Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Jenis Sayur & Buah Pencegah Penyakit Jantung

Sejumlah tanaman, menurut berbagai penelitian, diketahui dapat menjadi pencegah penyakit jantung dan pembuluh darah. Efeknya bisa sama dengan minum obat penurun kolesterol. Penyakit jantung adalah penyakit pembunuh nomor 1 dengan angka kematian terbesar di dunia.

Makanan Pencegah Penyakit Jantung

Korban penyakit jantung disebutkan bertambah dari hari-ke-hari. Adapun pemicu penyakit jantung diduga karena perubahan gaya hidup: makanan tinggi lemak, rokok, kurang gerak/olahraga, kurang istirahat dan stress. Bila tidak cepat ditolong, serangan jantung bisa berakibat fatal.

Beruntung Indonesia kaya akan tanaman berupa sayur dan buah pencegah penyakit jantung. Sebut saja tomat, wortel, alpukat, semangka, jahe dan pegagan.

Mencegah Penyakit Jantung dengan 6 Jenis Buah dan Sayuran

Tomat

Manfaat Tomat
Kandungan lycopene, pigmen merah dalam tomat merupakan antioksidan kuat. Tomat adalah salah satu pencegah penyakit jantung yang cukup ampuh. Kandungan lycopene yang dibantu zat lain (dikenal dengan  ’three amigos‘) seperti zeta carotene yang berwarna kuning pucat, phytoene dan phytofluene tanpa warna.

Berdasarkan penelitian dari Vanket Rao dari Universitas Toronto di AS menyebutkan khasiat mengkonsumsi tomat 1-2 buah atau saus spageti tomat selama 1 minggu dapat mengurangi kerusakan DNA, menurunkan kolesterol darah juga sebagai pencegah penyakit jantung dan paru-paru akibat kerusakan oksidasi.

Berdasarkan publikasi dari British Journal of Nutrition juga melaporkan data hasil studi 194 penderita penyakit jantung dari 1.031 orang didapati kekurangan zat lycopene dan beta caroten dalam darahnya. Mereka juga menyebutkan tentang pentingnya tomat sebagai pencegah penyakit jantung.

Wortel

Pencegah penyakit jantung
Wortel kaya akan lycopene, lutein, beta-cryptoxanthin, beta-karoten dan alpha-karoten. Berdasarkan studi yang di lakukan di Belanda selama 10 tahun melaporkan tentang jenis buah & sayur pencegah penyakit jantung didapat melalui jenis buah / sayur yang berwarna kuning dan oranye, terutama wortel.

Wortel selain bermanfaat sebagai pencegah penyakit jantung juga memiliki khasiat ampuh sebagai penurun kolesterol. Berdasarkan hasil studi di Inggris menyebutkan tentang manfaat mengkonsumsi wortel besar setiap hari selama 3 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 11% sama seperti halnya meminum obat penurun kolesterol.

Wortel juga membantu menyelaraskan sel tubuh sehingga mengurangi penyakit dengan menghentikan abnormal sel. Beta-caroten berfungsi mengaktifkan gen yang memproduksi jalan masuk kecil ke dalam sel. Pintu kecil ini akan mengizinkan molekul pembawa pesan keluar, sehingga membantu sel ‘berbicara’ dan ‘mendengar’.

Alpukat

khasiat alpukat
Kandungan lemak nabati, asam omega-6, poli tak jenuh, palmitoletat dan asam lemak linoleat dalam alpukat juga ampuh sebagai pencegah penyakit jantung. Dengan kandungan serat larut dan tak larut akan didapati 18% dari kebutuhan asupan serat harian yang dianjurkan melalui 100 gr alpukat setiap hari.

Selain sebagai pencegah penyakit jantung, alpukat juga ampuh untuk mencegah kolesterol, antioksidan, mencegah penuaan serta menghambat sel kanker. Alpukat juga kaya akan zat besi, tembaga, magnesium dan mangan yang berfungsi sebagai penguat tulang, pembentukan sel darah merah, mengurangi dehidrasi juga mengontrol tekanan darah.

Semangka

khasiat semangka
Semangka juga bermanfaat sebagai pencegah penyakit jantung, mencegah kolesterol dan menumpuknya plak yang dapat menyebabkan gangguan pada jantung.  Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Kentucky di AS terhadap ujicoba beberapa sampel tikus yang diberikan makanan tinggi kolesterol, menemukan bahwa tikus yang diberikan asupan jus semangka selama 8 minggu berturut-turut memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah daripada tikus yang hanya diberi air putih.

Jahe

khasiat jahe
Jahe dikenal memiliki manfaat herbal sebagai pencegah penyakit jantung, penurun hipertensi dan penghindar penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan stroke dan jantung. Jahe bekerja memperlebar pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormon andrenalin sehingga darah dapat mengalir lebih cepat.

Untuk mencoba ramuan jahe dapat menggunakan bahan-bahan sbb:
  • 50 gr tomat merah (1/2 buah)
  • 1 batang wortel
  • alpukat 1/3 buah
  • jahe 3 ruas jari
  • pegagan 20 gr
  • 30 gr semangka tanpa kulit (sepotong kecil)
Iris semua bahan menjadi potongan kecil. Rendam jahe dengan 150 l (1 1/2 cangkir ar mendidih selama 15 menit lalu saring dan ambil airnya. Blender semua bahan dan sajikan. Ramuan ini berkhasiat sebagai pencegah penyakit jantung yang ampuh.

Pegagan

khasiat pegagan
Pegagan adalah salah satu jenis herbal yang berfungsi meningkatkan daya ingat, pelancar peredaran darah dan pencegah penyakit jantung. Pegagan juga dapat dicampur dengan jahe dan semangka sebagai jus untuk menghindarkan gangguan penyakit jantung.

Demikianlah informasi mengenai 6 Jenis Buah & Sayur Pencegah Penyakit Jantung. Semoga bermanfaat
BLOGIZTIC
BLOGIZTIC SEO Specialist yang menyukai berbagai informasi seputar teknologi informasi dan komputer.

Posting Komentar untuk "6 Jenis Sayur & Buah Pencegah Penyakit Jantung"