Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Lengkap Memilih Keyboard Mechanical

Blogiztic.net - Keyboard adalah salah satu peripheral wajib bagi sebuah sistem komputer. Apapun tujuan penggunaan komputernya, baik itu untuk gaming, rendering, editing, office, ataupun server, pasti wajib ada keyboard sebagai user interfacenya. Untuk kalian para pc user yang ingin merasakan sensasi berbeda ketika mengetik/gaming tidak ada salahnya mencoba mechanical keyboard.

Tips Lengkap Memilih Keyboard Mechanical

Apa itu mechanical keyboard?

Bila keyboard yang umum saat ini atau yang kalian gunakan adalah keyboard dengan membran untuk bekerja, maka beralihlah ke mechanical keyboard. Keyboard mechanical menggunakan switch khusus untuk bekerja. Pada membran keyboard sistem yang digunakan agar keyboard bekerja digunakan bersamaan. Sedangkan pada mechanical keyboard, switch yang digunakan bekerja sendiri pada setiap key nya. Karena masing-masing key ini mempunyai switch tersendiri, feel yang dirasakan akan berbeda dengan membran keyboard.

Kenapa harus mechanical keyboard?

Feel yang berbeda ketimbang keyboard membran / biasa

Ketika anda sudah sekali menggunakan mechanical keyboard, anda tidak akan mau kembali ke keyboard biasa. Feel yang diberikan sungguh berbeda. Kenyamanan mengetik, respon yang cepat, Apapun jenis switch yang akan anda gunakan, semuanya memiliki feel yang berbeda dengan keyboard biasa.

Sound feedback yang ditawarkan

Suara yang ditawarkan oleh mechanical keyboard lebih keras dan enak didengar ketimbang keyboard biasa. Tidak terpungkiri sound feedback ini membuat user betah untuk mengetik lama-lama dengan menggunakan keyboard mechanical.

Keyboard mechanical awet dan tahan lama

Berapa kali sudah anda ganti keyboard biasa? dengan menggunakan mechanical keyboard anda akan mendapatkan satu keyboard dengan umur yang sangat panjang. Ini karena kekuatan switch di mechanical keyboard. Selain itu kemudahan mechanical keyboard untuk melepas keycapsnya membuat keyboard jenis ini mudah dibersihkan.

Lalu bagaimana cara memilih mechanical keyboard yang tepat?

Mechanical keyboard menggunakan switch khusus yang didesain agar penggunanya merasakan sensasi berbeda ketika mengetik. Alhasil banyak sekali tipe switch dari mechanical keyboard ini. Berikut list switch yang ada sekarang di pasaran :
  • ALPS
  • Cherry
  • Greetech
  • Razer
  • Romer-G
  • Steelseries QS1
  • Topre
  • Kailh

Apa perbedaan warna switch pada mechanical keyboard?

Dari sekian banyak manufactur switch, kali ini kupaskomputer.com akan membahas  switch dari cherry MX yang sering dijumpai di pasaran.

Cherry MX Blue

Spesifikasi :
  1. Tipe : Tactile & Clicky switch
  2. Tactile : yes, precise
  3. Clicky : yes
  4. Actuation force : 50 g/ 60 g peak force
  5. Key Travel : 2mm to actuation, 4mm to bottom
Cherry MX blue adalah switch mechanical keyboard terbaik yang diperuntukkan bagi anda yang ingin merasakan feel mechanical keyboard yang sesungguhnya. Tactile feedback dan sound click yang diberikan akan memberi sensasi yang berbeda ketika anda mengetik ataupun gaming. Selain tampilan modern dari switch ini, mayoritas keyboard yang menggunakan switch ini butuh space desk yang lumayan. Keyboard populer yang menggunakan switch ini adalah Cooler Master Storm QuickFire Rapid.

Cherry MX Brown

  1. Tipe : Tactile switch
  2. Tactile : yes
  3. Clicky : No
  4. Actuation force : 45 g/ 55 g peak force
  5. Key travel : 2mm to actuation, 4mm to bottom
Cherry MX brown merupakan yang paling sensitif di antara semua Cherry MX. Karena force yang dibutuhkan untuk menekan sedikit, user tidak perlu untuk mengeluarkan tenaga untuk menekannya. Switch ini sangat ringan. Oleh karena itu user harus berhati-hati agar tidak salah ketika mengetik. Keyboard Cherry MX brown populer adalah Logitech G710 dan merupakan keyboard mechanical gaming terbaik.

Cherry MX Black

  1. Tipe : Linear Switch
  2. Tactile : No
  3. Clicky: No
  4. Actuation force : 60 g
  5. Key travel : 2mm to actuation, 4mm to bottom
Switch tanpa tactile feedback. Dengan tidak adanya tactile feedback berarti switch ini dapat dengan lancar tertekan tanpa ada hambatan. Namun karena itulah, gaya yang dibutuhkan diperbanyak. Keyboard ini untuk jari-jari yang kuat. Cocok untuk para gamer yang suka menekan tanpa hambatan. Keyboard yang menggunakan Cherry MX black contohnya adalah SteelSeries 6Gv2 yang juga merupakan keyboard mechanical terbaik

Cherry MX Red

  1. Tipe : Linear Switch
  2. Tactile : No
  3. Clicky : No
  4. Actuation Force : 45g
  5. Key Travel : 2mm to actuation, 4mm to bottom
Ingin cari switch yang ringan? Tapi tanpa tactile feedback? Cherry MX Red solusinya. Kombinasi fitur dari MX Black dan Brown ini membuat switch ini tanpa tactile feedback namun sangat ringan. Cherry MX Red sering ditemukan di mechanical keyboard saat ini. Salah satu keyboard populer yang menggunakan switch ini adalah Corsair K70 dan merupakan merk keyboard mechanical murah.

Penjelasan singkat memilih switch Cherry MX

  • Suka efek suara click, pilih blue switch
  • Jari anda kuat? Ambil black switch
  • Mengetik ringan, tanpa tactile feedback ambil red
  • Mengetik ringan, tetap ada tactile feedback ambil brown

Itu tadi merupakan sedikit petunjuk buat kalian yang sedang mencari mechanical keyboard, baik itu untuk gaming maupun untuk typing, Untuk gaming pilih keyboard mechanical TKL, TKL keyboard itu apa? Ten Key Less yaitu keyboard 60% yang hanya memiliki 87 tombol.
BLOGIZTIC
BLOGIZTIC SEO Specialist yang menyukai berbagai informasi seputar teknologi informasi dan komputer.

Posting Komentar untuk "Tips Lengkap Memilih Keyboard Mechanical"