Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Dan Cara Perawatan Bunga Mawar

Tips Dan Cara Perawatan Bunga Mawar – Tanaman bunga mawar sejak dulu hingga saat ini banyak memiliki penggemar terutama para ibu rumah tangga hingga para pecinta tanaman hias karena memiliki kelopak mahkota bunga yang sangat indah dan berwarna – warni.

Tips Dan Cara Perawatan Bunga Mawar

Bunga mawar pada malam hari atau pagi hari mengeluarkan bau yang sangat harum, sehingga menambah kelebihan dari tanaman hias ini dan sangat tepat untuk dibudidayakan sebagai tanaman hias mahal.

Bunga mawar (Rosaceae) adalah tanaman hias bunga dari genus Rosa dimana diketahui bahwa mawar atau Rosaceae memiliki lebih dari 100 spesies yang kebanyakan tumbuh subur dibelahan bumi utara yang memiliki udara sejuk.

Spesies bunga mawar biasanya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman merambat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter.

Beberapa spesies mawar ditemukan tumbuh liar di tanah berpasir pada daerah pantai seperti Rosa Rugosa dan Rosa Pimpinellifolia yang mampu beradaptasi berkat duri – duri lurus seperti jarum yang berfungsi untuk mengurangi kerusakan tanaman terutama pada tunas – tunas baru sebagai akibat dimakan binatang, menahan debu pasir yang diterbangkan oleh angin dan melindungi akar dari erosi.

Meskipun demikian, dua spesies mawar tersebut saat ini sudah hampir punah karena walaupun sudah dilindungi oleh duri, sekawanan rusa liar tetap dapat merusak mereka karena ternyata memiliki duri yang tidak berkembang alias tidak tajam.

Nah, erat kaitannya dengan penjelasan kami tersebut di atas, jika anda berminat untuk membudidayakan tanaman hias bunga mawar, terlebih dahulu pelajari tips dan cara perawatan bunga mawar yang termudah, bisa anda lihat di bawah ini :

Tips dan Cara Perawatan Bunga Mawar

1). Cara menanam dan merawat tanaman hias bunga mawar adalah sangat mudah dilakukan karena tanaman bunga ini termasuk salah satu pohon yang mudah untuk hidup dan tidak memerlukan perawatan yang khusus.

Bunga terbiasa tumbuh di daerah beriklim panas, sedang bahkan dingin. Media tanam yang diperlukan adalah tanah berhumus dan drainase / pengairan yang teratur, dimana bunga ini menjadi kurang subur apabila ditanam pada media yang gembur dan berpasir.

Penyinaran matahari harus cukup sehingga berpengaruh bagus untuk kesuburan pohon menjadi rajin berbunga dan tumbuh subur yaitu mudah keluar tunas baru.

2). Bunga mawar dapat diperbanyak melalui biji, stek, okulasi, cangkokan dan membelah anakan.

Cara paling praktis dan mudah dilakukan oleh masyarakat awam adalah dengan stek. Selain cukup mendapat penyinaran matahari, perlu juga dilakukan pemangkasan cabang yang tak berguna secara berkala agar bisa memberikan tunas baru dan berilah pupuk perangsang bunga secara teratur.

Pemangkasan yang tepat dilakukan pada musim hujan karena tunas – tunas baru akan segera tumbuh disertai kuntum bunga baru banyak bermunculan. Lakukan pemotongan akar dan penggantian media tanam setiap 1 – 2 tahun sekali agar tanaman kembali tumbuh dengan subur dan sehat.

Si cantik bunga mawar dapat berumur di atas 10 tahun apabila anda merawatnya dengan rajin dan telaten sehingga diharapkan bisa berbunga sepanjang tahun.

3). Bunga mawar tepat ditempatkan di halaman rumah, terutama bagi anda yang memiliki halaman rumah dengan taman minimalis.

Bunga ini dapat tumbuh merambat dan tidak membutuhkan banyak tempat sebagai media tumbuh dan kembang.

Pengembangan atau budidaya tanaman bunga mawar juga bisa anda lakukan di halaman rumah terutama bagi anda yang mempunyai halaman belakang rumah yang cukup luas.

Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat bagi anda para pecinta tanaman hias mahal.

Post a Comment for "Tips Dan Cara Perawatan Bunga Mawar"