Mengetahui Cara Diet Terbaik

Banyak orang yang bermasalah dengan berat badan. Dari yang benar-benar kelebihan sampai yang hanya merasa kelebihan berat badan. Banyak dari mereka yang akhirnya melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Ada yang dengan olahraga, diet, bahkan sampai operasi. Tentu semuanya ada kelebihan dan kekurangan. Berikut ini coba kita tengok bagaimana salah satu cara diet terbaik.

Diet Terbaik


Bagi orang yang kelebihan berat badan dan ingin menurunkannya, tentu ingin melakukan diet. Namun, seringkali diet tertunda karena masalah niat. Selain itu, banyak juga yang mempersepsikan diet dengan cara yang salah. Diet tidak sama dengan tidak makan sama sekali. Diet yang sehat tentu harus memerhatikan kesehatan. Jangan sampai berat badan turun, namun diiringi dengan gangguan pada kesehatan.

Jika ingin melakukan diet yang sehat, maka harus banyak mencari info. Info diet yang cocok dengan kita tentu akan lebih menyenangkan untuk dijalani. Turun beberapa kilogram, namun tetap sehat dan energik, tentu menjadi tujuan dalam setiap diet. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan saat kita melakukan diet.

1. Ubah gaya hidup, bukan sekadar diet

Jika setelah diet Anda tetap melakukan pola makan yang salah, sehingga melar lagi, maka diet akan percuma. Jadi setelah berat badan turun, hal yang dilakukan adalah menjaga agar tidak melar lagi. Caranya adalah tetap menjaga gaya hidup dan pola makan ketika melakukan diet. Jadi diet tidak hanya berlangsung sementara, namun juga permanen. Karena itu, ubahlah gaya hidup dan pikiran Anda dengan pola yang sehat. Tentu memiliki berat badan ideal dalam waktu yang lama adalah sesuatu yang kita inginkan.

2. Hati-hati dengan gula murni

Makanan yang memiliki kandungan gula murni memegang peranan yang besar dalam menggemukkan badan Anda. Jadi, sebaiknya kurangi pemakaian gula. Selain baik untuk menjaga berat badan, mengurangi gula juga berguna untuk mengurangi potensi terkena diabetes. Makanan seperti cokelat memang menjadi godaan yang menggiurkan, terutama bagi wanita.

Namun ingat, godaan ini memiliki konsekuensi dalam memelarkan badan Anda. Selain makanan yang Anda ketahui mengandung gula, selalu periksa kandungan makanan lain. Siapa tahu, terkandung zat yang bisa menggemukkan badan Anda.

3. Lemak tidak selalu buruk

Tidak semua lemak itu buruk bagi tubuh Anda. Lemak tetap dibutuhkan dalam tubuh Anda agar tetap sehat. Hal yang harus dihindari adalah lemak jenuh yang mengandung kolesterol buruk. Lemak tak jenuh yang mengandung kolesterol baik tetap penting bagi tubuh Anda. Lemak tak jenuh ini bisa kita temukan dalam beberapa makanan seperti minyak ikan, minyak zaitun, kacang-kacangan, dan lain-lain. Namun tentu jangan berlebihan dalam mengonsumsi lemak tak jenuh. Sesuatu yang pas selalu lebih baik daripada yang berlebihan.

4. Ingat untuk sarapan pagi

Makan pagi ternyata berguna dalam diet. Jadi, diet tidak identik dengan tidak makan, bukan? Sarapan pagi akan menjaga metabolisme tubuh bekerja dengan baik sepanjang hari. Jika tidak makan pagi, tubuh akan cepat kelaparan dan metabolisme bisa menurun kinerjanya.

5. Makan secara teratur

Makan dengan pola yang teratur sangat dianjurkan dalam diet. Pola makan yang konsisten akan menjaga kadar gula dalam darah. Contoh pola yang bisa dipakai adalah makan tiga kali sehari dengan menu yang seimbang dan makan snack sehat yang dilakukan di antara ketiga makan itu. Hal ini menjaga agar pola makan Anda menjadi terkontrol. Snack yang dianjurkan bisa berupa buah-buahan atau sayuran.

6. Perhatikan apa yang Anda makan

Makanan seperti ikan dan sayuran memang sehat dan bisa membantu diet Anda. Namun, pelengkapnya seperti mentega, minyak berlebihan, mayonnaise, dan makanan penutup bisa merusak semuanya. Ingat untuk mengontrol kadar lemak jenuh dan kadar gula dalam tubuh Anda. Karena itu, kenalilah kandungan dari makanan yang akan Anda telan.

