Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal dengan Cara Diet yang Benar

Memiliki tubuh yang langsing dan sehat merupakan dambaan para wanita, tak jarang banyak diantaranya yang merasa tubuhnya terlalu gemuk, terlalu kurus, kurang langsing dan sebagainya. Banyak cara untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya pilih cara diet yang benar, karena cara diet yang Anda lakukan akan berpengaruh pada tubuh Anda, kalaupun tidak hari ini mungkin di hari esok.

Berat Badan Ideal


Seperti apa tubuh yang ideal itu? Bicara mengenai tubuh yang ideal, setiap orang memiliki porsinya masing-masing. Sebagai dasar ukuran normal, yaitu badan yang tidak gemuk juga tidak kurus, ialah:
  • Untuk ibu-ibu: tinggi badan dikurangi 100 cm, lalu dikurangi lagi dengan 10%.
  • Untuk Remaja : tinggi badan diurangi 100 cm, lalu dikurangi 15% - 20%.
Misalnya tinggi Badan Anda 160 cm, maka untuk mendapatkan berat badan yang normal adalah sebagai berikut: 160 cm – 100 cm = 60 cm/kg – 10% = 54 kg (untuk ibu-ibu). Yang dimaksud dengan kegemukan bilamana berat badan badan 10% diatas berat badan ideal (normal),

Pada dasarnya diet bukanlah sesuatu yang buruk, diet  bisa menjadi suatu keharusan terutama bagi para penderita obesitas (kelebihan berat badan). Badan yang terlalu gemuk akan menambah beban pekerjaan organ-organ tubuh, jantung, ginjal, hati dan susunan saraf pusat, yang pada akhirnya akan menyebabkan sebagian alat-alat tubuh menjadi lemah dan rusak karena tidak sanggup menjalankan fungsinya dengan baik.

Obesitas akan menimbulkan berbagai penyakit, antara lain: jantung, tekanan darah tinggi, kencing manis dan lain sebagainya. Kelebihan Berat badan juga bisa mengurangi kelincahan gerakan Anda seharihari, berjalan menjadi lambat. Untuk mengurangi berat badan sampai kepada berat badan yang ideal bukanlah hal mudah, harus disertai kemauan dan pengetahuan mengenai cara diet yang benar.

Tips Cara Diet yang Benar

Kesalahan banyak orang ketika melakukan diet hanya dengan membatasi asupan makanan, akibatnya diet menjadi sesuatu yang menyiksa dan kurang menyenangkan. Diet yang sehat dilakukan untuk mengontrol asupan makanan, untuk menghindari berat badan yang berlebihan.

Berikut akan di bahas mengenai nasehat yang dikumpulkan dari berbagai sumber mengenai cara diet yang benar.

Diet Harus Disesuaikan dengan Kondisi dan Kesehatan Tubuh Anda

Sebagian besar manusia memiliki selera makan yang berlebihan dan terus menerus. Amat sulit baginya untuk menahan nafsu makan, maka mulailah bersikap tegas pada diri Anda sendiri. Bagi  yang memiliki penyakit akibat kolesterol, maka hindari terlalu banyak makanan yang mengandung kolesterol lemak jenuh.

Diet adalah Sebuah Proses

Jangan mengharapkan hari ini Anda melakukan diet lalu keesokan harinya berat badan harus berubah dengan drastis, misalnya berat dari 70 kilogram ingin turun 10 kilo menjadi 60 kilogram, dengan disiplin dan motivasi yang tinggi haruslah diatur penurunannya dan dijadikan target. misalnya setiap minggunya turun per satu kilo.

Minum Air Putih

Minum air putih harus menjadi rutinitas setiap hari, Selama menjalankan diet, Anda tetap harus minum air putih sehari sebanyak 8 gelas. Air putih bisa mencegah terjadinya dehidrasi di dalam tubuh. Selain itu air putih dijadikan sebagai cairan yang membantu melarutkan zat dan membantu reaksi kimiawi di dalam tubuh.  Hindari minuman yang mengandung gula dan alcohol. Jangan terlalu banyak minum kopi, karena bisa dengan dengan mudah mendapatkan tekanan darah tinggi dan jantung. Kopi bisa diganti dengan mengkonsumsi teh hijau yang memiliki kandungan kalori cukup rendah.

