Pengertian CPU dan Fungsinya

Pengertian CPU selama ini mungkin seringkali diabaikan dari pikiran kita. Tapi, jangan salah, dengan mengetahui pengertian CPU, Anda pasti akan jauh lebih aware terhadap CPU. Anda jadi tahu bahwa CPU memiliki nilai yag penting dalam sebuah perangkat komputer.

CPU


Siapa yang tidak mengetahui atau mengenal bahkan melihat keberadaan dari CPU? CPU yang merupakan kepanjangan dari Central Processing Unit merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari komputer. Setiap kita memiliki komputer, tentunya kita akan memilki CPU dan layar monitor.

CPU merupakan perangkat keras yang memilki fungsi menerima dan melaksanakan segala perintah dari perangat-perangkat lunak yang terdapat di dalamnya. Seperti halnya tubuh manusia yang memiliki organ-oragn tubuh, sistem  kerja, dan fungsi yang berbeda-beda, namun saling berkaitan satu sama lain, CPU pun demikian.

Bagian-bagian CPU

Terdapat beberapa bagian organ dalam CPU atau lebih sering disebut dengan perangkat keras yang terdapat dalam CPU. Bagian-bagian tersebut berfungsi untuk syarat keutuhan sistem kerja komputer berjalan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa bagian dari perangkat keras tersebut:

1. Motherboard
Yang pertama adalah Motherboard, yakni perangkat berbentuk lempengan  kotak yang membuat jalur-jalur elektro atau sirkuit, yang di dalamnya terdapat pula elemen-elemen elektronik yang menempel pada lempengan motherboard dengan fungsi sebagai penggerak sistem PC pada komputer. Di dalam motherboard tersebut juga terdapat panel yang sangat penting dalam menunjang sistem kerja agar dapat bekerja secara maksimal.
Di dalam perangkat tersebut ada yang dinamakan dengan sistem CPU yang terdiri atas Prosesor, Ram, ROM Bios, Port serial, Port Parael, Prot IDE, Slot Ekspansi, Cache, dan sirkuit Clock.  Semua perangkat tersebut  terdapat pada motherboard, meskipun tidak semua motherboard memiliki panel-panel elektronik yang sama.

2. Power Supply
Bagian CPU yang kedua adalah Power supply, yakni perangkat berbentuk kubus yang memilki fungsi sebagai penghubung antara power connection dengan motherboard.

3. Processor
Bagian selanjutnya dari CPU adalah processor, yakni bagian terpenting dalam CPU yang dalam tubuh manusia bisa dianalogikan sebagai otaknya. Tanpa bagian ini, CPU tidak akan berjalan dengan baik dan maksimal untuk merespon perintah dalam program komputer.

4. Hard-disk
Bagian CPU yang keempat adalah Hard-disk, yakni perangkat yang digunakan sebagai media untuk menyimpan data secara permanen, baik berupa data masukan maupun program yang memang harus ada di dalam komputer.

5. Memory/RAM
Bagian CPU yang kelima adalah Memory, yakni perangkat yang tidak dapat diisi oleh program lain sehingga setiap pabrikan komputer telah mengisi program ke dalamnya secara permanen agar komputer bisa dioperasikan sebagaimana mestinya.

6. VGA
Bagian CPU yang keenam adalah VGA atau perangkat yang dapat juga disebut dengan  Video card. Bagian ini memilki fungsi untuk memberikan dan menghasilkan sinyal saat Anda mengoperasikan monitor sehingga dapat mengartikan atau menerjemahkan output komputer pada monitor. Bila dalam CPU tidak terdapat VGA, monitor tidak dapat berfungsi. Itu disebabkan alat penghantar sinyal tidak ada.

7. Sound Card
Bagian CPU yang terakhir adalah Sound Card, yakni bagian dari CPU yang berfungsi untuk mengeluarkan suara pada komputer Anda.

Komponen-komponen CPU di atas merupakan komponen yang harus diketahui fungsinya agar komputer bisa digunakan secara maksimal. Selain dipergunakan sesuai dengan fungsinya, Anda juga perlu melakukan beberapa perawatan terhadap komponen-komponen tersebut agar fungsinya tidak mengalami penurunan.