7. Selalu menyediakan snack sehat di rumah

Snack sehat seperti buah dan sayuran lebih baik daripada keripik dan kue-kue. Wortel, tomat, timun, dan buah lainnya memang tidak enak bagi beberapa orang. Tapi ingat bahwa kegemukan juga tidaklah menyenangkan! Jika ingin variasi, Anda bisa juga mengemil almond, keju cottage, yogurt, atau sup. Namun, buah-buahan sepertinya cukup memenuhi selera dan kebiasaan mengemil Anda.

8. Buat rencana saat makan di luar

Tentu ada saat kita dipaksa kawan-kawan atau keluarga ke tempat makan junk food yang buruk bagi diet Anda. Anda harus cermat dalam memilih menu yang cocok bagi diet Anda. Sebaiknya, jangan terlalu sering mengunjungi tempat makan semacam ini.

9. Makan dengan porsi kecil, namun gizi cukup

Usahakan untuk menakar porsi makan yang kecil setiap makan. Namun, tetap usahakan porsi yang kecil itu telah memenuhi kandungan gizi dalam tubuh. Kandungan gizi yang cukup tentu penting agar kinerja sehari-hari tidak terganggu. Tolong rasa lapar dengan banyak minum air putih, namun bukan soft drink, apalagi minuman beralkohol.

10. Jangan makan terlalu malam

Jangan makan terlalu malam. Batasi makan paling malam pada pukul delapan. Saat tidur, Anda akan membakar lebih sedikit kalori. Karena itu, makanan yang tidak tercerna akan tertumpuk dan menggemukkan Anda.

11. Banyak minum air putih

Air putih bisa menolong Anda dari rasa lapar. Takaran cukup memang bermacam-macam, namun usahakan minimal delapan gelas air setiap hari. Air yang cukup akan melancarkan metabolisme Anda. Minumlah air yang banyak sebelum Anda makan besar atau makan snack. Jika ingin variasi, bisa tambahkan sari lemon, sari jeruk nipis, atau mungkin teh herbal.

12. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup tertantu membantu diet Anda. Tidak cukupnya waktu tidur bisa juga berpengaruh dalam berat badan. Kurang tidur bisa meningkatkan rasa lapar Anda. Periksa waktu tidur Anda. Orang dewasa umumnya membutuhkan tujuh samapi delapan jam tidur dalam sehari.

13. Makan dengan emosi

Seringkali, kita makan bukan karena kita lapar. Usahakan kita makan hanya karena kita lapar dan membutuhkan. Jangan makan karena Anda sedang bosan, sedih, atau marah. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap berat badan Anda.

14. Catat progres diet Anda

Selalu catat dan periksa bagaimana program diet Anda berjalan. Koreksi apakah ada pelanggaran atau tidak. Usahakan untuk setia dengan program diet yang telah direncanakan. Memang diet tidak bisa jalan tanpa niat yang kuat.

15. Minta dukungan dari orang sekitar

Diet bukanlah hal yang mudah. Apalagi dengan mengubah pola makan yang sudah nyaman sebelumnya. Karena itu, dukungan dari orang sekitar sangat diperlukan. Paling tidak, mereka tahu Anda sedang melakukan diet. Jangan sampai Anda malah tergoda untuk melanggar aturan diet yang telah dibuat.

16. Jangan mudah menyerah

Kadangkala bukan turun, berat badan malah naik karena beberapa faktor dalam diet Anda. Tetaplah optimis dan pikirkan nyamannya ketika berat badan telah turun. Selalu ingatkan diri Anda sendiri tentang tujuan dari diet. Halangan yang ada, sifatnya hanyalah sementara.

17. Lakukan olahraga secara teratur

Olahraga penting tidak hanya dalam diet, namun bagi tubuh Anda secara keseluruhan. Sendi-sendi tubuh perlu digerakkan secara teratur agar tidak kaku. Selain itu, olahraga teratur bisa membentuk tubuh Anda menjadi lebih indah. Jalan kaki, senam, fitnes, angkat berat, lari, adalah beberapa olahraga yang bisa dilakukan setiap hari. Usahakan untuk melakukan olahraga minimal lima belas menit setiap harinya.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a Comment for "Mengetahui Cara Diet Terbaik"