Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Rekomendasi, Strategi Jaring Konsumen Baru

Sering kali, dari kalangan pengusaha ataupun manajer perusahaan itu lupa terhadap manfaat adanya rekomendasi dari konsumen, yang membeli produk atau jasa kita. Padahal, manfaat rekomendasi itu sangat besar.

Manfaat Rekomendasi Konsumen

Salah satu manfaat adanya rekomendasi dari konsumen yang telah membeli produk atau jasa yang kita pasarkan ialah, akan mendatangkan konsumen baru.

Kemudian, konsumen baru pun akan mendatangkan konsumen baru kedua. Dan begitulah seterusnya. Sehingga, akan terjadi pemasaran yang bersifat autopilot (otomatis).

Memahami Makna Rekomendasi

Rekomendasi merupakan bentuk komunikasi dari konsumen terhadap konsumen lainnya, setelah dirinya mengkonsumsi suatu produk atau jasa.

Rekomendasi, ada yang berbentuk cerita, ada yang berbentuk pengakuan positif, dan ada juga yang berbentuk pengakuan manfaat besar setelah menggunakan produk atau jasa tersebut.

Adapun inti dari rekomendasi suatu produk atau jasa dari konsumen ialah, mengabarkan dan mengajak calon konsumen baru, untuk mengkonsumsi suatu produk dan jasa secara halus.

Contoh rekomendasi: “Setelah saya memakai produk A, wajah saya jadi kinclong lho Mbak. Makanya, kalau mau coba Mbak bisa mendapatkannya di toko B”.

Manfaat Rekomendasi

Salah satu manfaat dari rekomendasi ialah, dapat menjadi media pemasaran yang murah meriah. Karena, konsumen yang telah mengkonsumsi produk atau jasa yang kita hasilkan, akan mengajak konsumen lainnya mengkonsumsi juga.

Padahal, mereka tidak dibayar oleh pemilik produk atau jasa. Hanya saja, mereka dengan rela mengabarkan kelebihan atau keunggulan produk tersebut.

Karena konsumen tidak dibayar, dan mau memasarkan secara suka rela, tentu hal tersebut akan meringankan beban (biaya) promosi produk dan jasa yang dilakukan oleh perusahaan.

Manfaat kedua ialah, mendapatkan konsumen baru. Di mana, konsumen baru akan datang untuk mengkonsumsi produk dan jasa yang kita hasilkan, pasca adanya kabar dari konsumen lama yang merekomendasikan.  Konsumen baru, akan menambah konsumen baru. Dan begitu seterusnya.

Tentu, adanya konsumen baru, akan menambah penjualan produk dan jasa oleh perusahaan. Penambahan penjualan, pastinya akan menambah keuntungan perusahaan.

Manfaat ketiga, menciptakan loyalitas konsumen. Konsumen akan semakin loyal terhadap suatu produk atau jasa. Loyalitas tersebut, dibuktikan dengan mengajak konsumen baru, walaupun dirinya tak dibayar.

Perlu diketahui, loyalitas konsumen akan menjadi alat yang cukup ampuh untuk melibatkan konsumen terhadap perusahaan. Konsumen yang loyal, akan mengabarkan kebaikan dan keburukan dari produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan.

Sehingga, perusahaan akan mendapatkan masukan secara langsung, dari produk dan jasa yang dihasilkan. Dan perusahaan, akan semakin memperbaiki kualitas produk dan jasanya.

Cara Mendapatkan Rekomendasi

Banyak cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan atau pebisnis untuk mendapatkan rekomendasi dari konsumen. Mulai dari cara yang berbayar, gratis, hingga yang bersifat rekayasa.

Namun, ada dua cara untuk mendapatkan rekomendasi yang  paling ampuh. Pertama, menjaga kualitas produk dan jasa yang diberikan kepada konsumen.

Di mana, konsumen akan merekomendasikan pada konsumen lainnya, ketika dirinya merasakan kualitas yang tinggi dari suatu produk dan jasa yang dikonsumsinya.

Sebagai contoh, saya merupakan orang yang suka baca buku. Ketika saya kumpul bersama teman-teman yang suka baca, pasti saya akan merekomendasikan beberapa buku yang memiliki kualitas baik pada teman-teman.

“Coba beli buku ini, bagus sekali buku ini. Si penulis menceritakan dengan penjelasan yang cukup detail,” begitulah ketika saya merekomendasikan buku berkualitas.

Kedua, pelayanan. Pelayanan menjadi salah satu tolak ukur konsumen akan merekomendasikan produk atau jasa yang kita miliki.

Bila pelayanan baik, maka konsumen akan mengajak konsumen lainnya untuk mengkonsumsi produk tersebut. Pun sebaliknya, bila pelayanan kurang baik, maka konsumen lainnya akan melarang untuk mengkonsumsi  produk atau jasa tersebut.

Contoh, saya sering merekomendasikan saudara-saudara saya dan tetangga-tetangga saya pada sebuah klinik, tempat langganan Ibu saya. Karena kualitas dan pelayanan yang sangat baik.

“Ibu/Bapak, kalau mau berobat ke Klinik B saja. Memang sih agak mahal dikit, tapi dokter yang praktik di situ sangat teliti, dan pelayanannya memuaskan. Alhamdulillah Ibu saya cocok di situ,” kurang lebih seperti itu ketika saya merekomendasikan sebuah klinik yang memberikan pelayanan terbaik.

Penutup

Nah, jika selama ini kita sebagai pebisnis ataupun manajer di sebuah perusahaan telah mengabaikan rekomendasi. Tentu, setelah membaca artikel ini, kita mau menggunakan rekomendasi sebagai salah satu strategi menjaring konsumen baru.

Dan perlu diketahui, manfaat dari rekomendasi ini bersifat jangka panjang. Selagi perusahaan itu ada, konsumen akan terus merekomendasikan pada yang lainnya.

Demikianlah prihal rekomendasi. Yuk jadikan rekomendasi sebagai media pemasaran tuk jaring konsumen baru yang murah meriah…!

Post a Comment for "Manfaat Rekomendasi, Strategi Jaring Konsumen Baru"