Diet Sehat Menurunkan Berat Badan Itu Gampang

Diet sehat menurunkan berat badan merupakan cara yang biasa ditempuh bagi mereka yang memiliki kelebihan berat badan, akan tetapi ingin mengurangi beban berat badannya tersebut dengan cara diet yang sehat. Ini memang tidak mudah karena kita yang biasa makan apa saja, menjadi dibatasi. Apalagi jika rasa lapar yang menyerang kita itu sangat cepat datang.

Diet Sehat


Maka diet adalah cara yang sangat ‘menyiksa’ dan terkadang bukannya malah membawa hasil signifikan, akan tetapi membuat si pelaku diet sehat menurunkan berat badan menjadi drop dan sakit. Inilah yang menjadikan kenapa diet sehat menurunkan berat badan sangat penting diperhatikan, karena memang beragam alasan.

Yang jelas, simpul benang merah pada masalah diet sehat menurunkan berat badan ini tak lain tak bukan adalah, bagaimana menjadikan si gemuk menjadi lebih kurus akan tetapi tidak berimbas pada kesehatannya. Buat apa badan kurus dan ramping akan tetapi menyimpang banyak penyakit. Tentu lebih baik gemuk asalkan sehat.

Namun, yang lebih baik lagi adalah berbadan ramping dan juga sehat. Inilah idaman inti dari program diet sehat menurunkan berat badan. Nah, tulisan ini akan sedikit banyak mengupas tentang apa saja dan bagaimana seputar diet sehat menurunkan berat badan. Sebelum membahas lebih jauh perihal diet sehat menurunkan berat badan, kita kembali ke belakang pada satu permasalahan yang sudah lumrah di tengah-tengah masyarakat; gemuk.

Kata gemuk sejatinya tidak terlalau menjadi persoalan, bahkan beberapa orang yang berbadan kurus mendambakannya. Akan tetapi, jika kata ‘gemuk’ ditambahkan awalan dan akhiran ‘ke’ dan ‘an’ maka ‘kegemukan’. Inilah sejatinya yang menjadi masalah di tengah masyarakat, sementara masalah ini oleh dunia medis disebut dengan obesitas.

Boleh jadi orang mengidap obesitas merasa tidak merasakan apa yang dikira orang lain, seperti tidak pede, sulit bergerak, diledek dan lain-lain, akan tetapi dari sisi kesehatan, dia tetap terancam berbagai penyakit. Inilah yang menjadi masalah inti.

Bukan pada masalah rasa percaya diri atau psikis, tapi masalah kesehatan karena fakta menyebutkan bahwa orang yang mengidap obesitas lebih mudah terkena berbagai penyakit berkelas semisal serangan jantung, stroke, darah tinggi, dan lain-lain. Inilah yang kemudian menjadi sebab disebut-sebutnya orang yang mengalami obesitas lebih cepat meninggal dibanding mereka yang tidak mengalaminya.

Maka diet sehat menurunkan berat badan adalah salah satu upaya yang bisa ditempuh guna menghindari dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Jangan sampai makanan yang kita sukai, masuk tidak terkontrol, dan membunuh kita dari dalam.

Kegemukan dan Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Selanjutnya, pada posisi lain, suka atau tidak suka, sepakat atau tidak sepakat, mereka yang memiliki berat badan lebih, setiap hari mendapatkan ‘serangan’ yang bertubi-tubi. Jika hanya sebatas satu atau dua orang saja yang mencibir, mungkin itu tidak akan terlalu berimbas pada aspek psikis. Namun perhatikanlah, warga dunia telah dihasut agar tidak menjadikan badannya gemuk karena gemuk itu tidak seksi, jelek, merepotkan orang, dan lain sebagainya.

Hal ini jelas-jelas terbukti. Lihat saja bagaimana iklan-iklan produk yang menawarkan bodi ramping dan seksi sangatlah marak, dan yang tragis adalah selalu saja iklan tersebut menyodorkan yang gemuk yang tersiksa. Ini sudah ada di kepala masyarakat dunia, maka jelas ini adalah masalah lain yang juga harus disikapi. Tetapi, problematika kesehatan mereka yang obesitas, seharusnya lebih dikedepankan dari pada persoalan ejekan dan hinaan karena memiliki badan gendut.

Alangkah lebih bijaknya jika media-media baik elektronik maupun cetak membantu memberikan sosialisasi kesehatan terkait dengan program diet sehat menurunkan berat badan. Atau apa sajalah, semisal olahraga-olahraga yang sangat fun bagi mereka yang mengidap obesitas.

Walau bagaimana pun juga, mereka yang mengalami kegemukan tidak pernah sudi jika hidup mereka dihinakan. Mengenai diet sehat menurunkan berat badan, sejatinya harus dipahami betul karena selama ini diet hanya dipahami sebagai sebuah usaha mengendalikan makanan yang masuk ke dalam perut kita. Ini tentu salah.

