Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tentang CPU yang Harus Anda Tahu

Bicara tentang CPU (Central Processing Unit) mungkin telah banyak tulisan yang membahasnya. Namun, masih banyak di antara tulisan tersebut yang kurang menerangkan secara gamblang dan tegas apa itu yang dimaksud dengan CPU? Apa fungsi dan peranan CPU dalam perangkat canggih atau yang saat ini sering kita sebut sebagai komputer?



Komputer

Secara bahasa, kata komputer berasal dari bahasa Latin, computare, yang artinya menghitung. Seiring dengan perkembangan zaman, definisi komputer secara umum adalah alat yang dipakai untuk menghitung dan mengolah data dengan cepat sesuai dengan program yang tersimpan dalam memori.

Seperangkat benda ajaib yang sistemik ini pertama kali dibuat oleh Howard H. Aiken pada 1937. Aiken yang tertarik dengan ide pemprograman komputer seorang matematikawan dari Inggris bernama Charles Babbage ini bekerja sama dengan IBM membuat Mark I, komputer untuk segala keperluan.

Dua tahun kemudian, para insinyur dan penemu lain menciptakan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer), yaitu sebuah mesin hitung elektronik pertama. Kemudian, dunia komputer menunjukkan perkembangan yang sangat pesat.

Pada 1646, orang banyak mengartikan kata komputer dalam bahasa Inggris merujuk pada orang yang yang menghitung. Kemudian, pada 1897, kata tersebut mengarah pada pengertian alat hitung mekanis. Komputer terdiri dari dua perangkat utama, yaitu hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).

Komputer adalah sebuah titik cerah yang menjadi awal masuknya sistem pengoperasian dan pengaturan informasi yang mencakup skala besar di seluruh dunia. Pada zaman permulaan munculnya radio atau televisi sebagai media elektronik, informasi yang ada di seluruh dunia bisa ditampilkan langsung di depan mata atau dekat kita tanpa harus ada di tempat itu.

Kemudian, dengan kemunculan komputer di tengah-tengah kita, derasnya informasi dapat diatur sedemikian rupa, sehingga data yang tersimpan sebagai materi berita terkini dari televisi atau radio dapat disebarluaskan secara menyeluruh dan serentak di beberapa titik di seluruh dunia.

Betapa hebatnya komputer yang ada pada zaman sekarang ini. Semakin meningkatnya perkembangan teknologi, seperti munculnya jaringan internet, komputer menjadi barang elektronik yang banyak diburu orang.

Komponen penyusunnya pun semakin disempurnakan. Seperti penambahan memori atau penggantian prosesor yang lebih canggih lagi. Namun, tahukah Anda bahwa sebelum komputer berkembang dengan segala macam fungsinya, ia hanyalah sebuah mesin penghitung yang bekerja pada level analog, yang sinyal kerjanya di bawah sinyal digital.

Dalam ilmu teknik, baik teknik elektro maupun teknik informasi,sinyal analog adalah besaran yang dapat berubah dalam ruang dan waktu, tapi berjalan secara kontinyu atau tidak terputus. Sebagai contoh sinyal suara pada radio konvensional atau sinyal video pada televisi konvensional.

Jaringan internet yang dibenamkan dalam komputer semakin melambungkan nama komputer menjadi primadonanya teknologi yang terbarukan. Bayangkan saja, perkembangan komputer dan teknologinya mampu memberikan ruang tersendiri bagi orang-orang yang ingin belajar ilmu komputer dan berpenghasilan dari sana.

Pengertian CPU

Perangkat CPU dalam komputer mempunyai peranan yang sangat penting. CPU merupakan “otak”-nya komputer. Anda bisa memberikan definisi tentang CPU, yakni salah satu perangkat komponen di dalam komputer yang bertugas menerjemahkan instruksi program dan processing data yang ada dalam komputer itu sendiri.

CPU mempunyai kemampuan dasar dalam melakukan programming suatu perintah dan melakukan proses secara teknis-mekanis. Sebelum ada CPU seperti sekarang ini, komputer bermodel jadul alias jaman dulu, semisal Eniac, biasanya mempunyai bentuk yang merupakan gabungan dari beberapa kabel atau kawat yang tidak sama fungsinya (berbeda dalam tempat penyambungannya).

Secara umum CPU didefinisikan sebagai sebuah kotak ajaib, di mana seluruh device atau peripheraldirakit di dalamnya. Definisi secara teknik, CPU sebagai tempat processor (si otak) yang di pasang dalam sebuah arsitektur sistem komputer. Merk-merk besar yang mendominasi CPU yang dikenal hingga kini, yaitu seperti Intel, AMD, Cyrix, Motorola, Fujitsu, dan IBM.

Dalam perkembangannya, CPU masih terus dapat bersaing dengan produk sejenis yang lebih compact, seperti netbook, laptop, ipad, dan lain sebagainya. Penggunanya masih mengakui keunggulan dalam segi keawetan dan banyaknya kegunaan di dalamnya.

Banyak CPU yang dapat bertahan hingga beberapa tahun bila dibandingkan dengan produk-produk komputer jinjing. Oleh karena itu, CPU tetap menjadi primadona dalam dunia teknologi saat ini. Dahulu ukuran untuk menjelaskan kecepatan CPU adalah clock speed (GHz), contohnya: 3 GHz CPU biasanya memiliki kecepatan daripada 2 GHz CPU.

