Diet: Makan Larut Malam? Gak Masalah

Berolahraga sudah terbukti mampu menjaga vitalitas dan sistem metabolisme tubuh. Namun, adakalanya seseorang sering dihinggapi rasa malas ketika akan berolahraga, bahkan untuk sekadar berlari keliling lingkungan rumah. Ketika itu terjadi, salah satu cara alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga pola makan.Menjaga pola makan bisa kita sebut sebagai diet. Diet bukan hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih, tapi juga bagi siapa saja yang ingin menjaga asupan nutrisi dalam tubuhnya. Diet dapat diatur berdasarkan jenis makanan diet dan jadwal diet. Kedua hal tersebut memiliki peran penting untuk menunjang kesuksesan program diet Anda.

Pengertian Diet

Sejatinya diet bukanlah hanya berarti mengurangi porsi makanan yang masuk ke tubuh kita guna mendapatkan pengurangan berat badan. Semakin sedikit makanan yang masuk ke tubuh kita maka semakin sedikit kalori yang tersimpan.

Diet: Makan Larut Malam


Di saat kalori dari makanan yang baru kita makan tidak mencukupi untuk diubah menjadi energi guna melakukan aktivitas keseharian maka tubuh akan mencari simpanan kalori di bagian tubuh yang lain. Disinilah terjadi pembakaran kalori yang menumpuk di tubuh.

Dengan pembakaran kalori ini, pada tingkat tertentu akan ikut membakar lemak-lemak yang tertimbun dalam tubuh. Dengan ini lemak yang dulunya hanya ditimbun namun sekarang dibergunakan sehingga jumlsh timbunan lemak dapat dikurangi. Dengan pengurangan timbunan lemak inilah, diet dianggap sebagai cara yang jitu untuk menurunkan berat badan seseorang yang dirasa memiliki berat badan yang berlebih.

Selain sebagai salah satu sarana ampuh untuk mengurangi berat tubuh seseorang, diet juga dapat digunakan untuk pengaturan masuknya asupan nutrisi yang baik dan seimbang ke dalam tubuh.

Dengan program diet, jenis makanan yang masuk benar-benar diperhatikan asupan nutrisinya, apakah sudah mengandung asupan gizi yang lengkap? Apakah gizi yang terkandung dalam jenis makanan tersebut sesuai dengan  porsi yang dibutuhkan oleh tubuh? Hal-hal seperti inilah yang diatur dalam program diet.

Makanan diet hampir semuanya berasal dari alam, buah-buahan serta sayur-sayuran. Semuanya mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh tanpa harus menimbun lemak yang berlebih. Jenis makanan yang berlabel "makanan diet" tidak lantas membuatnya berbeda dengan jenis makanan lain. Pada dasarnya mereka sama saja. Memiliki asupan gizi yang seimbang.

Selain mengenai jenis makanan yang diatur dalam program diet, satu hal lagi yang masuk dalam pengaturan program diet adalah jadwal diet untuk makan. jadwal diet sama dengan jadwal makan biasanya terdiri dari tiga kali makan, makan pagi, makan siang, dan makan malam. Bisa juga diantara waktu makan disisipi dengan kegiatan ngemil. Ngemil dalam diet pun diatur dalam jenis makanan yang dikonsumsi saat diet.

Dalam satu kali makan misalnya makan pagi, benar-benar dilihat apakah jumlah dan ragam gizi yang terkandung dalam makanan tersebut mencukupi untuk tubuh melakukan aktivitas keseharian. Hal ini yang utama dilihat dari pengaturan jadwal diet.

Ketika Anda memutuskan untuk berdiet, selain makanan, Anda juga harus mematuhi jadwal diet. Jadwal diet berperan untuk mengatur semua asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Layaknya jadwal, jadwal diet pun mengatur tentang jam. Tentu saja yang diatur adalah jam atau waktu-waktu saat makanan itu "diperbolehkan" masuk dalam tubuh kita.

Bila dilihat secara sekilas, sepertinya tidak ada hubungan antara jadwal makan dengan pola makan yang benar. Hal itu sama sekali tidak benar. Ternyata jadwal makan cukup erat kaitannya dengan pola makan yang benar.

Jadwal Diet: Makan Malam

Anda pasti pernah mendengar larangan untuk tidak makan malam terlalu malam. Bagi sebagian wanita, makan malam merupakan hal yang sama sekali harus dihindari. Makan malam dipercaya dapat menimbun lemak yang terkandung pada makanan dalam tubuh.

Mereka beranggapan, makanan yang masuk nantinya hanya akan tertimbun, karena pada malam hari manusia cenderung tidak melakukan kegiatan apapun.

Begitu juga dengan yang harus dilakukan dalam diet. Para wanita dengan pemaham seperti di atas benar-benar menghilangkan jadwal diet untuk makan malam. Kalau pun ada makan malam maka jenis makanan yang diambil adalah makanan-makanan yang ringan yang tak akan membenani tubuh dengan timbunan kalori atau pun lemak.

