Temukan Masalah dan Solusi Gagal Diet

Gagal diet mungkin banyak dialami oleh mereka yang telah bersusah payah melakukan program diet. Bersusah payah menahan makan dan mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk obat-obatan penurun berat badan, tetapi angka di timbangan yang tak juga bergeser. Ini adalah hal yang sering dialami orang yang gagal diet. 

Gagal Diet


Kegagalan pada diet secara ekstrem justru berakibat pada penambahan berat badan yang drastis paska diet karena stres pada sel tubuh. Gagal diet sering dialami pada orang yang tidak memperhatikan aturan atau tidak mengenali tubuhnya sendiri. Diet memiliki aturan karena berkaitan dengan irama metabolisme. Mengenali irama metabolisme dengan baik adalah salah satu kunci kesuksesan diet.

Penyebab Gagal Diet

Beberapa masalah yang menyebabkan gagal diet adalah sebagai berikut.

Masalah Fisiologis dan Penyakit

Berkaitan dengan kerja dari organ tubuh seperti:
  • Gangguan Pada Fungsi Hati. Hati bertugas untuk menawarkan racun dan mengatur kadar insulin dalam darah.
  • Gangguan pada kelenjar gondok. Kelenjar gondok yang tidak bekerja sempurna menyebabkan terhambatnya proses metabolisme.
  • Gangguan pada ginjal. Ginjal yang tidak bekerja secara sempurna dapat menyebabkan terhambatnya proses metabolisme.
  • Gangguan pada usus halus dan usus besar. Usus memegang peranan besar dalam metabolisme makanan. Usus yang kotor menyebabkan penyerapan makanan tidak berlangsung sempurna sehingga akan lebih cepat merasa lapar.
  • Adanya penyimpanan air berlebih dalam tubuh karena kadar garam yang tinggi.
  • Adanya cacing atau parasit yang menyebabkan rasa kelaparan yang terus menerus.
  • Pertumbuhan jamur atau ragi yang cepat yang menyebabkan kebutuhan glukosa terus bertambah. Akibatnya akan mudah merasa lapar.

Masalah Pola Makan dan Psikologis

  • Kesalahan memilih jenis makanan, misalnya menghindari makan dengan lauk pauk lengkap tetapi mengkonsumsi kripik yang mempunyai kalori dan kadar garam lebih tinggi.
  • Kadar insulin yang tidak seimbang karena terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat sederhana yang mudah dirubah menjadi glukosa dan beredar di darah.
  • Asupan vitamin dan mineral yang tidak seimbang.
  • Makan dengan jadwal yang tidak teratur.
  • Mengunyah makanan tidak halus sempurna. Makanan yang tidak dikunyah dengan baik menyebabkan proses pencernaan yang tidak sempurna pula. Karena proses pencernaan yang tidak sempurna otak akan memberikan sinyal bahwa tubuh kekurangan makanan sehingga akan lebih mudah terasa lapar dan mengkonsumsi makanan lebih dari yang dibutuhkan.
  • Beban yang dirasakan ketika harus berdiet menyebabkan dorongan food craving atau ngidam berlebihan terhadap jenis makanan yang dihindari. Ketika pertahanan psikologis runtuh, orang yang melakukan diet justru akan memakan lebih banyak.

Masalah Olah Fisik atau Olahraga

Masalah olah fisik terkait dengan pengaturan keseimbangan energi yang masuk ke dalam tubuh dan energi yang dikeluarkan. Hal ini terkait dengan:
  • Tidak melakukan olah fisik sama sekali, hanya mengandalkan pada pengaturan makanan saja.
  • Melakukan olah fisik tetapi tidak teratur dan dalam frekuensi kurang dari satu kali dalam seminggu.
  • Melakukan olah fisik dengan jenis anaerobik seperti lari sprint dan angkat berat. Kebutuhan energi yang cepat dari jenis olahraga ini tidak diambil dari lemak tubuh.
  • Durasi olah fisik yang tidak mencapai zona latihan. Ketika tidak tercapai zona latihan lemak tubuh tetap tidak akan terbakar.
  • Kurangnya massa otot karena olah otot yang berkurang. Semakin sedikit massa otot dalam tubuh, maka pembakaran energi juga akan kurang.
Segera deteksi penyebab gagal diet Anda dan temukan solusi melakukan diet secara efektif demi hasil yang produktif. Nah, ulasan selanjutnya adalah solusi melakukan diet secara efektif.