Perawatan CPU

Setelah mengetahui apa itu pengertian CPU, Anda juga bisa melakukan berbagai tindakan yang mampu merawat sistem kerja CPU dengan cara berikut ini:
  • Membersihkan CPU dari debu minimalnya 6 bulan sekali, karena debu dapat menyebakan sistem operasi pada komponen CPU terganggu;
  • Menyesuaikan program yang digunakan dengan kapasitas RAM yang dimiliki CPU tersebut. Jangan pernah Anda memaksakan program yang justru dapat membuat lambat dalam pembacaan data program pada komputer Anda.  
  • Menjaga komputer Anda dari virus yang dapat mengancam sistem kerja komponen-komponen yang ada dalam CPU, terutama komponen Hard-disk. Seperti yang sudah  dijelaskan di atas, Hard-disk merupakan ruang untuk menyimpan data. Bila komponen tersebut terganggu dengan adanya virus, data yang tersimpan di dalamnya dapat terganggu, bahkan tidak dapat dimunculkan ketika Anda memerintakan untuk membukanya.
  • Menjauhkan CPU dari benda elektronik lainnya seperti TV, radio, dan HP. Setiap barang elektronik memilki magnet di dalamnya. Magnet tersebut dapat mengganggu sistem kerja dari CPU tersebut. Sering kita lihat dalam layar LCD komputer terlihat warna yang ungu, hal itu disebabkan oleh magnet yang telah merusak sebagian komponen pada komputer. Berdasarkan hal-hal yang telah dipaparkan di atas, sebaiknya gunakan CPU dengan baik sesuai petunjuk yang telah diberikan.
Fungsi komputer secara general pun perlu diperhatikan. Jangan sampai kapasitas komputer dengan CPU yang hanya cukup untuk menyimpan data justru dipergunakan untuk bermain game dan aplikasi lain yang memiliki ukuran yang berat. Hal ini akan sangat mudah merusak bagian CPU sehingga ke depannya, komputer Anda tidak bisa digunakan secara maksimal karena pergerakan yang lambat.

Akibat yang lebih parah adalah, CPU Anda akan lebih cepat rusak. Dan yang pasti, akan mengganggu kinerja Anda dalam menjalankan aktivitas. Oleh karena itu, sebelum terjadi kerusakan yang fatal, sangat lebih baik jika Anda merawatnya dengan benar dan rutin.

Fungsi dan Sistem Kerja CPU

Setelah mengetahui pengertian CPU dan bagaimana cara merawatnya, Anda juga harus tahu bagaimana CPU bekerja untuk menghasilkan yang diperintahkan dalam pemrogramannya. CPU memiliki sistem kerja yang tidak jauh berbeda dengan sistem kerja kalkulator.

Yang menjadi pembedanya adalah CPU tentu memilki daya yang lebih cepat dan besar dalam melakukan sebuah proses. Yang menjadi fungsi penting dalam CPU merupakan sistem kerja aritmatika dan logika pada data yang tersimpan dalam memori.

CPU juga dikontrol oleh beberapa perintah yang terdapat pada komponen lunak komputer, komponen lunak tersebut dapat berjalan dalam CPU dengan membaca perintah dari sebuah informasi yang tersimpan pada RAM yang di dalamnya setiap perintah akan diberikan sebuah alamat yang disebut dengan memory.

Selain itu, CPU juga dapat mengakses data yang tersimpan dalam RAM dengan memerintahkan alamat yang telah tersimpan sebelumnya sesuai dengan perintah dari informasi yang dikehendaki.

Dalam dunia pekerjaan, CPU sangatlah berperan penting untuk menunjang mobilitas pekerjaan. Keberadaan CPU di tengah-tengah pekerjaan menjadi sebuah alat yang praktis digunakan sesuai dengan bidang pekerjaan tersebut.

Pengertian CPU merupakan informasi yang sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat yng terbilang awam dalam hal teknologi. Dengan pengertian tersebut, masyarakat akan lebih mampu memahami komponen CPU, bagian-bagian penting apa saja yang harus diketahui, bagaimana sistem kerjanya, apa saja fungsinya, dan hal lain yang pada akhirnya memberikan kenyamanan dan keamanan dalam menggunakan komputer.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a Comment for "Pengertian CPU dan Fungsinya"