Modem Berkualitas untuk Anda

Anda sedang mencari modem bagus dan murah? Tentunya Anda harus mengerti apa yang dimaksud dengan modem terlebih dahulu. Modem adalah salah satu benda yang saat ini sudah hampir menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat, apalagi untuk orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi. Kkehadiran benda kecil tersebut kini menjadi suatu hal yang cukup vital. Modem sendiri yang disingkat dari modulator demodulator ini semakin lama masyarakat juga semakin dimanjakan dengan berbagai macam modem berkualitas dengan harga bersaing.

Modem


Setiap merek berusaha menonjolkan keunggulan masing-masing agar produknya dipilih dan banyak digunakan oleh masyarakat. Namun tentunya, kita seringkali menjadi bingung untuk memilih merek atau produk modem mana yang sesuai untuk kebutuhan kita. Untuk itulah, melalui artikel ini, mari mengenal lebih dekat segala macam modem yang populer di Indonesia serta dengan segala kualitasnya.

Jenis Modem dan Perbedaannya

Modem di Indonesia sendiri dikenal terdiri atas dua jenis, yaitu modem dengan kartu GSM dan CDMA. Modem GSM pada umumnya memiliki kecepatan yang lebih bagus dibandingkan dengan modem CDMA. Akan tetapi, harga dari modem CDMA lebih murah daripada modem GSM. Merek modem GSM yang populer di Indonesia adalah Telkomsel, Indosat, XL, Three (3), dan Axis, sedangkan merek modem CDMA yang terkenal adalah seperti Smart, Esia, dan Flexi.

Modem GSM pada umumnya sudah didukung dengan fasilitas 3G dan kecepatannya mencapai 7,2 Mbps, sedangkan modem CDMA pada umumnya memiliki kemampuan kecepatan download sebesar 3,1 Mbps dan upload sebesar 1,8 Mbps. Teknologi yang digunakan modem CDMA adalah teknologi Evdo yang kecepatannya mendekati teknologi 3G milik GSM. Saat ini modem CDMA seringkali telah menjadi satu paket atau bundling dengan kartu providernya.

Bentuk dan spesifikasi modem sendiri terdiri dari berbagai jenis. Ada modem eksternal yang berbentuk USB, modem internal seperti Speedy, dan juga ponsel yang juga bisa digunakan sebagai modem seperti ponsel CDMA merek Esia dan Flexi. Bahkan seiring kecanggihan teknologi, kualitas modem juga semakin baik. Sudah banyak jenis modem, tidak peduli modem dengan harga mahal atau murah, telah dilengkapi dengan fasilitas wifi. Sehingga, para pengguna bisa menggunakan modemnya bila telah kehabisan kuota dan belum sempat mengisi ulang pulsa.  

Kelebihan Masing-masing Jenis Modem

Mungkin para pengguna masih bingung bagaimana menentukan pilihan. Akan tetapi, pasti banyak di antara kita yang menginginkan produk dengan kualitas baik dan harga terjangkau. Berikut ini akan dijelaskan mengenai kelebihan dari masing-masing jenis modem, baik jenis GSM maupun CDMA.

