Mengintip Bagian Dalam CPU

CPU atau central processor unit sering pula di sebut “mikroprosesor” atau cukup dengan nama pendeknya, yakni “prosesor”. Kerap kali CPU kita ibaratkan sebagai otak dari seperangkat sistem komputer. Di sanalah tempat pemprosesan instruksi-instruksi program berlangsung.

CPU


Sebenarnya, bagian dalam CPU atau perangkat pengolah ini hanya terdiri dari tiga unit (komponen) utama, yaitu unit kendali, unit aritmatika dan logika dan unit register. Ketiga unit inilah yang akan bersinergi dalam menjalankan segala macam operasi komputer. Baiklah, mari mulai membahasnya satu persatu…

1. Unit Kendali (Control Unit / CU)

Unit kendali merupakan bagian dalam CPU yang mengendalikan arus perjalanan data. Lebih sederhananya, jika seabrek data kita andaikan sebagai kendaraan yang berjubel di jalan raya, maka unit kendali lebih kurang dapat kita anggap sebagai polisi pengatur lalu lintasnya.

Secara rinci, berikut daftar tugas dari unit pengendali (Control Unit):
  1. Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan out put
  2. Mengambil instruksi-instruksi dari main memory (Memoti Utama)
  3. Mengambil data yang akan diproses dari main memory
  4. Mengirmkan instruksi ke unit aritmatika dan logika apabila terdapat perhitungan aritmatika ataupun perbandingan logika
  5. Menyimpan hasil pemprosesan data ke main memory kembali

2. Unit Aritmatika dan Logika (Aritmatic and Logic Unit - ALU)

Unit aritmatika dan Logika ini adalah bagian dalam CPU yang terbatas untuk mengatasi data-data yang memerlukan perhitungan aritmatika dan matematika. Tentu saja, data yang masuk ke dalam unit ini telah disortir lebih dahulu oleh Si Pengendali, control unit.

Di antara pekerjaan Unit Aritmatika dan Logika tersebut adalah:
  • Addition, penjumlahan
  • Subtrac, pengurangan
  • Multiply, perkalian
  • Division, Pembagian

3. Komponen Register atau Memory (Storage)

Di sinilah tempat penyimpanan sementara untuk berbagai data yang akan diproses oleh komputer. Karena fungsi bagian dalam CPU ini sebagai penyimpan sementara, komponen register ini sering pula disebut sebagai simpanan yang berukuran kecil. Dengan kata lain, komponen ini membantu hubungan (interface) dari dan ke memori, bukan sebagai tempat penyimpanan akhir atau external storage.

Komponen Register atau Memory (Storage) dibagi ke dalam empat area, yaitu:
  1. Input Storage Area adalah suatu area atau tempat yang menjadi penerima dan penampung data-data dari input device seperti halnya key board dan scanner.
  2. Program Storage Area adalah suatu area atau tempat yang didiami oleh suatu instruksi program selama proses dari program yang dijalankan tersebut tengah berlangsung.
  3. Working Storage Area adalah suatu area atau tempat untuk menyimpan berbagai data yang sedang dalam pemprosesan.
  4. Out Put Storage Area adalah suatu area atau tempat yang digunakan untuk menerima dan menampung data yang sudah diproses dari working storage area, yang untuk selanjutnya, data tersebut di kirim ke out put divice.

Di sisi lain, apabila kita menengok macam-macam memory atau storage itu sendiri kita akan menemukan bahwa memory atau storage tersebut digolongkan menjadi tiga macam storage, yaitu pertama, internal storage atau main storage atau primary storage adalah tempat penyimpanan sementara bagi data input, data program data out put.

Storage kedua adalah auxiliary storage yang berfungsi untuk membantu internal storage selama terjadi pemprosesan data. Terakhir adalah  externa storage. External storage merupakan tempat penyimpanan yang dapat menyimpan data dalam jangka watu yang relatif lebih lama.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a Comment for "Mengintip Bagian Dalam CPU"