Dengan sedikit sekali porsi makanan yang didapat saat makan malam maka akan membuat tubuh lebih bisa untuk mengurangi timbunan lemak dan aklori dalam tubuh yang menyebabkan berkurangnya berat badan yang Anda miliki.

Pemahaman seperti itu sudah seharusnya dihilangkan, karena kini banyak penelitian para ahli yang mengatakan bahwa makan malam sama sekali tidak akan membuat tubuh wanita menjadi lebih langsing secara drastis.

Makan malam tidak akan mengganggu jadwal diet yang sudah Anda susun, tapi makan malam justru dapat menjaga kestabilan berat badan Anda, apalagi bila Anda makan malam bersama keluarga. Jadi mulai sekarang jangan hapus jadwal makan malam Anda dari jadwal diet!

Jadwal diet tidak harus menghapuskan makan malam dari agenda pemenuhan gizi Anda. Kebutuhan kalori untuk setiap manusia pastilah berbeda. Sebagian besar, para wanita dewasa membutuhkan asupan kalori sebanyak 1500 kalori.

Untuk jumlah kalori sebanyak itu, Anda bisa membaginya dalam tiga kali waktu makan. Pagi sebanyak 500 kalori, makan siang asupan kalori diusahakan sebanyak 600 kalori, dan sisanya bisa Anda pergunakan untuk "jatah" makan malam.

Jatah kalori untuk makan malam memang cenderung lebih rendah, karena metabolisme tubuh manusia pada malam hari akan berbeda dengan metabolisme tubuh manusia pada saat siang hari. Kalori yang berlebih pada saat makan malam juga tidak terlalu baik untuk kesehatan.

Jadi, yang harus Anda lakukan adalah mengontrol asupan kalori makanan pada malam hari dan jangan menghilangkan jadwal makan malam Anda sama sekali.

Makan malam sebaiknya dilakukan antara jam 6 hingga 7 malam. Jarak antara makan malam dengan jadwal tidur harus disesuaikan. Jangan biarkan perut Anda masih terisi penuh dengan makanan sementara satu atau dua jam lagi Anda sudah harus tidur.

Tubuh yang semestinya diistirahatkan, mendadak harus bekerja memproses semua makanan yang masuk dalam tubuh, dan hal inilah yang  dapat membuat kacau sistem metabolisme tubuh di malam hari.

Dari penjelasan di atas dapatlah kita peroleh gambaran bahwa adalah hal yang diperbolehkan untuk memasukkan makan malam pada jadwal diet Anda. Makan malam tidak akan merusak program diet yang telah Anda rancang dan Anda jalankan. Namun makan malam justru akan membantu berjalannya program diet dengan lebih baik lagi jika dilakukan dengan sesuai, benar dan tepat.

Pengaturan jadwal diet untuk makan malam yang sesuai dapat dilakukan dengan memilih jenis makanan yang tepat dengan porsi yang tepat pula. Perlu diingat, walaupun pada malam hari tubuh tidak melakukan banyak aktivitas namun tubuh tetap perlu mendapatkan asupan makanan yang cukup.

Selain jenis makanan, makan malam juga harus diatur dalam jadwal diet mengenai waktunya. Pengaturan ini dapat dilakukan dengan mengatur jadwal makan malam untuk dapat dilakukan beberapa jam sebelum kita tidur. Hindarkan untuk membuat perut masih terisi penuh ketika berangkat tidur.

Dengan penjelasan di atas maka benar-benar harus dihapus anggapan tidak boleh makan malam saat menjalankan program diet. Berikut beberapa jenis makanan untuk setiap jadwal makan:

Makan pagi: satu atau dua buah pisang, secangkir teh hijau dengan satu sendok makan gula manis dan dua buah telor yang digoreng dengan minyak zaitu.

Makan siang: sepiring nasi, satu potong daging sapi dan sebuah apel.

Makan malam: semangkok penuh sayuran misalnya brokoli yang dibuat sup, ikan laut jenis apa pun dan satu potong buah pepaya yang diberi perasan jeruk nipis.

Terlihat dari satu contoh makanan diet di atas, makan malam tetap dilakukan. Hanya porsinya saja yang diatur sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Jadi dapatlah kita mabil kesimpulan bahwa makan malam tetaplah dapat dimasukkan dalam jadwal diet kita. Hanya saja dalam pelaksanaannya dibutuhkan pengaturan tentang jenis makanan dan jumlah atau porsinya. Waktu pelaksanaan makan malam juga harus benar-benar diperhatikan agar tidak membuat perut masih terisi penuh makanan saat berangkat tidur.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a Comment for "Diet: Makan Larut Malam? Gak Masalah"