Keunggulan modem GSM 
  • Umumnya, jangkauan jaringan modem jenis GSM mencakup wilayah yang lebih luas daripada modem jenis CDMA. Modem jenis ini biasanya memiliki jaringan pemancar BTS yang ada hampir di tiap daerah di Indonesia. Contohnya saja jaringan pemancar milik Telkomsel yang telah tersebar hampir di tiap kabupaten di Indonesia. Oleh karena itu, masyarakat di kota-kota besar sering menggunakan modem jenis GSM.
  • Hampir semua modem jenis GSM sudah didukung dengan teknologi 3G, tidak seperti modem jenis CDMA. Bahkan di kota besar seperti DKI Jakarta, kebanyakan produknya telah didukung dengan tekologi HSDPA (High Speed Downlink Packet Acces) dan teknologi HSUPA (High Speed Uplink Packet Acces) yang membantu proses download dan upload menjadi lebih cepat.
  • Sudah dijelaskan sebelumnya bila sudah banyak sebagian besar produk modem GSM yang didukung teknologi 3G. Bila dibandingkan dengan modem CDMA yang  memiliki kualitas sama dan telah menggunakan teknologi EVDO rev.A, maka harga modem GSM lebih rendah daripada harga modem CDMA. Bila produk GSM mencapai harga di kisaran 250 ribu rupiah maka harga modem CDMA dengan teknologi EVDO rev.A bisa mencapai di harga di atas 350 ribuan.
Keunggulan modem CDMA 
  • Walaupun mungkin dari segi teknologi, jenis modem ini sedikit di bawah modem jenis GSM, namun tentunya ada keunggulan lain yang dimiliki modem jenis CDMA. Perbedaan paling mencolok adalah pada jalur komunikasi data dan telepon (selular). Modem jenis CDMA selalu dijadikan terpisah, sedangkan pada produk GSM kedua jalur komunikasi data tersebut dijadikan satu. Keuntungannya, bila jalur komunikasi data dan telepon dijadikan terpisah, saat mengakses internet koneksi data akan lebih stabil, tidak seperti jaringan GSM yang sering naik dan turun atau cenderung tidak stabil.
  • Harga paket data internet CDMA lebih miring daripada merk GSM. Biasanya, harga paket data CDMA adalah 50.000 rupiah, sedangkan harga paket data GSM adalah 100.000 ribu rupiah atau lebih. Bagi pengguna yang masih sekolah atau mahasiswa, produk CDMA sering dipilih karena harga paket internet per bulan ramah di kantong. Sekadar referensi saja, beberapa contoh modem CDMA kualitas baik dan murah adalah Smartfren dengan harga 190.000 rupiah dan Esia seri Max-D Cyrus MC400 dengan harga 145.000 rupiah.
Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis modem, maka pilihan itu sendiri sepenuhnya jatuh pada kebutuhan pengguna. Sebaiknya sebelum membeli modem, tidak ada salahnya kita bertanya dengan teman atau orang terdekat modem mana yang lebih banyak digunakan. Sebab, terkadang satu merek dengan merek yang lain berbeda jangkauan pemakaiannya. Misalnya saja seperti di daerah Surabaya dan kota-kota besar lainnya segala jenis modem bisa digunakan.

Akan tetapi, di daerah pesisir Banyuwangi hanya jenis GSM merek Telkomsel yang kuat jaringannya. Sebab, pemancar BTS-nya ada hampir di tiap kabupaten kota di Indonesia. Selain itu, sesuaikan kondisi keuangan Anda bila ingin membeli modem. Bila memang hanya sekadar untuk membantu mencari tugas (bagi mahasiswa atau siswa sekolah) di internet atau update blog, maka akan lebih bijaksana bila modem CDMA yang dipilih. Akan tetapi, bila Anda adalah seseorang dengan mobilitas tinggi (misalnya untuk live video meeting, video conference, dan lain-lain), sehingga butuh didukung teknologi berbasis 3G, maka modem GSM bisa menjadi salah satu alternatif pilihan yang lebih baik.

Tips Menghemat Kuota Internet

Setelah menentukan modem mana yang menurut Anda baik dan harganya terjangkau, biasanya muncul satu pertanyaan lagi. Bagaimana cara menentukan paket internet mana yang akan digunakan, yang aksesnya cepat serta kuotanya tidak cepat habis? Berikut ini ada beberapa tips untuk menghemat kuota internet.
  • Jadilah pengguna internet yang bijak. Atur penggunaan internet. Jadi, sebaiknya buka situs yang memang Anda butuhkan. Hindari membuka page atau halaman secara bersamaan dan terlalu banyak karena penggunaan yang boros seperti itu akan otomatis menyedot kuota paket internet yang besar.
  • Ketika asyik berselancar di dunia maya, biasanya kita menjadi lupa dengan page yang kita buka sebelumnya, jadi sebaiknya kalau memang sudah menemukan page yang dituju segera tutup page-page yang lain.
  • Batasi jumlah download dan upload yang sering dilakukan secara bersamaan.
  • Kurangi penggunaan video chat, TV video streaming, dan membuka situs yang menghabiskan kuota seperti Youtube dan game online atau situs yang memiliki banyak pop up message, postingan iklan online, dan survei online.
Demikianlah pembahasan mengenai modem bagus dan murah. Semoga bermanfaat.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a Comment for "Modem Berkualitas untuk Anda"