Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budidaya Tanaman Hias Bunga Tulip

Blogiztic.net – Kagum dengan keindahan tanaman Tulip? Ingin memilikinya sendiri di tanaman rumah anda? Ya sudah tinggal tanam saja dong. Eh? Tidak tahu caranya? Hihihi… Kasian deh.

Tanaman Hias Bunga Tulip

Baiklah kalau begitu, disini akan blogiztic.net jelaskan bagaimana cara membudidayakan tanaman Tulip untuk anda sekalian! Tunggu apa lagi, simak saja ulasan di bawah ini!

Cara Budidaya Tanaman Hias Tulip

Apakah bunga tulip bisa tumbuh di Indonesia?

Memang benar, membudidayakan tanaman Tulip itu tidak mudah seperti yang anda perkirakan. Permasalahan paling utama adalah suhu. Di Indonesia, daerah tropis memiliki suhu yang sangat tinggi dengan kisaran 25 – 32 derajat celcius, padahal syarat untuk tanaman Tulip ini dapat tumbuh membutuhkan suhu harian di bawah 16 derajat celcius. Wah, terus gimana dong?

Cara Menanam Bunga Tulip Dari Biji

Apa memang mustahil untuk menanam bunga Tulip di Indonesia? Tidak kok, permasalahan ini tidak menutup kemungkinan bagi kita warga Indonesia untuk membudidayakan Tulip. Yang anda perlukan untuk membudidayakan Tulip di Indonesia adalah:
  1. Green House dilengkapi Air Conditioner
  2. Kulkas
  3. Plastic Ziplock /Egg Cartons /Koran
  4. Media Tanam
  5. Bibit Tulip

Nah, itulah yang kalian perlukan. Sekedar informasi saja, bibit Tulip perlu yang namanya Cold Treatment atau periode pendinginan saat masih bibit, jadi, bungkuslah bibit Tulip tersebut dalam koran, plastic Ziplock (akan berembun dan berjamur jika menggunakan ini, jadi harus rajin membersihkannya), atau karton telur (egg cartons), kemudian masukkan ke dalam kulkas dengan suhu 2 derajat celcius hingga 17 derajat celcius. Anda juga dapat hanya memasukkan bibit Tulip ke dalam ember berisi air dan anda letakkan di kulkas.

Diingat bahwa tidak ada sayur atau buah di dalam kulkas tersebut karena akan membunuh bibit dengan gas etilen yang dikeluarkan sayur atau buah tersebut. Selama 1 – 2 minggu, bibit Tulip akan siap tanam.

Dimana tulip bisa tumbuh?

Anda dapat menyiapkan media tanam anda dalam pot. Berikan lapisan bawah berupa kerikil kecil setebal 3 cm dan tengahnya campuran tanah topsoil, pupuk kompos, pasir dengan perbandingan 3 : 2 : 1 dengan tebal 25 cm. Lapisan atas media tanam berikan pasir kasar setebal 1 cm.

Tempat pot letakkan dalam Green House dengan AC bersuhu 16 derajat celcius atau ke bawah. Pastikan suhu di dalam stabil agar tanaman Tulip dapat ditumbuhkan dengan lancar. Anda tidak memerlukan rumah kac a ini jika tempat anda tinggal berada di daerah pegunungan dengan suhu yang cukup dingin.

Jika anda sudah mempersiapkan semuanya, lakukanlah penanaman. Letakkan satu kecambah untuk tiap pot, pastikan dalam menanam posisi kecambah dengan akar menghadap ke bawah dan calon tunas batangnya menghadap ke atas.

Siram benih ini setiap hari di musim kemarau, jangan lupa untuk menjaga agar terkena sinar matahari pada musim hujan.

Setelah 3 minggu terlewati, benih akan tumbuh dan tunas dapat anda lihat. Lakukan penyiraman rutin seperti biasanya dan lakukan pemupukan jika sudah berumur 1,5 bulan. Berikan pupuk kandang ayam atau pupuk NPK mutiara.

Harap diingat bahwa pemberian pupuk harus bertahap, jika menggunakan pupuk NPK, cukup anda berikan 2 sendok makan saja setiap tanamannya.

Setelah perawatan anda selama 8 bulan, tanaman Tulip anda akan berbunga. Jika belum, anda dapat mempercepat proses pembungaan dengan memberikan sinar matahari pagi selama 1 jam berturut-turut.

Bunga akan mekar selama 3 minggu dan akhirnya mahkota bunga akan rontok. Jika sudah mencapai tahap ini, segeralah potong bunga Tulip anda. Sekarang, bunga Tulip anda sudah siap jual atau diawetkan.

Hmm… Sedikit menyulitkan ya? Tetapi hasilnya juga sepadan dengan usaha kita lho! Coba dulu saja, kalau langsung menyerah gimana mau membudidayakan bunga Tulip hehehe…

Post a Comment for "Budidaya Tanaman Hias Bunga Tulip"