Kurangi Cemilan dan Perbanyak Makan buah-buahan, Sayuran

Bagi Anda yang memiliki hobi nyemil, bisa mengganti cemilan seperti snack, coklat, dan lain sebagainya dengan buah-buahan dan sayuran. Jika bosan makan buah-buahan dan sayuran,  bisa diganti dengan jus. mengkonsumsi Buah-buahan dan sayuran sangat dianjurkan karena mengandung vitamin, karbohidrat dan protein yang diperlukan oleh tubuh, serta mengandung serat.

Perlunya mengurangi makan cemilan karena tidak akan membuat perut menjadi kenyang, malah akan mengakibatkan menumpuknya lemak di dalam tubuh.

Hindari Stres

Dikehidupan modern ini, ketegangan dan rutinitas yang berulang bisa menyebabkan kejenuhan dan stress, ada sebagian orang apabila sedang mengalami stress memungkinkan makan dengan berlebihan atau ada juga yang sebaliknya tidak makan sama sekali. Oleh karenanya agar cara diet yang benar ini bisa berjalan tanpa ada kendala stress bisa dihilangkan dengan melakukan olahraga secara teratur dan melakukan kegiatan yang menyenangkan misalnya rileksasi mandi air hangat , rekreasi dengan keluarga dan kawankawan atau melakukan kegiatan lainnya yang menyenangkan.

Hindari Makanan yang Mengandung Gula Berlebihan

zat-zat lain yang masih memiliki keturunan dengan gula, memiliki ciri-ciri berakhiran “ose” Anda bisa mengecek sebelum membeli makanan / minuman pada kemasannya. Zat-zat tersebut antara lain seperti: lactose, sucrose, dekstrose, maltose dan fructose.

Jarak Waktu Makan

Melakukan diet bukan berarti Anda tidak makan sama sekali, hal tersebut malah bisa menimbulkan penyakit, kondisi tubuh yang menurun. Kekurangan makan bisa juga mengakibatkan kulit tubuh dan wajah menjadi kusam,  tidak segar. Walaupun sedang melakukan diet, Anda tetap harus makan diwaktu jam makan (makan pagi, siang dan malam)

Jangan meremehkan makan / sarapan pagi, karena segala aktivitas dan kegiatan sepanjang hari dimulai sejak pagi hari. jika Anda menahan jam makan siang hari bisa mengakibatkan di malam harinya makan tidak terkontrol. Jika Anda tidak makan, kadar gula dalam daran Anda akan menurun, yang mengakibatkan Anda merasa lapar dan aktifitas terganggu. Yang harus digarisbawahi adalah Anda tetap makan, dengan pengaturan jam makan.  namun dengan porsi makanan yang dikurangi atau mengganti makanan dengan kadar kalori yang lebih rendah.

Mengunyah Makanan

Saat makanan masuk mulut, jangan tergesa-gesa untuk menelannya. Kunyahlah makanan sampai sehalus-halusnya, agar mudah dicerna di dalam lambung. Makanan yang terkunyah dengah halus bisa membuat kita merasa kenyang.

Bangun Pagi dan Olahraga

Biasakan bangun pagi dan lakukan olarraga seperti senam, jogging, bersepedah, atau sekedar menggerak-gerakkan tangan, kaki dan pinggul. Olah raga merupakan cara yang paling efektif untuk melakukan diet. Karena dengan berolahraga lemak ditubuh akan terbakar. Olah raga bermanfaat juga agar kondisi tubuh tetap sehat dan segar.

Melihat Angka di Timbangan

Moment melihat angka di timbangan bagi yang sedang melakukan diet merupakan hal yang mendebarkan, apakah hari ini berat badan naik atau turun? Agar Anda tahu perkembangan bobot berat badan, sebaiknya buatlah tabel atau catatan yang mencatat perkembangan berat badan . Untuk menciptakan sugesti dan semangat, tempelkan secarik kertas di depan timbangan dengan jumlah berat yang normal sesuai dengan tubuh Anda. 

Dari sembilan cara diet yang benar, tips terakhirnya adalah. Apa yang sedang Anda lakukan ini adalah merupakan cara yang tepat agar hidup tetap sehat, Cara diet yang benar bukan cuma sekedar untuk menurunkan atau menambah berat badan saja. Lakukan terus sepanjang usia Anda, itupun jika ingin memiliki tubuh ideal (normal) , sehat dan bugar sepanjang hari.

Semoga artikel tentang cara diet ini bermanfaat bagi Anda!
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Post a Comment for "Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal dengan Cara Diet yang Benar"