Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Apel Secara Organik

Cara Budidaya Apel Secara Organik – Buah Apel telah dikenal oleh orang-orang sebagai buah yang dapat menyembuhkan serta mencegah segala macam penyakit.

Cara Budidaya Apel Secara Organik

Buah Apel juga satu-satunya buah yang dapat dimakan untuk sebagian besar orang yang terkena penyakit. Karena khasiat bermanfaat ini Apel banyak sekali dibudidayakan di Indonesia.

Tentu saja, Apel ada yang dibudidayakan secara non-organik serta organik. Asal anda tahu, manfaat Apel dan kualitasnya akan berkurang jika melewati budidaya non-organik.

Untuk itu, lebih disarankan untuk membudidayakan Apel dengan metode organik agar kesehatan serta khasiat Apel dapat terjaga.

Persiapan Bibit Apel

Dalam pemilihan bibit, tentu saja sangat penting untuk melihat silsilah dari mana bibit itu diambil. Anda dapat mengambil bibit Apel dari induk yang memiliki buah yang manis, batang yang kokoh, serta tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Walaupun idealnya begitu, menemukan bibit sempurna tidaklah mudah. Jika sulit menemukan indukan yang sesuai dengan anda, anda dapat membeli di toko untuk bibit Apel sesuai rekomendasi dari penjualnya.

Pilihlah bibit yang dibungkus dengan baik (tidak berlubang), karena ada kemungkinan bibit tersebut telah terkontaminasi oleh hama atau gangguan lainnya yang dapat masuk ke dalam pembungkusnya.

Anda dapat membiakkan Apel melalui metode vegetatif maupun metode generatif. Menggunakan metode generatif yaitu dengan menggunakan biji Apel yang anda punya, metode ini jarang digunakan karena proses pembiakkan yang lama dan cukup menyulitkan. Metode vegetatif lebih sering digunakan yaitu seperti stek batang, okulasi, dan sambungan.

Jika anda tertarik menggunakan stek, anda perlu untuk memotong salah satu dahan apel sepanjang 20 cm dan menyelupkan bagian bawahnya dalam larutan Roton F. Hal ini digunakan dengan tujuan untuk merangsang pertumbuhan akar agar lebih cepat tumbuh.

Persiapan Lahan dan Media Tanam

Tanaman Apel membutuhkan tanah yang gembur, beraerasi, drainase baik, serta porositas yang bagus. Untuk pH tanah yang sesuai adalah sekitar 6 – 7 dengan kandungan air yang cukup.

Tanah yang cocok untuk tanaman Apel ini adalah Latosol, Andosol, atau Regosol. Pastikan Anda merawat Apel dalam lahan yang datar (tidak terlalu miring) karena akan menyulitkan pertumbuhan Apel nantinya. Tanaman Apel dapat berbuah dengan baik dengan ketinggian 700 – 1200 dpl.

Cangkul tempat yang ingin anda gunakan sebagai lahan agar tanah gembur, lakukan pembuangan pengganggu seperti gulma serta batu-batu yang berada di lahan anda.

Jika sudah, buatlah lubang tanam 50 x 50 x 50 cm sampai 1 x 1 x 1 m pada lahan anda. Lakukan pengapuran jika sekiranya pH tanah terlalu asam, kemudian tidak lupa dengan memberikan pupuk kandang sebanyak 20 kg hingga merata di lahan. Siramlah dengan air kemudian tunggulah hingga 2 minggu agar lahan siap ditanami.

Penanaman Bibit Apel

Disarankan untuk menanam Apel pada awal musim penghujan agar lebih mudah pengairannya.

Masukkan bibit Apel ke dalam bagian tengah lubang tanam, setelah semuanya masuk, tekan tanah perlahan-lahan hingga bibit tertanam kuat dan lurus, lalu siramlah dengan air secukupnya.

Pemeliharaan Tanaman Apel

Pastikan anda melakukan penyiraman rutin, penyulaman, dan penyiangan yang cukup.

Penyulaman dilakukan jika ada tanaman yang mati, lihatlah kondisi lahan dan bersihkan dari gulma yang akan mengganggu tanaman Apel nantinya. Lakukan pemangkasan bagian-bagian Apel yang tidak perlu atau tidak sehat agar dapat menjaga kesehatannya.

Pemanenan

Jika anda sudah merawatnya hingga berusia 4 – 5 bulan, tanaman Apel berbuah tergantung dari varietasnya dan kondisi iklim. Pemanenan baiknya dilakukan jika buah sudah benar-benar matang.

Anda dapat lihat ciri-cirinya dengan ukuran buah maksimal, aroma buah yang terasa harum, warna tampak segar dan cukup keras jika ditekan. Pemanenan dapat dilakukan hanya dengan memetik buah dari pohonnya.
BLOGIZTIC
BLOGIZTIC SEO Specialist yang menyukai berbagai informasi seputar teknologi informasi dan komputer.

Posting Komentar untuk "Cara Budidaya Apel Secara Organik"