Makan tetap saja seperti biasa, hanya saja pengaturan porsi dan menu makanannya yang diatur supaya seimbang. Pasalnya, berniat mengendalikan makan, yang terjadi malah lupa makan dan menjadikan badan drop. Ini yang perlu harus diluruskan bersama-sama. Nah, berikut ini akan dipaparkan mengenai diet sehat menurunkan berat badan yang bisa menjadi panduan Anda yang memilik bobot badan lebih.

Diet sehat menurunkan berat badan ini sangat mudah dilakukan karena pada dasarnya tidak menghilangkan kebiasaan makan Anda, hanya saja memasang rambu-rambu yang harus Anda taati sendiri. Jika tidak, bisa dipastikan program diet sehat menurunkan berat badan yang sedang Anda jalani gagal. Maka yang pertama harus ditanamkan adalah niat kita melakukan diet sehat menurunkan berat badan.

Semakin besar dan kuat tekad dan niat kita, maka semakin patuh kita menjalaninya. Sederhananya, tanamkan di benak kita bahwa dengan diet sehat menurunkan berat badan, hidup kita akan lebih panjang. Lebih banyak hal yang bisa dilakukan bagi orang-orang yang kita cintai. Masih banyak cita-cita kita yang belum tercapai, dan hal-hal positif yang sifatnya memberi motivasi pada kita agar mau melakukan diet sehat menurunkan berat badan dengan benar demi masa depan kita. 

Pola Makan Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Selanjutnya, mulailah mengatur menu makanan dan asupan yang masuk ke dalam perut kita. Mulai dari sarapan hingga makan malam. Sarapan biasanya dianggap salah satu yang bisa menggemukkan badan karena pagi-pagi sudah mengisi perut dengan asupan, sementara energi yang dipakai tidak ada. Ini tentu salah, sarapan itu baik untuk diet sehat menurunkan berat badan karena sarapan adalah bekal kita menjalani aktivitas siang nanti.

Hanya saja dalam diet sehat menurunkan berat badan ini perlu diperhatikan menu sarapannya. Jika Anda terbiasa mengonsumsi nasi saat sarapan, alangkah lebih bijaknya mengganti dengan makanan yang memilik kadar serat tinggi semisal roti gandum dan ditemani dengan minum air jeruk. Jika Anda suka menikmati teh, mulailah berganti dengan mengonsumsi teh hijau yang jelas-jelas terbukti bisa membakar kalori dalam tubuh lebih cepat, yakni sebanyak 70 kali dalam sehari.

Sementara bagi Anda yang sedang sibuk menjalankan diet sehat menurunkan berat badan akan tetapi sangat menyukai minum susu, sudah saatnya Anda tidak memilih susu yang sifatnya fullcream karena ini bisa menganggu program diet sehat menurunkan berat badan Anda. Lebih bijak jika Anda memilih minuman susu yang rendah lemak yang bisa didapat di toko-toko. 

Selama menanti makan siang, ada baiknya Anda memperbanyak meminum air putih karena sejatinya air putih sangatlah bermanfaat, terutama memberikan rasa kenyang atau mengurangi rasa lapar. Adalah yang biasa terjadi dalam menjalani diet sehat menurunkan berat badan, rasa haus kerap kali disalahpahami sebagai rasa lapar. Maka bukannya minum, si pelaku diet sehat menurunkan berat badan ini malah memilih makan karena beralaskan kelaparan, padahal sejatinya dia hanya kehausan saja.

Lantas bagaimana cara membedakan antara haus dan lapar? Jawabannya sederhana saja. Anda minum secukupnya, lalu biarkan selama sekitar 10 menit. Jika Anda tidak merasakan lapar, itu berarti Anda memang hanya kehausan. Akan tetapi, jika masih lapar, yang memang Anda sedang kelaparan.

Akan tetapi, tes ini perlu dilakukan selama Anda menjalani diet sehat menurunkan berat badan. Makan secara perlahan-lahan juga bisa membuat program diet sehat menurunkan berat badan berhasil, karena semakin kita pelan mengunyah makan metobolisme dalam tubuh semakin baik dan perut akan lebih cepat terasa kenyang.

Selain itu, jika saat makan Anda terbiasa makan menggunakan piring yang besar, cobalah menggunakan pring yang lebih kecil ukurannya, karena kebiasaan kita adalah selalu menyantap apa saja yang ada di piring tak peduli pada jumlah kalori di dalamnya. Selanjutnya, yang sudah menjadi rahasia umum bagi pelaku diet sehat menurunkan berat badan adalah berusahalah untuk membatasi asupan karbohidrat dalam tubuh, terkecuali jika memang Anda memiliki aktivitas fisik yang sangat besar dan membutuhkan energi banyak.

Untuk makan siang, usahakan diawali dengan meminum air putih terlebih dahulu agar kita tidak terlalu lahap. Selain itu, setelah selesai makan, alangkah lebih baik melakukan aktivitas fisik semisal mencuci piring atau sekedar berjalan-jalan. Sementara, makan malam juga tetap harus dilakukan, hanya saja tetap memakai kaidah yang biasa. Hindari makanan berlemak tinggi serta makan terlalu malam. Mudah bukan untuk menjalani diet sehat menurunkan berat badan?
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a Comment for "Diet Sehat Menurunkan Berat Badan Itu Gampang"