Sebagaimana diketahui, bahwa semakin tinggi clock speed berarti CPU mampu menerjemahkan instruksi program lebih cepat. Namun, sekarang ukuran kecepatan tidak hanya bergantung pada clock speed saja, melainkan ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, di antaranya sebagai berikut.

  • Dual-Core, yang dengan sistem ini mampu melakukan beberapa proses secara paralel. Dengan Hyper-Threading, misalnya beberapa proses dilakukan dengan hanya satu arus. Tapi, dengan Dual-Core proses-proses tersebut dipisah-pisah menjadi dua arus, di mana setiap arusnya melakukan prosesnya secara sendiri-sendiri.
  • Hyper-Threading (HT), dengan sistem ini Anda dimungkinkan mampu menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan (paralel). Keunggulan dari HT ini, Anda mampu melakukan beberapa aplikasi tersebut tanpa harus terkendala oleh kelambanan (lagging).
  • Front Side Bus, sistem ini memengaruhi proses transfer data dari CPU ke RAM. PC dengan Front Side Bus yang tinggi sangat cocok digunakan oleh para penggila games (gamers) dan juga digital media.
  • Execute Disable Bit, mampu mengurangkan tingkat pengamanan (security), seperti memory buffer overlaw yang sesungguhnya tidak mampu ditanggulangi oleh anti-virus.
  • Enhanced Intel Speed Step, sistem ini biasanya digunakan di laptop atau notebook untuk melakukan pengiritan penggunaan listrik dari battery.
  • Extended Memory-64, sistem dengan kapasitas 32-bit di CPU mempunyai kapasitas yang maksimal untuk RAM sebesar 4 GB.
Pada dasarnya CPU menjadi bagian terpenting dalam satu-kesatuan konstruksi bernama komputer. Kegunaan CPU bisa di jabarkan menjadi banyak macamnya, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Sebagai pelindung hardware atau peripheral utama, seperti motherboard, hardisk, mikroprosesor, memori powersuply, dan pheripheral yang lainnya.
  • Menginspeksi sistem BIOS untuk mendistribusikan suatu program yang akan dijalankan oleh unit pemproses sentral pada sebuah komputer.
  • Melakukan proses aritmatika dan logika terhadap data dari memori yang merupakan informasi dan dimasukkan melalui perangkat keras, seperti keyboard dan lain sebagainya.
  • Sebagai pusat alat-alat pendukung seperti monitor, printer, modem, scanner, keyboard, mouse, dan lain sebagainnya mengirim sebuah perintah yang akan dijalankan oleh si otak komputer (CPU) sesuai fungsinya masing-masing.
  • CPU juga berfungsi sebagai tempat seluruh pusat data dalam proses menggunakan komputer.
CPU dijalankan dengan sekumpulan instruksi dari hardware atau device penyimpan data, seperti hardisk, disket, cd, dan di instruksikan oleh user melalui alat, seperti mouse, keyboard, scanner, printer, modem, dan lain sebagainya.

Perintah itu berada dalam bentuk data yang diambil kemudian disimpan dahulu di RAM (memori fisik). Di dalam RAM setiap data yang akan diproses akan diberikan alamat-alamat uniknya sendiri atau disebut alamat-alamat memori. CPU kemudian akan mengakses atau memproses alamat-alamat memori sesuai perintahnya dan menjadikannya output yang dapat dimengerti oleh user.

Kegunaan CPU akan terus optimal apabila dilakukan perawatan-perawatan oleh pemiliknya. Seperti setiap enam bulan sekali membuka dan membersihkan CPU beserta pheripheral di dalamnya. Berikan jarak ventilasi yang cukup agar panas yang dihasilkan cpu dapat tidak terhambat.

UPS dan stabilizer dapat menjadi pilihan untuk menjaga tegangan listrik ke dalam komputer tetap stabil. Jauhkan juga CPU dari alat-alat elektrnik lainnya yang memiliki medan magnet yang tinggi dan dapat mengganggu proses kerja CPU dan pheripheral lainnya.

Sama seperti otak manusia, apabila perawatan baik, maka kegunaan CPU sebagai si otak komputer akan tetap briliant atau optimal kinerjanya. Di antara beberapa merk dan jenis intel CPU dapat disebut adalah sebagai berikut.
  • Core 2 Quad
  • Core 2 Duo
  • Core 2 Extreme
  • Core 2 Solo
  • Pentium D
  • Pentium M
  • Pentium 4
  • Mobile Pentium 4
  • Celeron B
  • Celeron M
  • Xeon 
  • Itanium 2
  • Core i3, i5, i7, i9
  • dan Ryzen 3, 5
Dari penjelasan tersebut, tentu saja Anda dapat memilih jenis CPU untuk komputer Anda. Demikian, semoga artikel tentang CPU ini bisa membantu Anda dalam menambah pengetahuan mengenai seluk beluk Central Processing Unit (CPU). Selamat mencoba.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a Comment for "Tentang CPU yang Harus Anda Tahu"