini biasanya sangat penting bagi pebisnis-pebisnis yang menggunakan aplikasi e-business.
  • Kecepatan konstan dan tetap stabil. Sebab infrastruktur saluran internet dari setiap pengguna berbeda dan memiliki saluran sendiri-sendiri, sehingga semakin banyaknya pelanggan tidak mempengaruhi kecepatan koneksi internet. Justru koneksi akan lebih stabil karena masing-masing pengguna memiliki jalur sendiri ke peralatan multiplexer di sisi Telkom. Kecepatan download dengan menggunakan speedy bisa mencapai 384 kbps.
  • Ada beberapa tarif yang dikenakan pada pengguna. Pengguna bisa memilih paket sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Paket layanan ini bisa dipilih berdasarkan kuota trafik internet yang diinginkan. Penagihan untuk pembayaran dilakukan setiap bulan. Apabila dalam satu bulan tersebut penggunaan internet melebihi kuota yang telah dipilih, maka harus membayar jumlah kelebihan tersebut sesuai dengan jumlah trafik.
  • Speedy memiliki karakteristik internet yang disesuaikan dengan realitas masyarakat pengguna internet, yakni masyarakt pengguna internet lebih banyak mendownoad data daripada mengupload. Oleh karena itu, speedy dengan mode transmisi yang bersifat asimetris karena berbasis tekhnologi ADSL, memiliki kecepatan download yang lebih tinggi daripada kecepatan upload.
Dari beberapa keunggulan-keunggulan tersebut, dapat sedikit dibuktikan mengenai kebenarannya dengan melakukan speedy test speed atau melakukan tes kecepatan speedy. Speedy test speed atau melakukan tes terhadap speedy mampu memberikan sedikit gambaran mengenai kualitas speedy, yakni misalnya dengan membandingkan hasil tes kecepatan dengan penyedia jasa layanan internet lainnya. Ada beberapa aplikasi atau situs yang bisa digunakan untuk melakukan tes pada koneksi internet, termasuk speedy.

Speedy test speed atau tes kecepatan speedy (internet) bisa digunakan untuk mengetahui dan sebagai bahan pertimbangan sebelum memakai layanan internet. Apakah jaringan yang akan dipakai tersebut memiliki kualitas koneksi yang baik atau tidak. salah satu cara untuk melakukan tes kecepatan internet (speedy), bisa dengan mengunjungi situs speedtest.net.

Cara Melakukan Tes Kecepatan Internet (Speedy)

Salah satu situs yang bisa dikunjungi untuk melakukan tes kecepatan adalah speedtes.net. Langkah pertama adalah membuka situs speedtest.net, kemudian tekan tombol begin test (mulai pengetesan). Secara otomatis situs speedtest.net, akan mencari host terdekat dari lokasi pemasangan jaringan internet, kemudian melakukan tes kecepatan internet. Apabila ingin melakukan tes di host yang berbeda, tinggal memilih host yang diinginkan. Di Indonesia terdapat beberapa host yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan.

Setelah menekan tombol begin test, segera akan berjalan tes kecepatan internet. Beberapa saat setelah itu hasil tes kecepatan akan langsung keluar. Hasil dari tes kecepatan tersebut akan ditampilkan menjadi tiga jenis, yakni download speed, upload speed dan ping. Kecepatan download dan upload dihitung dengan menggunakan satuan megabyte per-second (Mbps), sedangkan untuk ping menggunakan miliseconds (ms). Dengan melakukan tes terlebih dahulu terhadap kecepatan koneksi internet, maka para pengguna bisa memverifikasi kecepatan yang dijanjikan oleh penyedia layanan jasa internet, seperti speedy.

Tes kecepatan koneksi internet merupakan salah satu cara untuk mengetahui kualitas koneksi internet yang akan digunakan. Selain itu untuk mengetahui kualitas layanan internet, seperti speedy, secara keselurhan maka juga diperluakn tes ping. Sebab ping juga bisa mempengaruhi kualitas internet secara keseluruhan. Ping mampu menyediakan statistik paket yang gagal kirim dan harus dikirim ulang. Koneksi internet yang cepat juga akan terganggu apabila banyak paket yang gagal dikirimkan.

Situs Untuk Tes Kecepatan Internet


Speedtest.net hanyalah salah satu situs yang menyediakan jasa tes kecepatan internet.

Selain itu ada beberapa situs yang juga menyediakan jasa melakukan tes kecepatan internet. Berikut ini adalah beberapa situs yang bisa dikunjungi untuk mengetes kecepatan internet:

1. Speed.io
Situs ini bisa melakukan tes internet mulai dari koneksi internet yang memiliki kecepatan yang sangat lambat, misal GPRS dan ISDN. Speed.io akan melakukan tes terhadap kecepatan download, kestabilan koneksi internet, dan kecepatan waktu respon. Kemudian dilakukan penilaian, mulai hasil yang sangat baik (excellent) sampai yang paling buruk.

2. Pingtest.net
Melalui situs ini, bisa dilakukan tes kecepatan koneksi broadband, sehingga dapat dilihat kualitasnya. Pengetesan akan dilakukan dengan cara menjalankan beberapa layanan semacam video straming, VolP dan game online. Kriteria penilaian akan dilihat dari hasil koneksi internet dalam menghandle layanan tersebut, apabila koneksi internet yang digunakan bisa menghandle itu semua maka koneksi internet tersebut dikatakan memiliki kualitas yang baik dan begitupun sebaliknya.

3. Down Tester
Down tester merupakan aplikasi yang dimiliki windows untuk mengetes kecepatan internet dari beberapa lokasi yang berbeda di seluruh penjuru dunia. Namun tes kecepatan yang dilakukan tidak menyertakan tes kecepatan upload.

4. BandwidthPlace
BandwidthPlace merupakan salah satu cara yang paling sederhana untuk melakukan tes kecepatan internet. Untuk melakukan tes kecepatan internet dengan cara ini, tinggal mengunjungi situs resmi Bandwidth, kemudia meng-klik tombol start test. Hasil tes akan segera keluar yang ditampilkan dengan satuan kbps.

Selamat mencoba tes kecepatan Speedy.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a Comment for "Cara Tes Kecepatan (internet) Speedy"