Anda Gagal Diet? Coba Cara Ini

Jika melihat seorang teman yang berhasil diet menurunkan berat badan, Anda pasti merasa iri dan penasaran dengan rahasia dietnya. Saat teman tersebut memberi tahu rahasia dietnya, Anda pasti tak sabar untuk mencobanya. Tapi, setelah dicoba,  ternyata diet tersebut tidak sukses. Lalu, apa penyebabnya? Kesalahan mungkin bukan berasal dari diri sendiri sebab mungkin saja strategi diet tersebut tak cocok bagi Anda.

Nah, cara diet berikut ini mungkin akan sangat cocok bagi kita semua.

1. Diawali dengan Olahraga

Untuk menurunkan berat badan memang biasanya dilakukan dengan mengombinasikan diet dan olahraga. Tapi, para peneliti di zaman modern seperti saat ini yakin bahwa cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan olahraga. Olahraga adalah yang menentukan sukses atau tidaknya langkah selanjutnya. Sesudah menginvestasikan waktu untuk latihan olahraga sehari-hari, Anda dijamin termotivasi melakukan perubahan pola makan.

2. Buat Rencana Latihan yang Ambisius

Jangan pernah berkata dan berencana melakukan olahraga rutin tiga kalio seminggu. Rencanakanlah untuk melakukan olahraga setiap hari, terlebih bila mengetahui Anda tak akan berhasil melakukannya. Temuan penelitian yang dilakukan oleh pihak University of Florida menyimpulkan bahwa sebagian besar orang hanya mencapai 60 persen dari target mingguan.

Jadi, bila berencana berlolahraga selama kurang lebih satu jam setiap hari, mungkin seseorang hanya berhasil melakukannya tiga sampai empat kali dalam seminggu. Hasil yang tidak buruk, bukan? Oleh karena itu, rencanakan latihan dengan sangat ambisius.

3. Buat Olahraga Jadi Lebih Menyenangkan

Pada dasarnya, melakukan latihan selama satu atau dua jam itu memerlukan dedikasi. Sebuah riset paling baru dari Fairleigh Dickinson University menyimpulkan bahwa wanita yang berjalan sambil mendengarkan musik berhasil menghilangkan berat badan dua kali lipat dibanding dengan yang tidak. Jadi, musik membuat seseorang akan berjalan lebih sering setiap minggunya.

4. Batasi Pilhan Makanan

Sebenarnya, terlalu banyak pilihan menu makanan dapat merangsang nafsu makan. Bila disodorkan dengan satu ton pilihan misalnya, mungkin seseorang ingin mencobanya lebih banyak. Oleh sebab itulah, batasi jumlah makanan dengan cara seperti makan malam di rumah dan hindari makan di luar.

5. Buat Jurnal Kebugaran

Sebuah jurnal akurat sangat memungkinkan seseorang untuk menganalisis dengan objektif apa saja yang dimakan dan apa alasan mengonsumsinya. Tak hanya itu, jurnal pun akan membantu seseorang untuk selalu berkomitmen pada tujuannya. Jadi, lengkapi program diet Anda dengan membuat jurnal kebugaran.

6. Menjaga Kalori Akhir Pekan

Program diet sukses selanjutnya adalah menjaga kalori akhir pekan. Sebuah riset atau penelitian terbaru telah berhasil menemukan bahwa dibanding dengan hari kerja, orang cenderung untuk makan sekitar 82 kalori lebih setiap hari pada akhir pekan. Makanan yang dimakan sebagian besar mengandung lemak.

Memang 82 kalori adalah jumlah yang biasa- biasa saja dan tidak banyak. Tapi setelah satu tahun, tumpukan kalori tersebut menyebabkan berat badan kita naik dua kilogram. Biasanya, akhir pekan dihabiskan untuk bersenang-senang seperti makan di luar. Selain itu, cari cara lain untuk bergembira dan bersantai.

7. Jadi Pemesan Makanan Pertama

Saat makan di luar, usahakan memesan makanan paling pertama. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengaruh keputusan memilih makanan orang lain. Bila orang lain memessan kentang goreng dan burger misalnya, Anda pasti akan terbawa arus dan memesan makanan yang sama. Sebaiknya, pesanlah ikan bakar dan salad sehingga progam diet yang dijalankan tidak gagal.

Nah, itulah tip-tip agar terhindar dari gagal diet. Selamat mencoba dan semoga berhasil!
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a Comment for "Temukan Masalah dan Solusi Gagal Diet"