Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budidaya Tanaman Hias Hidrogel

Blogiztic.net – Selain hidroponik, ada pula media tanam lain yang memiliki nama hampir mirip yaitu hidrogel.

Budidaya Tanaman Hias Hidrogel

Media tanam satu ini merupakan kristal polimer yang mempunyai sifat dapat menyerap dan menyimpan air serta nutrisi di dalam bulatan seperti kelerengnya.

Tentunya akan sedikit aneh dan tidak masuk akal bagi orang yang tidak mengetahui metode penanaman menggunakan hidrogel ini, namun secara umum, cara kerja hidrogel adalah menyerap dan menyimpan air serta nutrisi yang akan dilepaskan ketika tanaman membutuhkannya.

Dengan cara ini, maka tanaman tidak perlu sering-sering disiram karena sudah ada cadangan yang berada di dalam bulatan hidrogel tersebut.

Selain itu, masa pakai hidrogel adalah dapat digunakan selama 2 tahun yang dapat hancur sendiri ketika masa pakainya berakhir yang kemudian dapat ditaburkan ke tanah sebagai pupuk. Hal ini dikarenakan hidrogel merupakan sebuah produk yang terbuat dari polymer dan masuk kategori produk non-toxic atau tidak beracun.

Selain Anda tidak perlu terlalu sering menyirami tanaman, dengan menggunakan metode penanaman hidrogel ini maka ruangan di mana ada tanaman tersebut akan terlihat lebih cantik, menarik dan modern.

Bahkan ragam warna dari kelereng hidrogel yang diletakkan dalam suatu wadah transparan juga dapat membuat mata langsung tertuju untuk melihatnya dari dekat.

Namun, tidak semua tanaman dapat ditanam dengan menggunakan metode hidrogel ini, karena hanya tanaman yang menyukai kelembapan tinggi saja yang dapat tumbuh subur dengan cara ini.

Adapun jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan memakai cara penanaman hidrogel, antara lain Aglaonema, Senseviera, Anthorium, Phylodendron, Bambu hias, Sirih hias dan Paku hias.

Cara Budidaya Tanaman Hias Hidrogel

Untuk menanam tanaman hias dengan metode hidrogel ini, ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan, yaitu:
  • Merendam hidrogel ke dalam 1-2 liter air hangat selama 2-8 jam sebelum pemakaian
  • Agar memiliki warna, maka Anda cukup memasukkan pewarna khusus ke dalam air rendaman dan mengaduknya setiap 30 menit
  • Setelah hidrogel nampak mengembang, buang air rendaman dan tiriskan bulatan hidrogel tersebut kurang lebih selama 1 jam
  • Sirami dahulu tanaman hias yang akan dipindahkan ke pot hidrogel agar ketika dicabut, tidak banyak akar yang rusak
  • Rendam tanaman ke dalam air selama kurang lebih 1 jam agar tanah yang menempel pada akar dapat mudah dibersihkan
  • Ada baiknya Anda mencuci seluruh bagian tanaman, mulai dari akar sampai daun dan memotong bagian yang terlalu panjang
  • Ketika tanaman sudah benar-benar bersih, masukkan terlebih dahulu beberapa hidrogel ke dalam pot transparan kemudian diikuti dengan memasukkan tanaman dan diakhiri dengan memasukkan kembali sisa hidrogel yang ada

Perlu diingat bahwa untuk menjaga kelembapan suhu ruangan agar tidak memunculkan jamur dan lumut yang dapat membuat hidrogel rusak atau juga jangan kenakan hidrogel ke sinar matahari. Selamat mencoba.

Post a Comment for "Budidaya Tanaman Hias Hidrogel"