Tips Mengurangi Berat Badan Tanpa Rasa Lapar

Sebagian dari kita pernah mencoba mempraktekkan tips mengurangi berat badan. Memiliki berat badan yang berlebih dari keadaan normal dapat berdampak negatif pada aktivitas dan peforma kita sehari-hari. Dengan badan yang berat atau gemuk, seseorang akan terhambat untuk bergerak cepat dan aktif misalnya seperti berlari atau melompat. Selain hal tersebut, berat badan berlebih juga berarti kita mengundang berbagai penyakit kronis muncul dalam tubuh kita.

Tips Mengurangi Berat Badan


Mengurangi berat badan bisa dikatakan gampang-gampang susah, karena pada prakteknya secara riil banyak yang berhasil dan juga tidak sedikit yang gagal dan berputus asa. Sebaiknya kita mencari tips mengurangi berat badan yang sesuai dengan rutinitas kita sehari-hari. Ini ditujukan agar langkah-langkah diet yang disarankan oleh pakar kesehatan atau para penulis tidak hanya ada dalam angan-angan kita, tetapi dapat kita laksanakan dengan sempurna sehingga hasil maksimal yang kita peroleh di hari akhir program diet.

Tips Mengurangi Berat Badan: Diet Golongan Darah

Dan mungkin juga ada yang pernah melakukan tips mengurangi berat badan dengan program yang diet ketat agar berat badan turun secepatnya. Bahkan saking ketatnya, sampai meninggalkan nasi dan menggantinya dengan sayur dan buah. Lebih parah lagi, makan sehari cuma satu kali, porsinya pun sedikit. Beberapa orang yang melakukan diet semacam ini mengalami penurunan berat badan secara signifikan selama beberapa waktu, namun kemudian berat badan mereka naik secara drastis. Mengapa? Karena cara diet mereka tidak realistis. Mereka tidak mendengarkan apa yang diperlukan tubuh mereka. Akibatnya, selain tidak bahagia, pelaku diet ini juga merasa frustasi karena gagal memenuhi target berat badan ideal.

Tips mengurangi berat badan yang baik yakni langkah-langkah mengurangi berat badan dengan cara yang mudah dan dapat dilaksanakan secara terus menerus oleh pelaksananya. Alangkah baiknya jika kita dapat menentukan program tips mengurangi berat badan yang tidak memberatkan. Misalnya kita dapat menelusurinya di berbagai media informasi yang saat ini tersedia dengan mudah semisal internet atau buku kesehatan yang berisi tentang tips mengurangi berat badan. Setelah kita mendapatkan informasi tersebut, tugas selanjutnya adalah memahami program diet yang ada di dalam buku kesehatan itu. Kemudian laksanakan program diet yang dianjurkan sesuai dengan kadar kemampuan fisik, hal ini penting karena ada sebagian orang yang memaksakan dirinya untuk berdiet dengan ketat tetapi hasil yang buruk yang ia dapatkan. Terlalu memaksakan diri untuk menahan rasa lapar tidak baik bagi kesehatan organ dalam tubuh kita seperti jaringan pencernaan. Di samping itu asupan gizi yang memadai sangat diperlukan untuk aktivitas kita sehari hari seperti belajar dan bekerja.

Jika Anda tidak menemukan program diet yang tidak cocok karena terlalu membebani, Anda dapat mencoba mempraktekkan tips mengurangi berat badan yang baru ditemukan oleh seorang peneliti yakni Dr. Peter J. Ada sebuah metode yang ampuh untuk menurunkan berat badan tanpa membuat Anda merasa kelaparan dan tersiksa. Diet ini diperkenalkan oleh Dr. Peter J. D’Adamo, seorang pakar naturopati terpandang dan peneliti bertaraf internasional, dalam buku yang berjudul Diet Golongan Darah. Ide ini pula yang menjawab segala macam paradoks di dunia kesehatan. Misalnya, mengapa beberapa orang yang mengidap penyakit kanker bisa disembuhkan dengan mengonsumsi buah merah, tetapi yang lainnya tidak.

Tips Mengurangi Berat Badan Tanpa Rasa Lapar

Rahasia tips mengurangi berat badan ini terletak pada golongan darah mereka. Golongan darah mereaksi makanan atau obat-obatan dengan cara yang berbeda. Sebagai contoh, bagi golongan darah B mengonsumsi daging merah lebih baik dibanding daging ayam. Sementara itu, hal sebaliknya berlaku untuk golongan darah O.

