Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas

Blogiztic.net - Saat ini laptop atau notebook tidaklah dikategorikan sebagai barang mewah yang hanya dapat dimiliki oleh orang tertentu. Seiring dengan jumlah kompetisi yang semakin ramai dipasaran membuat harga laptop / notebook menjadi bersaing dari waktu ke waktu. Harga notebook / laptop sangatlah bervariasi, baik baru maupun bekas. Khusus bagi kalian yang mempunyai dana terbatas untuk membeli sebuah laptop tentunya, laptop bekas menjadi pilihan.

Membeli Laptop Bekas Berkualitas

Membeli laptop bekas bukanlah tanpa resiko, namun bila kalian terburu nafsu untuk membeli laptop bekas bukan tak mungkin akan membawa penyesalan dikemudian hari, karena tertipu seller laptop bekas.

Tips Membeli Laptop Bekas

Hal apa saja yang harus diperhatikan saat membeli laptop bekas, berikut adalah beberapa tips membeli laptop bekas yang perlu di perhatikan untuk meminimalisir buruknya kualitas laptop bekas yang akan kita beli tersebut:

Cek Kinerja Laptop

Seiring berjalannya waktu, performa laptop akan mengalami penurunan baik itu dari segi hardware yang terdiri dari hardisk, RAM, monitor, keyboard, touchpad dan juga software yang berupa sistem operasi. Maka dari itu perlu adanya cek kinerja laptop bekas sebelum membelinya dengan cara mencoba menjalankan beberapa aplikasi serta menggunakannya sebagai mana mestinya.

Cek Kualitas Layar LCD Laptop

Hardware adalah fisik dari laptop yang bersangkutan yang meliputi LCD, Baterai, Adapter, Keyboard, DVD ROM dsb. Hal paling vital yang perlu anda perhatikan adalah LCD. Pastikan agar LCD pada laptop tersebut tidak ada kebocoran atau deadpixel. Cara untuk memeriksanya adalah dengan mengganti warna background pada desktop menjadi warna hitam. Bila anda melihat terdapat bintik-bintik berwarna putih terang sebaiknya kamu memilih laptop lainnya.

Cek Casing atau Body Laptop

Casing adalah permukaan / badan dari laptop yang bersangkutan. Beberapa goresan tentunya merupakan hal yang wajar untuk sebuah kondisi laptop bekas, namun yang perlu anda perhatikan sebaiknya adalah kondisi baut-baut pengancing case laptop. Bila masih terpasang dengan rapat (kencang) artinya kondisi laptop tersebut masih cukup baik. Sebaliknya bila terlihat longgar maka dapat diindikasikan bahwa laptop tersebut telah sering dibongkar sebelumnya, dan juga pastikan engsel monitor masih dalam kondisi rapat, tidak pecah, dan tidak terbuka. Karena sering di buka tutup biasanya engsel akan mulai kendor seiring berjalannya waktu.

Cek Fungsi Keyboard / TouchPad

Keyboard dan touchPad adalah perangkat penting lainnya. Tanpa keduanya, anda tidak akan dapat menggunakan laptop anda untuk mengetik atau mengklik menu. Pastikan agar anda menguji kondisi keduanya dengan mengetikkan satu persatu tombol laptop tersebut melalui file notepad kosong. Untuk membuka file notepad kosong dapat melalui: Klik kanan pada desktop > New > Text Document.Bila terdapat satu atau dua tombol yang tidak berfungsi lebih baik mencari laptop bekas lainnya yang masih berfungsi normal karena tentunya anda tidak menginginkan mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaiki keyboard tersebut, bukan?

Cek Kondisi Baterai Laptop

Baterai pada laptop juga sangat penting. Umumnya penyakit yang dapat ditemui pada baterai laptop adalah kebocoran sehingga durasi pemakaian laptop tidak akan bertahan lama. Untuk menguji kondisi baterai dapat mencoba menyalakannya selama kurang lebih 10-15 menit tanpa menghubungkannya ke aliran listrik. Bila selama jangka waktu tersebut anda melihat indikator baterai berkurang dengan cepat, maka dapat dicurigai bahwa kondisi baterai tersebut telah bocor. cek juga kondisi changer yaitu pada indikator pengisian daya di layar laptop, jika ada keterangan mengisi daya, berarti charger masih normal.

Cek Kondisi Hardisk Laptop

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika akan membeli laptop bekas adalah dengan mengecek kondisi hardisknya. Bagaimanapun juga, hardisk adalah komponen utama yang sangat penting mengingat fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan seluruh data. Biasanya hardisk yang kurang baik akan mengalami badsector dimana fungsinya dalam menulis dan membaca file tidak bekerja dengan baik.

Kamu bisa cek hardisk laptop bekas dengan bantuan sebuah software. Salah satunya adalah software Hard disk Sentinel. Caranya adalah install dulu software Hard disk Sentinel-nya. Buka, lalu masuk ke tab menu "Health" untuk cek kesehatan hardisk itu sendiri. Masuk pada tab "Error Scan". Jangan centang "Quick Scan" agar hasil scanning-nya lebih valid. Lalu klik "Scan" untuk memulai. Setelah selesai, lihat hasilnya. Jika hijau semua berarti kondisinya bagus, namun jika ada bintik-bintik merah maka ada badsector pada hardisk tersebut.

Cek Kelengkapan CD Driver

Pastikan agar kamu mendapatkan CD Driver dari laptop yang bersangkutan. Kamu mungkin akan mengalami kesulitan dikemudian hari bila ingin melakukan instal ulang atau format pada komputer, karena CD Driver tersebut akan dibutuhkan untuk menginstal driver setelah instal ulang.

Cek Fungsi Software (opsional)

Pastikan agar software-software yang terinstal didalam laptop tersebut dapat berfungsi dengan baik. Hal ini memang hanya opsional saja namun cukup menghemat tenaga kedepannya karena anda tidak perlu lagi menginstal ulang software-software yang dibutuhkan terutama jika anda masih awam terhadap komputer.

Cek Kecocokan Spesifikasi Laptop

Hal yang juga tak kalah penting untuk di cek ketika kamu akan membeli laptop bekas adalah kecocokan spesifikasi antara label keterangan dan juga spesifikasi sesungguhnya. Kamu bisa cek spesifikasi laptop seperti RAM, processor, hardisk, graphic card, dan lain-lain melalui "dxdiag". Caranya klik logo windows+R pada keyboard lalu ketikkan 'dxdiag'. Tekan enter maka akan muncul jendela windows dengan laporan spesifikasi laptop itu sendiri.

Cek Kipas Pendingin Laptop

Kipas pada laptop memiliki peran yang cukup krusial sebagai pendingin. Jika tidak ada kipas maka hardware pada laptop akan cepat panas yang bisa membuat laptop overheat yaitu tiba-tiba mati sendiri atau bahkan hingga gosong. Maka dari itu pastikan kipas pendingin laptop berfungsi dengan baik agar tidak terjadi overheat. Ciri kipas yang berfungsi dengan baik adalah mengeluarkan hembusan udara keluar saat laptop bekas dihidupkan.


Itulah beberapa panduan singkat jika beli laptop bekas apa yang harus di cek tentu kamu tidak akan bingung lagi setelah menyimak ulasan diatas. Dan hindari membeli laptop bekas secara online.
Ahmadi
Ahmadi Hanya penulis biasa bernama lengkap Ahmadi yang menyukai berbagai informasi seputar teknologi informasi dan komputer.

Posting Komentar untuk "Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas"