Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budidaya Tanaman Hias Flamboyan Secara Organik

Blogiztic.net – Tanaman Flamboyan atau dalam bahasa latinnya disebut Delonix regia ini merupakan tanaman yang berasal dari Madagaskar yang bersuhu kering.

Budidaya Tanaman Hias Flamboyan Secara Organik

Tanaman satu ini merupakan salah satu keluarga dari Fabaceae yang juga sub-keluarga Caesalpinioideae.

Dalam beberapa negara di dunia, tanaman atau pohon Flamboyan ini dikenal dengan nama Ornamental Tree dan di Inggris lebih dikenal dengan nama Royal poinciana atau Flamboyant. Tidak hanya itu saja, sebutan lain dari pohon ini adalah Flame tree.

Tanaman satu ini dapat diidentifikasi dari jenis daun dan bunganya. Secara umum, ciri dari tanaman satu ini adalah memiliki daun yang indah dan bercabang merata. Daunnya yang berjenis majemuk ini memiliki ukuran kecil.

Untuk bunganya, Flamboyan memiliki bunga yang berwarna campuran antara merah, vermilion, oranye sampai dengan kuning.

Ketika musim berbunga, bunga Flamboyan akan secara serempak bermekaran dan dari kejauhan, pohon ini akan terlihat sedang berselimut warna merah yang cantik.

Tentunya dengan keindahannya ini, siapapun ingin menanamnya, bukan?

Cara Budidaya Tanaman Hias Flamboyan Secara Organik

Untuk menanam Flamboyan secara organik, hal pertama yang harus dipikirkan adalah masalah tempat karena jika sudah tumbuh besar, tanaman ini akan berubah menjadi sebuah pohon yang akan lucu jika diletakkan di dalam pot atau tempat yang memiliki luas terbatas.

Budidaya Tanaman Hias Flamboyan Secara Organik

Untuk menanamnya pertama kali, Anda dapat mengambil bibit Flamboyan dari bunganya. Setelah biji didapat, jangan langsung ditanam ke dalam tanah karena Anda harus mengeringkannya terlebih dahulu di bawah sinar matahari langsung, baru kemudian setelah kering dapat disemaikan.

Sebelum melakukan penyemaian, Anda harus menggemburkan tanah dan mencampurnya dengan pupuk kandang atau kompos. Usahakan pula pemilihan tempat untuk menanamnya harus sering terkena cahaya matahari.

Di sekitar ditanamnya bibit, Anda dapat menggunakan pipa atau benda lainnya yang berbentuk sama untuk memasukkan pupuk kompos atau pupuk kandang dan sirami secara teratur.

Cara kedua adalah dengan menggunakan teknik stek. Caranya sama seperti Anda melakukan stek ke tanaman lainnya. Setelah proses stek berhasil, maka potongan dahan dari Flamboyan dapat ditanam ke dalam tanah.

Seperti cara di atas, Anda juga harus menanamnya di tempat yang akan mendapatkan cahaya matahari atau bukan di daerah yang terlalu teduh.

Berikan pupuk dan sirami secara teratur, maka lama kelamaan, pohon yang Anda inginkan ini akan tumbuh besar dan indah ketika berbunga.

Post a Comment for "Budidaya Tanaman Hias Flamboyan Secara Organik"