Berikut beberapa tips mengurangi berat badan dengan menggunakan diet golongan darah:

1. Kenali Golongan Darah Anda
Bagaimana cara mengetahui golongan darah kita? Caranya sangat mudah yaitu dengan mendatangi dokter atau rumah sakit terdekat untuk melalui tes pemeriksaan golongan darah. Bagi yang belum pernah mendonorkan darah di PMI dapat segera ke kantor PMI terdekat, mintalah pemeriksaan golongan darah sekaligus tes untuk mengetahui layak atau tidak sebagai pendonor darah. Singkatnya tes golongan darah di Palang Merah Indonesia tidak akan mengurangi ketebalan dompet kita alias gratis! Lakukan langkah pertama dari tips mengurangi berat badan ini sesegera mungkin agar kita dapat secepatnya mengaplikasikan tips diet tanpa rasa lapar ini.

2. Pilihlah Makanan Sesuai Golongan Darah Masing-masing

Daging dan Unggas
Bagi golongan AB dan B, daging kambing dan kelinci bereaksi dengan baik terhadap tubuh sehingga pemilik golongan darah ini tidak perlu khawatir memakannya saat diet. Bahkan, daging-daging tersebut bertindak sebagai obat (sangat bermanfaat).
Namun, daging ayam sebaiknya dihindari karena mengandung lektin yang dapat menggumpalkan golongan darah B dan mengganggu sistem pencernaan golongan darah AB.

Hal sebaliknya justru terjadi pada golongan darah O. Daging ayam justru memberi manfaat tersendiri bagi golongan darah ini. Tidak seperti anggapan orang umumnya, diet golongan darah membolehkan Anda mengonsumsi makanan unggas/daging/ayam selama tidak bereaksi negatif terhadap golongan darah Anda.

Makanan Hasil Laut
Makanan hasil laut seperti ikan makarel, salem, sardine, sangat bermanfaat bagi golongan darah B dan AB. Namun, hindari makanan seperti kepiting, udang, siput, belut karena bereaksi seperti racun dalam tubuh Anda.

Telur dan Produk Susu
Golongan darah B dapat menikmati hampir semua produk susu. Jadi, jika golongan darah Anda B, jangan khawatir meminum susu seperti susu sapi, kambing, dan keju cottage karena justru makanan tersebut bermanfaat bagi tubuh Anda.
Untuk golongan darah AB, produk susu terbaik yang dapat dikonsumsi justru yang difermentasi. Alasannya karena mudah dicerna golongan darah ini, begitu juga dengan susu kambing. Namun, tidak berlaku untuk susu sapi yang justru berefek negatif bagi golongan darah ini.

Minyak
Minyak zaitun bereaksi positif pada golongan darah B begitu pula dengan AB. Sementara itu, minyak wijen, jagung, kelapa, dan bunga matahari bereaksi negatif terhadap golongan darah ini.

Minuman
Bagi golongan darah B, teh hijau sangat baik dikonsumsi dan minuman bersoda sebaiknya dihindari. Sementara untuk kopi, sifatnya netral.

Tips Mengurangi Berat Badan Dengan Pola Hidup Sehat

Banyak sekali manfaat yang dapat dipetik dari diet golongan darah. Disamping efektif menurunkan berat badan, efektif dalam menyembuhkan berbagai penyakit berat seperti diabetes, kanker, jantung, dan lain-lain. Tips mengurangi berat badan ini akan semakin ampuh jika kita memadukannya dengan program membentuk pola hidup sehat.

Pola hidup sehat dapat dibentuk dengan 2 kebiasaan yakni pola makan dan kebiasaan aktivitas sehari-hari. Pola makan yang sehat dapat diraih dengan menyeleksi makanan yang masuk dalam tubuh kita. Menghindari makanan yang terindikasi banyak mengandung zat yang berbahaya dapat menjauhkan kita dari penyakit atau efek negatif yang akan muncul setelah memakannya. Selain puasa dari zat-zat yang berbahaya, mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol dan lemak sangat baik dalam menunjang keberhasilan program diet kita.

Kuantitas makanan yang masuk dalam tubuh juga harus dikontrol dengan baik, caranya dengan mengatur porsi makan kita sewaktu pagi, siang dan pada malam hari. Untuk makan di waktu pagi dan siang jangan terlalu mengerem porsi makanan, jika kita bekerja di hari itu pastikan makanan yang kita makan tidak terlalu sedikit agar diet tidak mengganggu produktivitas kerja. Mengurangi porsi makanan adalah yang paling baik ketika makan malam, karena umumnya seseorang akan tidur malam 2 atau 3 jam setelah menyantap menu makan malam. Tidur setelah makan akan sangat buruk bagi program diet dan kesehatan kita, karena sewaktu tidur gizi yang diolah oleh tubuh kita tidak digunakan untuk aktivitas sehingga dialihkan menjadi lemak atau daging oleh tubuh kita.

Anda yang ingin berdiet dan sering menemui kegagalan sudah saatnya mencoba tips mengurangi berat badan ini. Selamat mencoba!
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a Comment for "Tips Mengurangi Berat Badan Tanpa Rasa Lapar"