Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempertahankan Daya Juang

Daya juang akan menentukan kesuksesan seseorang di masa mendatang. Semakin tinggi daya juang yang dimiliki, maka tingkat mendapatkan kesuksesan akan makin tinggi.

Cara Mempertahankan Daya Juang


Hanya saja, tak semua orang bisa memiliki daya juang yang baik setiap hari. Artinya, daya juang akan berfluktuasi (naik turun). Hari ini daya juang kita tinggi, besok sore menurun.

Untuk itu, harus ada trobosan spektakuler untuk bisa mempertahankan daya juang, agar kita terus semangat setiap harinya. Sehingga, apa yang kita impikan di kemudian hari, bisa direalisasikan.

Hancurkan Mental Block

Mental Block merupakan keyakinan negatif yang bekerja dalam pikiran bawah sadar kita. Di mana pikiran negatif tersebut, mampu menyedot segala potensi positif yang kita miliki. Sehingga, membuat diri kita selalu menjadi orang yang pesimis dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Perlu kita ketahui bersama, Mental Block akan hambat impian yang kita miliki. Kita akan merasa sulit untuk raih impian, hanya gara-gara memiliki Mental Block dalam kita. Hal yang perlu kita ketahui, mental block ini merupakan penyakit mental yang cukup berbahaya.

Ada beberapa penyebab seseorang memiliki Mental Block. Antara lain, mengalami trauma pada masa lalu yang kurang menyenangkan, kemauan yang kurang keras dalam diri seseorang untuk berubah, kurang percaya diri disebabkan minder, dan lain sebagainya.

Jika mental block ini terus bersemayam dalam diri seseorang, bisa dipastikan akan menggerus daya juang yang dimiliki oleh dirinya. Seseorang akan terseok-seok mengejar impian yang telah dicanangkan. Namun, impian besar hanya akan jadi impian karena tergerus oleh Mental Block.

Salah satu cara untuk menghilangkan mental block ialah, “Jangan Takut Untuk Mencoba”. Artinya, kita harus terus mencoba dan mencoba. Jika hari ini gagal, mungkin harus dicoba lagi besok. Jika besok gagal, mungkin harus dicoba lagi lusa. Dan begitu selanjutnya, hingga kita menemukan kesuksesan yang kita inginkan.

Dengan  kita berani mencoba, berarti kita telah hancurkan Mental Block yang kita miliki. Sehingga, hancurnya mental block, secara otomatis akan mampu tingkatkan daya juang yang kita miliki.

Contoh, untuk tahun 2019 ini, saya mentargetkan bisa menulis 12 buku. Kemudian, sesekali timbul pikiran dalam diri saya pribadi, “Kira-kira saya mampu tidak menulis 12 buku, kan banyak hal lain yang dikerjakan”. “Tapi, akan saya coba, Insya-Allah saya mampu mengerjakannya”.

Nah, timbulnya pernyataan pertama itu, yang dinamakan dengan Mental Block. Sedangkan pernyataan yang kedua, merupakan cara untuk hancurkan Mental Block yang kita miliki.

Artinya, Mental Blok yang muncul, harus kita lawan dengan cara menimbulkan keyakinan dalam diri kita. Maka dari itu, setiap kali timbul mental block, maka harus kita lawan dengan meningkatkan keyakinan  yang kita miliki.

Maka dari itu, mari kita hancurkan Mental Block yang ada pada diri kita. Sehingga, kita akan menjadi manusia yang memiliki semangat juang yang tinggi dalam meraih impian.

Perkuat Keyakinan

Keyakinan yang kita miliki, sangat menentukan nasib kita di kemudian hari. Karena, keyakinan akan mampu hasilkan pikiran-pikiran positif dalam diri kita. Sehingga, dengan hadirnya keyakinan positif, maka secara langsung akan meningkatkan semangat juang yang kita miliki.

Yang dimaksud keyakinan di sini ialah, keyakinan bahwa kita akan mampu mengejar impian-impian kita. Seberat apapun halangan dan rintangan, dengan bermodalkan keyakinan, halangan dan rintangan akan menyingkir dengan sendirinya.

Maka dari itu, untuk mempertahankan daya juang yang kita miliki dalam meraih impian-impian yang telah kita canangkan. Kita harus mampu meningkatkan keyakinan yang kita miliki. Karena hanya dengan meningkatkan keyakinan, apa yang menjadi cita-cita bisa direalisasikan.

Jangan Lupa Berdoa

Sekuat apapun kita menghilangkan Mental Block yang ada dalam diri kita. Kemudian, kita pun telah memperkuat keyakinan yang kita miliki. Namun, kita tak mau berdoa kepada Tuhan Sang Pemilik Semesta Ini, tentu semuanya akan sia-sia. Karena, manusia itu makhluk yang lemah, dan segala penentu ialah Sang Pencipta Alam Raya ini.

Dalam ajaran Islam, Do’a kepada Allah Swt, akan menjadi senjata yang paling ampuh dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Karena, Allah Swt-lah yang menentukan segala hal yang ada di dunia ini.

Maka dari itu, sekuat apapun diri kita berusaha untuk merealisasikan impian, namun kita tak pernah berdo’a agar Tuhan mau menyertai impian kita. Tentu, impian tak akan bisa tercapai.

Do’a merupakan bentuk pengakuan kita kepada Tuhan, bahwa diri kita ini lemah. Dan segala yang menentukan tetap Tuhan. Maka dari itu, agar takdir yang kita dapatkan di kemudian hari sesuai dengan harapan, tentu kita harus rajin-rajin berdo’a.

Dalam ajaran Islam, waktu berdo’a yang paling dikabulkan ialah do’a di malam hari (qiyamul lail) dengan melaksanakan Sholat Tahajjud dan Sholat Witir. Kemudian, kita memohon kepada-Nya, agar apa yang menjadi hajat dan cita-cita kita dikabulkan oleh-Nya.

Tentu, apa yang kita lantunkan dalam bentuk do’a, akan menjadi energi positif dalam diri kita. Sehingga, daya juang untuk merealisasikan impian yang kita canangkan bisa terlaksana.

Penutup

Itulah tiga hal yang harus kita lakasanakan. Sehingga, kita memiliki semangat juang yang tinggi dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Kemudian, apa yang menjadi impian dan cita-cita yang barangkali tak mungkin terjadi, dengan daya juang yang tinggi, Insya-Allah hal tersebut akan terealisasi. Karena, tak ada hal yang tak mungkin di dunia ini, jika dikerjakan dengan penuh kesungguhan.

Selamat berjuang, dan semoga daya juang dalam diri kita akan terus membara setiap saat….!

Posting Komentar untuk "Cara Mempertahankan Daya Juang"