Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian RSSI RSRQ RSRP SINR Pada Sinyal LTE

Blogiztic.net - 4G LTE merupakan jaringan yang sedang berkembang saat ini sebagai penerus dari jaringan 3G WCDMA dan EVDO. jaringan LTE ini mampu menawarkan speed hingga 100Mbps dengan menggunakan teknik modulasi OFDM.

Berikut beberapa parameter Radio yang umum untuk mengukur kualitas jaringan LTE (Long Term Evolution)

Pengertian RSSI RSRQ RSRP SINR Pada Sinyal LTE

1. RSRP
Apa itu RSRP (Received Signal Reference Power) merupakan parameter yang menyatakan tingkat kekuatan sinyal yang diterima oleh user dalam satuan dBm. Nilainya bergantung jarak user dengan eNodeB. Semakin jauh maka semakin lemah, begitu juga dengan sebaliknya, user yang berada di luar jangkauan maka tidak akan mendapatkan layanan LTE. Pada teknologi GSM (2G) RSRP disebut juga RxLev, sedangkan pada UMTS (3G) disebut juga RSCP.

2. SINR
Apa itu SINR (Signal to Interference and Noise Ratio) merupakan parameter yang menyatakan tingkat kualitas sinyal yang diterima oleh user dalam satuan dB.  SINR merupakan perbandingan kekuatan sinyal terima dengan derau/interferensi.

3. RSSI
Apa itu RSSI (Received Signal Strength Indicator) merupakan parameter yang menyatakan keseluruhan daya sinyal yang diterima oleh user dalam satuan dBm.

4. RSRQ
Apa itu RSRQ (Received Signal Reference Quality) merupakan perbandingan antara RSRP dan RSSI.

5. CQI
Apa itu CQI (Channel Quality Indicator) merupakan parameter yang menyatakan kualitas kanal downlink. CQI diukur dalam keadaan dedicated atau saat user mengunduh data dalam satuan dBm.
Ahmadi
Ahmadi Hanya penulis biasa bernama lengkap Ahmadi yang menyukai berbagai informasi seputar teknologi informasi dan komputer.

Posting Komentar untuk "Pengertian RSSI RSRQ RSRP SINR Pada Sinyal LTE"